Jangan Terperangkap Diskon Akhir Tahun, Berikut Tipsnya!

Waspada Diskon Akhir Tahun via pexels.com
Waktu baca: 3 menit

Teman Klik, terutama kaum hawa, mendengar kata diskon tentu membuatmu tergiur bukan? Eits, apalagi saat ini diskon akhir tahun telah tersebar di mana-mana. Bener banget, apalagi akhir tahun identik dengan HARBOLNAS atau hari belanja online nasional.

HARBOLNAS merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia khusus pada tanggal 12 Desember 2018. Dukungan dari berbagai pihak dimulai dari pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media turut andil lho. Diskon besar-besaran tak tanggung-tanggung membuat siapapun tergiur. Apakah kamu bersiap untuk berburu diskon? Nah, ikuti tips tim Klik Cair di bawah ini sebelum berburu ya!

 

Tips Mengatur Keuangan Saat Diskon Akhir Tahun

 

1. Tentukan Maksimal Budget untuk Diskon Akhir Tahun

Pertama-tama, batasilah nominal belanjaanmu. Jika kamu telah membatasi budget sejak awal, kamu harus konsisten agar tidak melewati batas nominal yang telah kamu tentukan. Jika kamu melewati batas nominal, bisa-bisa kamu mengalami kantong jebol di awal tahun baru, dan kekesalahnmu pun bisa-bisa memuncak atas kesalahanmu sendiri.

2. Sering Cek Diskon Akhir Tahun

Jika kamu tergiur dengan harga produk dengan nominal diskon yang besar, jangan ragu untuk cek nominal diskon berulang kali. Jangan sampai harga akhir di kasir, tidak sesuai diskon yang kamu perkirakan.

Kamu harus memerhatikan diskon dan harga total dengan term and condition yang tertera. Hal ini berguna agar kamu benar-benar yakin dengan diskon yang telah tertera dan tidak merasa tertipu karena kesalahanmu sendiri.

3. Survei Dahulu Sebelum Membeli Produk Diskon Akhir Tahun

Kontrol diri dulu Teman Klik, jangan buru-buru membeli semua barang yang tertera diskonnya lho! Sebaiknya kamu survei dahulu sebelum benar-benar memutuskan untuk membeli. Jika kamu belanja sistem offline, kelilingi toko ataupun Mall hingga kamu benar-benar mendapatkan kualitas barang yang oke dengan harga yang menarik.

Begitu juga saat belanja online, kamu harus sabar untuk menelusuri setiap slide produk yang kamu cari. Jika kamu tertarik dengan harga diskon dengan barang yang oke, kamu bisa masukkan ke keranjang belanjaanmu dulu sebelum check out pembelian.

4. Promo Kartu Kredit & Diskon Akhir Tahun

Manfaatkan kartu kreditmu untuk promo-promo tertentu. Biasanya berbagai marketplace memberikan kemudahan bagi kamu yang ingin bertransaksi dengan kartu kredit. Kamu akan mendapatkan diskon yang berlipat ganda tuh!

Sabar sabar, jangan gegabah via pexels.com

Sabar sabar, jangan gegabah via pexels.com

Kembali lagi, kamu harus kontrol ya, jangan sampai gara-gara diskon plus promo kartu kredit kamu jadi kalap nih. Pastikan kamu mampu disiplin membayar kartu kredit tepat waktu jika tidak mampu membayarnya dengan konsisten, katakan tidak dengan barang diskonan tersebut. Sebab jika kamu telat membayarnya kamu akan dikenakan biaya denda, bisa-bisa tidak sebanding dengan diskon yang kamu incar tersebut.

5. Diskon Akhir Tahun, Kartu ATM Bikin Lupa Diri

Berburu diskon akhir tahun membuatmu menggunakan kartu ATM tanpa henti. Harus diakui, tidak selamanya cashless itu indah lho! Di satu sisi, dengan kartu ATM membuatmu memberi banyak keleluasaan, namun di sisi lain, kamu akan merasa perasaan seperti tidak membayar sesuatu untuk barang yang kamu beli. Hati-hati kamu bisa lupa diri. Nah beda halnya jika kamu membayar secara tunai. Setiap perpindahan uang fisik, dapat kamu kontrol.

6. Jangan Emosional Ikut Diskon Akhir Tahun

Jika kamu membaca diskon up to 80% untuk sebuah produk yang kamu cari di sebuah marketplace. Jangan buru-buru ke ATM untuk transfer dan membeli barang tersebut. Benar, jika itu yang kamu lakukan, berarti kamu membeli barang secara impulsif, hanya mendengarkan unsur emosi. Jangan kaget kalau akhirnya berujung pada kekecewaan lho.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Merasa Kekurangan Gaji

Sebab orang-orang yang berbelanja barang dengan emosi biasanya lebih mudah terkecoh. Sebab seller tentu sudah jauh-jauh hari memikirkan strategi pemasaran yang terbaik, guna memancing sisi emosimu. Terutama kamu kaum hawa nih. Biasanya seringkali terjebak dalam situasi ini. Alhasil pada akhirnya kamu akan kecewa dan menyesal.

You may also like...

Leave a Reply