Ini Rahasia Bagaimana Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas

Wawancara karyawan
Ini Rahasia Bagaimana Cara Merekrut Karyawan yang Berkualitas. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 4 menit

Perusahaan manapun tidak ingin mengeluarkan banyak uang, tenaga, dan waktu untuk merekrut karyawan yang kurang berkualitas. Makanya, pihak HRD harus tahu bagaimana cara merekrut karyawan yang berkualitas.

Memiliki karyawan yang sedikit tapi berkualitas itu jauh lebih baik daripada banyak karyawan tapi tidak bisa bekerja maksimal. Sekalipun harus menggaji dengan gaji yang tinggi, memiliki karyawan berkualitas itu jauh lebih worth it. Karena ini bukan hanya tentang berapa gaji yang harus dikeluarkan perusahaan tapi produktivitas kerja karyawan yang membuat perusahaan mendapatkan pendapatan tinggi dan juga kredibilitas yang baik.

Seleksi Paling Awal Sangat Menentukan

Bersalaman
Seleksi wawancara. Photo by Pixabay

Bagaimana cara merekrut karyawan yang berkualitas? Ini sangat tergantung pada seleksi tahap awal. Apa itu? Yaitu seleksi administrasi. Kamu bisa menyebarkan job vacancy di mana saja. Misalnya saja yang paling tren sekarang di LinkedIn. Ini media sosial yang memang didesain untuk orang-orang yang mencari pekerjaan atau orang yang menawarkan sebuah pekerjaan.

Apapun media yang kamu gunakan, seleksi dokumen paling awal itu sangat menentukan. Dari application letter yang kandidat kirimkan, cek bagaimana masing-masing dari mereka mendeskripsikan diri sendiri. Cek juga media sosial mereka. Karena dari sana, kamu akan lebih tahu karakteristik calon karyawan yang akan kamu rekrut.

Selain itu, lihat juga pengalaman kerja dan juga organisasi. Nilai akademik juga menentukan seberapa berkualitas calon karyawan yang akan kamu pilih. Namun, nilai terkadang tidak menunjukkan siapa mereka. Justru apa yang dilakukan di organisasi dan juga di tempat kerja sebelumnya bisa lebih menggambarkan seberapa berkualitas dirinya.

Dari sana, kamu bisa menyeleksi siapa yang pantas untuk kamu undang untuk masuk ke tahap selanjutnya, yaitu tahap seleksi wawancara. Ini tahap yang juga sangat penting sebagai cara merekrut karyawan berkualitas.

Baca juga: Indikator Loyalitas Karyawan yang Setiap Pemimpin Perusahaan Wajib Tahu

Mengetahui Ciri-Ciri Calon Karyawan Berkualitas saat Wawancara

Tren karier di 2021.
Wawancara untuk mendapat karyawan berkualitas. Photo by Pexels

Dari sekian ratus application letter yang masuk, tentu tidak semuanya harus kamu panggil untuk wawancara. Mungkin, kamu bisa panggil 10 persennya saja. Dari wawancara ini, kamu akan tahu lebih mendalam karakter calon karyawan. Dan dari sini pula, kamu akan semakin yakin mana karyawan yang berkualitas.

  • Excited untuk Menjawab Pertanyaan
Wawancara
Excited menjawab pertanyaan. Photo by Pexels

Salah satu ciri calon karyawan yang berkualitas adalah selalu menunjukkan excitement atau sangat tertarik untuk menjawab pertanyaan yang kamu berikan. Jawabannya tidak berbelit-belit tapi menunjukkan kualitas jawaban. Tidak hanya sekedar menjawab dengan kalimat biasa.

  • Memiliki Tujuan Hidup dan Passion yang Jelas
Tentukan tujuan yang jelas.
Memiliki tujuan hidup yang jelas. Photo by Pixabay

Saat wawancara, sebaiknya kamu tanyakan tujuan hidup, masa depan, dan juga passion. Karyawan yang memiliki tujuan hidup serta passion yang jelas adalah karyawan yang penuh semangat. Pasalnya, tujuan hidup dan juga passion itulah yang akan terus mendorong mereka untuk terus bekerja lebih keras. Kerja kerasnya itu akhirnya tidak hanya berimbas pada diri sendiri tapi juga untuk perusahaan.

  • Tak Ragu untuk Menolak Jika Ada yang Janggal
dua orang sedang berdiskusi menggunakan laptop.
Tidak ragu menolak saat ada yang janggal. Photo by @neonbrand

Ketika Anda mewawancarai calon karyawan, coba kamu ajukan hal yang terdengar janggal. Misalnya saja kamu memberikan tawaran gaji yang di bawah UMR. Jika ia menolak dengan alasan yang masuk kalah, itu artinya ia punya prinsip. Dan inilah ciri-ciri dari karyawan yang berkualitas.

  • Menentukan Gaji yang Diinginkan secara Rasional
Seseorang memegang uang
Menentukan gaji yang diinginkan. Photo by Pixabay

Karyawan yang bagus dengan tegas berani meminta gaji. Karena ia tahu seberapa berkualitas dirinya sehingga ia juga ingin dihargai. Lain hal dengan karyawan yang tidak berani menunjukkan nominal gaji yang diinginkan. Itu artinya ia tidak punya kepercayaan diri. Lebih dari itu, ia juga tidak tahu kualitas diri sendiri.

  • Punya Ide untuk Mengembangkan Perusahaan
Ide dan konsep unik pembangunan gapura.
Punya ide untuk mengembangkan perusahaan. Photo by Pixabay

Coba tanyakan apa yang bisa dilakukan oleh calon karyawan kamu. Apa ide dan juga kontribusi yang akan diberikan ketika ia diterima. Apa yang diucapkan tersebut bisa menjadi penilaian seberapa jauh ia mengerti visi dan misi perusahaan. Karena kamu membutuhkan karyawan yang tahu visi dan misi perusahaan. Dengan itulah ia tahu apa yang harus dikerjakan dan apa yang diperlukan untuk memajukan perusahaan.

Itulah beberapa cara merekrut karyawan yang berkualitas yang bisa kamu terapkan. Jangan buang waktu untuk meng hire orang yang sama sekali tidak punya kualitas. Lebih baik memberikan gaji besar untuk 1 karyawan yang terbaik daripada 10 karyawan biasa saja dengan gaji yang murah.


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai