8 Pekerjaan yang Cocok untuk Orang Introvert

Pekerjaan untuk introvert
Waktu baca: 4 menit

Setiap orang memiliki karakter masing-masing yang erat kaitannya dengan profesi atau pekerjaan yang dijalaninya. Ada orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan terbuka sehingga memiliki keunggulan yaitu bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan di mana saja. Semua masalah yang dihadapinya bisa diatasi dengan mudah. Namun, hal itu akan berbeda dengan orang yang introvet.

Introvert adalah salah satu sifat atau karakter orang yang merasa tidak nyaman saat harus berhadapan secara langsung dengan orang sekitar, berosialisasi, atau bekerja secara tim. Orang yang memiliki sifat introvert ini biasanya akan lebih tertutup dan cenderung lebih pendiam. Ia juga selalu lebih senang saat bekerja sendirian dan tidak terlalu banyak bicara. Selain itu, orang yang memiliki sifat introvert itu merasa lebih nyaman untuk menyelesaikan satu hal dengan teratur atau satu persatu. Oleh karena hal itu, maka orang tersebut akan sedikit kesulitan dalam mencari pekerjaan. Namun, jangan khawatir buat kamu yang merasa memiliki sifat introvert, kamu bisa melakoni beberapa pekerjaan seperti di bawah ini:

Penulis

Penulis jadi salah satu pilihan pekerjaan orang introvert
Seorang penulis bisa jadi salah satu alternatif karier yang bisa dipilih untuk orang yang senang menyendiri. Photo by Pexels

Seorang introvert yang memiliki hobi tulis menulis akan sangat cocok menjadi seorang penulis. Terlebih lagi saat ini banyak platform penyedia pekerjaan agar kamu bisa memilih pekerjaan yang berkualitas. Lagipula, dengan menjadi penulis, kamu tidak perlu banyak tatap muka dengan orang lain dan lebih banyak menatap komputer serta memperluas ide-ide kreatif yang bisa diterapkan di dalam tulisanmu.

Editor

Editor sebagai salah satu pilihan introvert
Sebagai editor, kamu cukup berada di ruangan dengan komputer untuk mengedit. Photo by Pexels

Sebagai editor, biasanya akan bekerja di dalam ruangan bersama dengan komputer yang memiliki aplikasi khusus untuk editing. Selain itu, komunikasi dengan rekan sekantornya biasanya hanya seputar jobdesk dan proyek yang sedang diselesaikan. Maka dari itu, pekerjaan ini cocok juga untuk introvert.

Baca juga: Cara Seimbangkan Hidup dan Karier Agar Tidak Alami Burn Out

Seniman

Seorang pelukis
Seorang pelukis yang fokus menuangkan hasil ide kreatifnya di kanvas. Photo by @mefisto97

Menjadi seniman biasanya lebih banyak duduk seorang diri dengan mengembangkan ide kreatif. Setelah itu, ide tersebut akan disalurkan ke berbagai media seperti kanvas, piring, atau kain. Oleh karena itu, orang introvert yang memiliki jiwa seni yang tinggi sangat cocok menjadi seorang seniman.

Fotografer

Fotografer
Seorang fotograger yang sedang melihat hasil fotonya. Photo by Pexels

Seorang fotografer profesional biasanya hanya akan mengarahkan gaya dan posisi yang tepat saat memotret agar menghasilkan foto yang bagus dan indah. Tidak memerlukan percakapan yang harus menjelaskan panjang lebar mengenai suatu hal.

Akuntan

Akuntan dan rumus
Seorang akuntan yang sedang berkutat dengan angka dan rumus. Photo by Pixabay

Lingkup pekerjaan sebagai seorang akuntan hanya akan menghadapi angka-angka dan rumus-rumus tertentu. Sehingga, sudah pasti membutuhkan ruangan yang tenang agar bisa fokus dalam mengerjakan pekerjaannya. Hal ini jadi kesempatan emas bagi para introvert yang mahir dalam bidang akuntan. Selain bisa bekerja dalam ruangan yang tenang, sendirian, kamu juga bisa lebih nyaman karena tidak harus berkomunikasi banyak dengan orang lain.

Penerjemah

Penerjemah
Seorang penerjemah sedang melakukan tugasnya. Photo by Pixabay

Akhir-akhir ini, banyak orang yang membutuhkan jasa seorang penerjemah untuk menerjemahkan dokumen-dokumen atau tulisan-tulisan. Seorang penerjemah biasanya hanya bekerja di depan komputer. Membuka kamus dan menuliskan kembali dokumen yang sudah diterjemahkan. Dengan begitu, seorang introvert memiliki kesempatan besar untuk menjadi seorang penerjemah.

Pekerja laboratorium

Seorang pekerja laboratorium
Seorang pekerja laboratorium yang sedang mencampur bahan kimia. Photo by @Amplitudemagazine

Bekerja sebagai pekerja di laboratorium juga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang introvert. Seorang pekerja lab membutuhkan suasana yang tenang agar bisa berkonsentrasi, apalagi saat meracik bahan kimia. Biasanya, sebagai pekerja di lab hanya akan ditemani beberapa pekerja lainnya.

Freelancer

Freelance
Seorang freelancer yang sedang mengerjakan pekerjaannya di pojok cafe sendirian. Photo by @mann_pantoja

Bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas cukup memanfaatkan fasilitas internet yang ada. Kamu bisa mencari lowongan sebagai freelance yang ada di internet. Biasanya, lowongan ini lebih banyak sebagai penulis, penerjemah, atau editor. Meskipun pada proses awal seleksi biasanya sebagian klien akan meminta kesediaan untuk wawancara, namun hanya untuk awal saja. Selanjutnya akan melalui WhatsApp atau email.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Lewat Blog

Beberapa pekerjaan di atas memang terlihat menarik untuk introvert. Namun, perlu diingatkan lagi, kamu harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu. Jangan pernah kamu memaksakan diri untuk bisa seperti orang lain. Jadilah diri sendiri, temukan dan kembangkan bakatmu.

You may also like...

Leave a Reply