ATM Cardless: Pengertian, Kelebihan & Cara Pakainya

ATM Cardless
ATM Cardless: Pengertian, Kelebihan & Cara Pakainya. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat dimungkinkannya untuk melakukan berbagai kegiatan transaksi tanpa kartu ATM. Hal tersebut menjadi mungkin sejak lahirnya teknologi kartu paling anyar di dunia perbankan yaitu kartu ATM Cardless. 

Keberadaan teknologi baru di bidang pembayaran ini pun disambut dengan baik dan positif oleh banyak kalangan masyarakat. Mulai dari kalangan umum yang merupakan golongan pengguna layanan maupun bagi para pihak perbankan sendiri sebagai pengelolanya.

Bagaimana tidak? Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan kehadiran ATM tanpa fisik kartu ini. Nah buat kamu yang penasaran mengenai ATM Cardless, yuk simak penjelasannya mulai dari pengertian hingga cara penggunaannya di bawah ini.

Apa itu ATM Cardless?

Kamu pastinya telah paham dengan apa yang dinamakan kartu ATM bukan? Kartu yang berguna sebagai sarana penyimpanan data atas sebuah rekening perbankan ini pastinya telah akrab dalam kehidupan sehari-hari. Lantas apa itu cardless?

Secara sederhana, istilah cardless pada kartu ATM merujuk pada cara melakukan transaksi tanpa penggunaan kartu debit. Dengan adanya teknologi cardless maka pemilik kartu ATM tak perlu khawatir lagi jika saat harus bertransaksi kartu ATMnya hilang atau tak terbawa.

Karena teknologi cardless memungkinkan penggunaan ATM tanpa kartu maka semua proses menjadi lebih efektif dan efisien. Keberadaan kartu ATM yang berjenis cardless juga meniadakan proses pembuatan ulang kartu saat kartu ATM hilang.

Yang mana selama proses tersebut berlangsung maka pemilik rekening tak dapat melaksanakan aktivitas transaksi hingga kartu ATM yang baru terbit. Tentunya hal ini menjadi sangat tidak efektif bukan?

Saat ini sudah semakin banyak bank yang menggunakan ATM dengan layanan cardless yang lebih praktis dan aman. Untuk cara penggunaan layanan cardless ini sendiri bermacam-macam, tergantung pada pihak bank penerbitnya.

Meski proses transaksi secara umum sama dengan penggunaan kartu ATM konvensional, namun tetap ada beda pada fungsi serta fiturnya. 

Cara yang paling umum penggunaan ATM cardless ini adalah menggunakan aplikasi seluler yang terdapat pada ponsel untuk melakukan verifikasi akun. 

Baca juga: Apa Itu Skimming dan Bagaimana Cara Menghindarinya

Kelebihan ATM Cardless

Sebagai sarana yang memberi kemudahan bagi konsumen dalam mengakses dana miliknya, ATM jenis cardless memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut ini beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan saat memanfaatkan teknologi ATM tanpa kartu yang sedang tren ini.

1. Teknologi Cardless akan Mencegah Penipuan

Kemajuan teknologi di dunia digital, membuat pergerakan finansial masyarakat menjadi lebih dinamis dari waktu ke waktu. Akan tetapi seiring dengan hal ini maka tren tindak kejahatan di dunia perbankkan justru ikut semakin meningkat pula. 

Nah salah satu tindak kriminal perbankan yang paling mengkhawatirkan adalah tindakan Skimming. Yaitu suatu modus operandi tindak kejahatan perbankan yang membuat para korbannya jadi kehilangan data perbankan miliknya.

Sebagai akibatnya, maka dana milik korban akan dapat terkuras oleh oknum yang tak bertanggung jawab yang melakukan skimming tersebut. 

Hadirnya teknologi ATM tanpa kartu ini menjadi angin segar bagi para pengguna kartu ATM. Karena layanan cardless ini akan mampu meredam aksi tindak kejahatan skimming yang semakin marak dan meresahkan tersebut.

2. Kehilangan Kartu ATM tak Menjadi Masalah Lagi

Jika dulu kehilangan kartu ATM akan menjadi hal yang sangat merepotkan bagi pemiliknya, maka saat ini sudah tak lagi. Waktu serta tenaga yang tersita untuk melakukan proses pengurusan kartu ATM yang hilang sudah tak perlu lagi kamu lakukan.

Hal tersebut karena dengan layanan tanpa kartu maka keberadaan fisik dari kartu tersebut sudah tidak mutlak lagi dibutuhkan. Artinya tak akan ada lagi kerepotan yang harus kamu lakukan untuk melakukan pengurusan penerbitan kartu baru saat kartu ATM hilang atau rusak.

3. Dapat Menghemat Waktu

Melalui layanan tanpa kartu ATM, maka proses penarikan atau pengambilan dana menjadi jauh lebih efektif karena prosesnya yang instan. Hanya melalui penerapan beberapa langkah mudah melalui suatu aplikasi maka penarikan atau pemindahan dana dapat segera terjadi.

Cara Tarik Tunai Menggunakan ATM Cardless

Memiliki fungsi yang sama, letak perbedaan cara tarik tunai ATM tanpa kartu dengan jenis ATM konvensional adalah pada akses serta penggunaan fiturnya. Sedangkan langkah akses akun dan penarikan tunai layanan cardless tergantung pada bank serta teknologi verifikasinya.

Jika dijabarkan secara umum, maka proses akses akun berikut langkah verifikasinya kurang lebih dapat kamu lakukan dengan beberapa langkah berikut:

1. Masuklah ke Dalam Aplikasi Perbankan 

Langkah penggunaan kartu ATM tanpa kartu yang pertama adalah melakukan akses masuk ke dalam aplikasi perbankan yang kamu miliki. Hal ini dapat dilakukan segera setelah tiba di lokasi mesin ATM.

Metode lain yang juga dapat kamu lakukan selain menggunakan aplikasi perbankan adalah melalui aplikasi dompet digital atau E Wallet. Setelah kamu berhasil masuk ke dalam aplikasi E Wallet maka silahkan pilih kartu debit mana yang akan digunakan

Namun untuk cara terakir ini, kamu harus benar-benar memastikan jika E Wallet tersebut telah memenuhi syarat penggunaan ATM tanpa kartu.

2. Lakukan Pemindaian

Langkah berikutnya pada cara penggunaan kartu ATM tanpa kartu adalah melakukan proses pemindaian. 

Cara pertama, apabila pada mesin ATM yang kamu gunakan tersebut telah tersedia layanan teknologi NFC maka langsung ketuk telepon pintar. Yaitu persis pada bagian yang terdapat simbol sentuh ATM pada aplikasi.

Sedangkan cara kedua dapat dilakukan jika mesin ATM menggunakan kode QR. Untuk jenis mesin ATM ini maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pemindaian QR code. Yaitu pemindaian pada kode QR milik ATM tersebut dengan kamera dari perangkat HP.

Setelah langkah tersebut maka nantinya akan ada beberapa petunjuk untuk melakukan beberapa langkah lanjutan sebagai tindakan keamanan. Silahkan kamu ikuti saja semua petunjuk yang ada untuk dapat segera melanjutkannya pada proses berikutnya.

3. Verifikasi Data

Sebagai langkah terakhir pada cara penggunaan kartu ATM tanpa fisik kartu adalah melalui proses verifikasi data. Proses ini wajib untuk dilalui oleh semua pengguna layanan ATM tanpa kartu atau cardless demi keamanan.

Lakukan semua tahapan proses verifikasi sesuai dengan arahan yang kamu terima secara benar dan teliti. Jika sudah, maka mesin ATM akan segera memulai proses verifikasi untuk mendapatkan validasi data pengguna layanan cardless.

Jika proses verifikasi telah selesai, maka kamu akan diminta untuk melakukan input data PIN dari kartu ATM dengan layanan cardless tersebut. Setelah pin berhasil diinput maka kamu tinggal melanjutkan proses layanan perbankan sebagaimana biasanya.

Dari penjelasan mengenai layanan kartu ATM cardless tersebut maka ada banyak sekali keunggulan yang menjadi manfaat bagi penggunanya. Selain menawarkan layanan yang jauh lebih aman, cardless juga memastikan proses perbankan menjadi jauh lebih praktis dan efisien.

Mungkin Anda juga menyukai