Balance Sheet Adalah: Pengertian, Manfaat, Komponen, dan Cara Membacanya

Balance sheet
Balance Sheet Adalah: Pengertian, Manfaat, Komponen, dan Cara Membacanya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu pernah mendengar tentang balance sheet? Kali ini kita akan membahas mengenai balance sheet adalah dan penjelasannya yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu memahami hal ini supaya bisa membuat balance sheet sendiri.

Mengenal Balance Sheet

Jika kamu tertarik untuk mendalami ekonomi, maka perlu belajar mengenai balance sheet. Balance sheet artinya neraca keuangan yang bisa membantumu untuk menghitung keuanganmu secara terperinci. 

Kamu bisa mendapatkan data yang terperinci mengenai laporan modal, kekayaan, dan kewajiban perusahaan. Hal ini penting untuk dipelajari supaya kamu bisa mengetahui arus keuangan dengan baik berdasarkan ilmu ekonomi.

Neraca keuangan merupakan poin utama dalam laporan yang tidak bisa dilewatkan dalam menulis laporan. Jika neraca keuangan tidak disajikan dengan benar, maka hal ini dapat mengganggu proses pengelolaan perusahaan.

Mengapa demikian? karena balance sheet memuat berbagai informasi yang penting dalam perusahaan. Sehingga penting bagi kamu untuk membuat neraca keuangan dengan menggunakan balance sheet format yang benar.

Manfaat Balance Sheet Bagi Perusahaan

Kamu perlu mengetahui balance sheet dalam pembuatan laporan keuangan. Hal ini penting untuk diketahui supaya kamu bisa membuatnya secara maksimal dan sesuai struktur yang berlaku. Jika kamu salah membuatnya, maka pengelolaan keuangan bisa terganggu.

Beberapa manfaat dari keberadaan neraca keuangan, sebagai berikut:

  • Dapat Menganalisa Arus Keuangan

Manfaat dari keberadaan neraca keuangan adalah membantu memudahkan perusahaan untuk menganalisa arus keuangan. Dalam artian, perusahaan bisa mengetahui dengan jelas dana yang dikeluarkan dan habis digunakan untuk apa.

Kamu bisa mengetahui secara terperinci mengenai laporan keuangan perusahaanmu. Hal ini penting supaya kamu tidak keliru dalam mengambil langkah pengembangan perusahaan selanjutnya. Terutama tentang pengelolaan uang perusahaan.

  • Mengetahui Kondisi Keuangan

Selanjutnya, kamu bisa mengetahui kondisi keuangan perusahaan dengan baik. Hal ini akan berdampak pada pengaturan keuangan berdasarkan modal yang dimiliki, penggunaan uang, dan utang yang dimiliki.

Jika bisa mengetahui kondisi keuangan dengan baik, maka kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk menggunakan dana yang dimiliki perusahaan. Pastikan kamu memahaminya dengan baik supaya tidak salah mengambil langkah.

  • Memudahkan Perencanaan Perusahaan

Jika kamu ingin membuat perencanaan perusahaan, maka penting untuk mengetahui neraca keuangan dengan benar. Hal ini akan memudahkan kamu melakukan perencanaan yang dapat disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Mengetahui neraca keuangan dapat membantu kamu membuat perencanaan yang tepat untuk perkembangan perusahaanmu. Jangan ragu mempelajari neraca keuangan supaya kamu bisa membuat perencanaan terbaik.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan dan Cara Menghitungnya

Komponen Balance Sheet

Jika kamu penasaran tentang komponen apa saja balance sheet yang perlu Anda ketahui. Terdapat berbagai komponen yang ada dalam balance sheet, sebagai berikut:

  • Modal

Komponen pertama yang harus ada dalam balance sheet adalah modal atau ekuitas. Hal ini dapat menunjukkan kekayaan bersih perusahaan yang bisa digunakan untuk pengembangan perusahaan.

Jika kamu ingin menghitung besarnya modal dalam neraca keuangan yaitu dengan menemukan selisih dari jumlah aset dan kewajiban. Dalam artian, modal bersih yang didapatkan dapat dihitung dengan mengurangkan jumlah aset dan pembayaran utang perusahaan.

  • Aset

Komponen yang kedua adalah aset yang dimiliki perusahaan. Aset disebut dengan istilah aktiva. Hal ini memuat tentang kepemilikan kekayaan perusahaan secara keseluruhan. Mulai dari sumber daya hingga penghasilan perusahaan.

Terdapat berbagai jenis aset yang perlu kamu ketahui, yaitu aset lancar yang mengacu pada aset yang berjangka pendek dan bisa dicairkan. Bahkan, kamu bisa memperjualbelikan aset tersebut. Misal Nya perlengkapan, biaya awal, persediaan barang dan piutang.

Selanjutnya ada aset tidak lancar yang tidak bisa diperjualbelikan dan tidak bisa digunakan untuk alat pembayaran. Aset jenis ini tidak dapat diukur dengan jelas. Sehingga, kamu bisa memanfaatkan aset ini sebagai kekuatan cadangan.

  • Kewajiban

Komponen terakhir yang ada dalam contoh balance sheet adalah kewajiban yang terdiri dari utang yang harus dibayarkan perusahaan. Hal ini penting supaya kamu bisa mengambil langkah untuk melakukan pembayaran kewajiban.

Penting untuk mengetahui jumlah utang yang dimiliki perusahaan dengan benar supaya kamu bisa merencanakan pembayarannya. Kamu harus menuntaskan hal ini sebagai kewajiban yang harus dibayarkan.

Cara Membaca Balance Sheet yang Perlu Kamu Ketahui

Arti balance dalam akuntansi adalah keseimbangan antara pengeluaran dan pemasukan. Dalam artian, kamu bisa menyesuaikan pemasukan perusahaan dengan pengeluaran perusahaan untuk melakukan proses produksi produk.

Supaya kamu tidak kebingungan dalam merencanakan biaya produksi, maka perlu belajar cara yang benar untuk membaca balance sheet atau neraca keuangan. Pastikan kamu memahaminya dengan baik sehingga bisa melakukan perencanaan dengan baik.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk membaca laporan keuangan yang menggunakan neraca keuangan, sebagai berikut:

  • Baca Bagian Aset

Silakan untuk membaca bagian aset perusahaan terlebih dahulu. Kamu harus memperhatikan jumlah aset yang dimiliki perusahaan. Silakan untuk memperhatikan kas yang dimiliki bagian operasional perusahaanmu.

Selanjutnya kamu perlu memeriksa catatan dan memperhatikan rincian aset yang dituliskan sesuai dengan nomor catatan. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kamu bisa melihat laporan aset dengan jelas dan terperinci.

Bagian aset yang perlu kamu perhatikan adalah kas, piutang, dan sumber daya yang dimiliki. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memahami laporan keuangan tersebut. Pastikan kamu membaca bagian aset dengan teliti.

  • Baca Bagian Utang

Setelah membaca bagian aset, silakan untuk melanjutkan membaca bagian utang yang dimiliki perusahaan. Kamu perlu memperhatikan bagian ini dengan baik supaya bisa mengetahui utang yang dimiliki perusahaan dan jumlah pembayaran utang.

Jika terdapat utang, maka kamu harus melakukan pembayaran. Tetapi, jika tidak ada utang, maka kamu bisa menganggap bahwa perusahaan tersebut bisa mengelola keuangan dengan baik. Jika bisa usahakan untuk tidak mengambil utang bank untuk pengembangan perusahaan.

Utang bank perlu dibayar setiap bulan, kamu juga tidak bisa mendapatkan keuntungan. Kamu bisa melakukan utang untuk keperluan produksi karena bisa mendapatkan keuntungan kembali dan bisa membayar utang tersebut dari keuntungan yang diperoleh.

  • Baca Bagian Modal

Selanjutnya kamu perlu memperhatikan bagian modal. Hal ini penting untuk diketahui karena bagian ini didistribusikan untuk keperluan perusahaan. Modal dapat dihitung dengan selisih antara aset dan utang. Sehingga, modal adalah kekayaan bersih yang dimiliki perusahaan.

Jika kamu mendapatkan modal yang besar, maka bisa mendapatkan keuntungan. Nah, hal ini bisa digunakan untuk mengelola perusahaan dengan lebih baik. Modal yang kamu dapatkan dapat membantu mengembangkan perusahaan yang sesuai dengan modal yang dimiliki.

Demikianlah, pembahasan mengenai balance sheet adalah dan penjelasannya yang perlu kamu ketahui. Pastikan kamu membuat laporan perusahaan dengan menyajikan neraca keuangan. Sehingga akan lebih mudah untuk mengetahui arus keuangan perusahaan.

Artikel Lainnya