Kenali 7 Jenis Meeting dalam Dunia Kerja

Meeting
Kenali 7 Jenis Meeting dalam Dunia Kerja. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Di dunia kerja sepertinya sudah biasa untuk menjalankan sebuah “meeting”. Bahkan setiap harinya bisa saja melakukan meeting demi kelancaran pekerjaan yang dijalankan. Namun, siapa sangka bahwa meeting dalam dunia kerja memiliki beragam jenis. Apa saja jenis-jenis meeting dalam dunia kerja?

Baca Juga: Ini Rahasia Bagaimana Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas

Apa Itu Meeting?

Meeting merupakan kosa kata bahasa Inggris yang memiliki arti “pertemuan” atau juga “bertemu”. Kata meeting ini sendiri juga memiliki pengertian yang sangat luas. Namun, dalam dunia kerja, kata meeting memiliki makna yang lebih spesifik.

Mungkin dalam bahasa Indonesia, meeting sering disamakan dengan rapat. Kegiataan ini dilaksanakan oleh 2 atau sekelompok orang untuk membahas suatu hal demi mencapai tujuan yang diinginkan atau diharapkan.

Pada umumnya, meeting dalam dunia kerja membahas seputar progres ataupun rencana yang akan digapai di kemudian hari. Dengan adanya meeting, adanya komunikasi yang lebih profesional antara kolega. Hal ini membuat segala progres pekerjaan menjadi lebih efektif dan lancar.

Meeting merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan akan selalu hadir di sepanjang karirmu di dunia kerja. Mulai dari merencanakan sesuatu hal, memberi keputusan hingga melakukan kesepakatan, semua dilaksanakan di dalam ruang meeting.

Karena fungsinya yang sangat menguntungkan untuk perusahaan, keberadaannya sudah menjadi makanan sehari-hari di dunia pekerjaan.

Tujuan Meeting

Diadakannya meeting tidaklah lepas dari berbagai macam kepentingan dan juga tujuan. Tujuan dari meeting juga banyak ragamnya. Dalam dunia kerja, tujuan dilaksanakannya meeting adalah;

  • Sebagai Sarana Penyampaian Visi dan Misi dari Perusahaan

Meeting dapat menjadi sarana bagi perusahaan dalam menyampaikan tujuan serta visi dan misi perusahaan tersebut kepada karyawannya. Dengan ini, karyawan akan tahu target seperti apa yang diharapkan oleh perusahaan. Jika visi dan misi sebuah perusahaan sudah di ketahui betul oleh karyawannya, tentu saja karyawan akan lebih terarah dalam membuat strategi untuk mencapainya ataupun menjalankan pekerjaan hariannya.

  • Sebagai Sarana untuk Menyelesaikan Masalah dalam Perusahaan

Dalam menjalankan suatu pekerjaan, tentunya tidak luput dari suatu permasalahan. Oleh karena itu, peran meeting dapat dimanfaatkan untuk mencari titik tengah dalam penyelesaian suatu masalah. Setiap karyawan dapat berkumpul bersama dan memikirkan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan yang sedang di hadapi.

  • Sebagai Sarana untuk Memberitahu kepada Karyawan Mengenai Tugas dan Tanggung Jawabnya

Meeting menjadi salah satu sarana untuk memberi tahu karyawan mengenai tugas yang harus dijalankannya serta apa saja yang menjadi tanggung jawabnya. Dengan itu, karyawan akan lebih mudah untuk menjalankan tugasnya sesuai posisinya. Tidak hanya itu, hal ini juga akan meningkatkan kesadaran karyawan akan tanggung jawabnya dan memotivasi mereka untuk menjalankan tugasnya dengan maksimal. 

  • Menjadi Bahan Evaluasi dan Penelian Pekerjaan

Demi majunya perusahaan, dibutuhkannya evaluasi dan juga penilaian atas kinerja dari karyawan. Hal ini bertujuan agar dapat meningkatkan segala macam proses dan kinerja agar lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu, meeting merupakan salah satu sarana yang tepat untuk menyampaikan evaluasi ataupun memberikan penilaian atas kinerja karyawan. Bahkan dengan adanya meeting, dapat mencari solusi bersama dalam mengatasi atau meningkatkan perfoma kerja karyawan dan juga hal lainnya yang menjadi penghambat perkembangan perusahaan.

7 Jenis Meeting

Sebelum melaksanakan meeting, kenali terlebih dahulu apa saja jenisnya. Nah, jenis-jenis meeting dibagi menjadi 7 jenis, diantaranya;

  • Team Building

Team building atau mungkin lebih familiar dengan sebutan “timbil” merupakan jenis meeting yang kerap dilaksanakan di kantor. Meeting jenis ini memiliki tujuan utama untuk mendekatkan para karyawan agar lebih kompak. Pasalnya kekompakan merupakan salah satu hal penting dan harus ada dalam dunia kerja, apalagi dengan kolega sedivisi.

Team building juga sebagai media untuk menyelaraskan visi dan misi setiap karyawan. Para pemimpin tentunya selalu memastikan bahwa semua anggota karyawannya memiliki visi dan misi yang sama dalam bekerja. Tentunya karyawan yang memiliki visi dan misi yang sama akan lebih jauh meningkatkan peforma dan hasil dari suatu pekerjaan.

  • Status Update

Seperti namanya, status update merupakan meeting yang dimana para karyawan memberikan informasi terkini mengenai keadaan pekerjaannya. Biasanya meeting ini dilaksanakan setiap hari. Isi dari status update juga beragam, mulai dari memberikan pergerakan terbaru akan suatu proyek, kendala apa saja yang dihadapi dan juga progres dari kerjaan yang sedang dijalankan.

  • Brainstorming

Demi perkembangan suatu perusahaan, dibutuhkannya inovasi dan ide-ide baru. Tentu saja datangnya ide kreatif tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Maka dari itu dilakukannya brainstorming.

Dalam brainstorming ini akan berkumpulnya sekelompok orang untuk memikirkan dan mencari ide-ide baru bersama-sama. Brainstorming juga akan sering dilakukan, karena umumnya untuk mencetuskan ide baru tidak cukup dalam satu pertemuan saja. Umumnya, brainstorming juga memakan waktu yang tidak sebentar.

  • Decision Making

Dari namanya saja mungkin kamu sudah tahu apa tujuan dilaksanakannya meeting jenis satu ini. Dalam pengambilan suatu keputusan, dibutuhkannya kesepakatan bersama-sama. Oleh karena itu, penting untuk dilaksanakan suatu pertemuan untuk membicarakannya dan juga mendapatkan persetujuan bersama.

  • Information Sharing

Sekilas memang sedikit mirip dengan status update, namun tentu saja ada perbedaanya. Information sharing biasanya dilaksanan satu arah. Meeting ini digunakan untuk menyampaikan suatu infomasi. Biasanya dilaksanakan seperti penerapan paparan dan penyampaiannya menggunakan presentasi dan lainnya.

  • Problem Solving

Terjadinya masalah di kehidupan sehari-hari sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah, begitu hal nya dengan dunia pekerjaan. Tentu saja, setiap permasalahan selalu ada jalan keluarnya. Itulah guna dari meeting problem solving. Dalam meeting ini, karyawan berkumpul untuk berpikir bersama mencari solusi dalam mengatasi suatu permasalahan.

  • One-on-One

Sesuai dengan namanya, meeting ini dilaksanakan antara kedua orang saja. Guna dari meeting ini adalah untuk mempererat suatu hubungan. Biasanya meeting ini dilakukan oleh manager dengan karyawannya atau juga antar sesama kolega. Isi meeting ini juga sangat beragam, mulai dari membahas pekerjaan bersama, menyelesaikan pekerjaan bersama atau bertukar keluh kesah akan kesulitan yang sedang dihadapi bersama.

Artikel Lainnya