Lakukan 4 Hal Ini Sebagai Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul

Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul.
Lakukan 4 Hal Ini Sebagai Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul. Photo by @towfiqu999999
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Menabung itu sangat mudah. Namun, dalam praktiknya, banyak orang yang gagal. Hal ini disebabkan mereka tidak tahu bagaimana cara menabung agar cepat terkumpul. Mereka hanya menabung tanpa menerapkan trik dan strategi yang jitu.

Menabung tidak hanya sekedar menyisihkan uang dari pendapatan untuk dimasukkan ke tabungan. Jika itu yang selama ini kamu lakukan, pantas saja ketika sampai saat ini uang tabungan tidak segera terkumpul.

Setidaknya ada 4 hal yang akan membuat proses menabung kamu lebih menyenangkan. Dan akhirnya tabungan kamu terkumpul cepat.

  • Tentukan Target yang Pasti
Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul.
Tentukan target yang pasti. Photo by Pixabay

Yang pertama adalah target. Apa itu target? Ini merupakan titik yang kamu ingin capai. Coba kamu tanyakan pada diri sendiri untuk apa kamu menabung, berapa uang tabungan yang ingin kamu miliki, dan kapan uang tersebut harus terkumpul.

Pertanyaan “untuk apa kamu menabung?” akan membuat kamu termotivasi lebih kuat. Misalnya saja kamu ingin menabung agar bisa membeli rumah sendiri. Nah, sudah jelas target apa yang ingin kamu capai.

Dari jawaban atas pertanyaan tersebut, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui berapa nominal uang yang harus kamu capai dan berapa lama kamu butuh waktu untuk mendapatkan target nominal tersebut.

Dari sanalah kamu bisa mendapatkan informasi mengenai berapa uang yang harus kamu tabung entah itu per hari, per minggu, atau per bulan. Jika kamu mendapatkan gaji bulanan, sebaiknya kamu menyisihkan uang tabungan per bulan. Sisihkan sejumlah uang sesuai dengan target nominal dan waktu yang kamu sudah tentukan.

  • Pisahkan Uang Tabungan
Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul.
Pisahkan uang tabungan. Photo by Pixabay

Sudah tahu berapa nominal angka yang ingin kamu capai? Selanjutnya, pisahkan uang tabungan. Jangan masukkan ke rekening yang sama. Akan lebih baik jika kamu buat rekening baru khusus untuk tabungan.

Jangan anggap sepele poin yang satu ini. Ini cara menabung agar cepat terkumpul yang sangat menentukan apakah kamu berhasil atau tidak. Kebanyakan orang masih mencampur antara uang untuk kebutuhan setiap hari dengan uang tabungan. Saat membutuhkan uang, mereka tidak sadar sudah menggunakan uang tabungan. Di akhir bulan, baru mereka sadari saldo di rekening tinggal sedikit.

Agar hal tersebut tidak terjadi, buatlah tabungan. Akan lebih baik jika kamu buat tabungan yang tidak dilengkapi dengan ATM. Karena jika ada ATM, kamu akan lebih mudah tergiur untuk mengambil uang di dalam ATM tersebut.

Baca juga: Fokus Menabung atau Investasi. Mau Pilih Mana?

  • Kurangi Kegiatan yang Konsumtif
Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul.
Kurangi gaya hidup konsumtif. Photo by Pexels

Saat kamu berkomitmen untuk menabung, kamu juga harus kurangi kegiatan yang sifatnya konsumtif. Karena bagaimanapun cara menabung yang kamu terapkan, itu susah untuk kamu praktikan jika kamu masih sering hangout dan membuang-buang uang serta foya-foya.

Kuatkan motivasi menabung dengan cara menstop hal-hal yang sifatnya konsumtif. Bahkan, ini juga akan membuat target yang kamu ingin capai jauh lebih cepat. Karena bisa saja setiap bulan kamu bisa menabung melebihi dari yang sudah kamu tetapkan.

  • Kasih Reward Ke Diri Sendiri
Cara Menabung Agar Cepat Terkumpul.
Kasih reward ke diri sendiri. Photo by Pexels

Motivasi itu bisa menurun. Agar motivasi menabung tetap terjaga, kasih reward atau hadiah kepada diri sendiri ketika kamu mampu mencapai target. Misalnya saja kamu sudah bisa menabung 2 juta per bulan sesuai dengan yang kamu targetkan. Kasih reward kepada diri sendiri dengan cara membeli makanan favorit, refreshing ke tempat wisata yang dekat dengan rumah, dan lain sebagainya. Memotivasi diri sangat menentukan apakah kamu berhasil menabung atau tidak.

Itulah 4 cara menabung agar cepat terkumpul yang bisa kamu praktikkan. Yang pasti, jika ingin menabung, kamu tidak perlu menunggu waktu. Mulailah dari sekarang.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai