Cara Agar Bisa Menabung Demi Masa Depan Cerah

Cara menabung
Cara menabung agar punya masa depan cerah. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu adalah seorang yang sulit untuk menabung? Apakah kamu sering tidak ada uang tersisa yang bisa ditabung karena kebutuhan yang banyak? Ah, atau mungkin kamu terlalu sering mengikuti gaya hidup yang tinggi seperti orang-orang di sekitar sehingga uangmu kerap habis untuk itu? Yah sayang sekali ya, padahal menabung bisa membuat hidupmu lebih menyenangkan dan juga tenang lho. Selain itu, dengan menabung juga ketika kamu sedang ada kebutuhan mendesak dapat menggunakan uang tabungan itu untuk membeli atau memenuhinya.

Menabung memiliki cukup banyak keuntungan untuk kamu yang gemar melakukannya, salah satunya masa depanmu mungkin akan cerah karena uang yang ditabung itu. Misalnya kamu dapat menggunakan uang tabungan tersebut untuk modal usaha jika sulit mendapatkan pekerjaan setelah selesai menempuh pendidikan. Lalu dengan menabung pula dapat membuat kamu agar tidak berhutang di masa mendatang jika terjadi keadaan yang darurat. Selain itu, menabung merupakan investasi masa depan agar ketika tua nanti tetap dapat hidup dengan tentram dan layak.

Menabung mengajarkan kamu untuk lebih bersabar dan disiplin. Kamu akan berpikir sekian kali dalam membelanjakan uangmu untuk hal yang kurang penting dan kurang dibutuhkan. Kamu akan menggunakan uangmu untuk hal-hal yang sekiranya kamu memang butuh. Tapi, jangan salah jika dengan menabung kamu tidak bisa bersenang-senang karena kamu bisa juga menggunakan uang tabunganmu itu untuk berlibur atau mencari hiburan sesuai dengan keinginan sesekali.

Ada cukup banyak tips atau cara agar bisa menabung untuk masa depan sejak dari sekarang. Cara-cara ini mungkin bisa kamu terapkan agar semakin cepat mengumpulkan uang. Apa saja tips atau caranya tersebut? Simak ulasan di bawah ini!

Baca juga: Catat! Inilah 7 Bank yang Bagus untuk Menabung

Simpan Tidak Hanya Uang Kertas Tapi Juga Uang Receh

Batasi pengeluaran receh.
Simpan uang kertas dan koin. Photo by Pixabay

Jika kamu menabung uang jangan berpikir untuk menabung uang-uang yang bentuknya kertas saja, tapi simpanlah juga uang receh atau logam. Menabung memang tidak harus memakai uang dengan nominal yang besar terus-menerus, karena meskipun kamu menabung dari nominal yang kecil seperti uang receh tapi kamu rajin untuk menabung maka uang yang terkumpul juga akan banyak.

Simpan Tabungan di Tempat yang Tersembunyi

Cara Agar Bisa Menabung
Penyimpanan uang. Photo by Fox Business

Kamu memiliki tabungan di rumah? Sebaiknya simpan tabungan tersebut di tempat yang tersembunyi dan tidak mudah kamu lihat. Hal itu agar kamu tidak mudah tergoda untuk membuka atau membongkar tabungan tersebut.

Tabung Uang dari Penghasilan Tambahan dan Bonus Pekerjaan

Menunda untuk menabung.
Tabung uang dari penghasilan dan bonus. Photo by Pexels

Jika kamu memiliki pekerjaan sampingan untuk mendapat uang tambahan, sebaiknya tabung uang itu. Simpan juga uang bonus yang didapat dari pekerjaan utamamu. Kamu bisa menggunakan uang dari gaji pekerjaan utamamu untuk kebutuhan sehari-hari, dengan begitu kamu masih bisa menabung tanpa banyak mengurangi uang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan.

Coba Gunakan Aplikasi Tabungan

Cara Agar Bisa Menabung
Gunakan aplikasi untuk menabung. Photo by @stereophototyp

Salah satu cara agar bisa menabung yang cukup efektif adalah dengan menggunakan aplikasi tabungan yang saat ini ada banyak di internet. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tabungan tersebut kamu bisa mengetahui tentang berapa banyak pengeluaran yang telah dikeluarkan untuk belanja.

Kunci Tabungan

Kunci dan simpan tabungan.
Kunci dan simpan tabungan. Photo by @gabewasylko

Kamu bisa kunci tabungan agar tidak sering diambil baik tabunganmu di celengan rumah maupun di bank. Jika kamu menabung di bank kamu bisa memilih sistem penguncian jika belum mencapai nominal yang diinginkan. Hal ini agar kamu tidak dapat mengambil uangmu dengan sesuka hati sehingga menjadi boros.

Ikutlah Sistem Menabung Otomatis

Kemudahan menabung di bank
Menabung secara otomatis. @pampouks

Jika kamu sudah bekerja mungkin bisa menggunakan sistem menabung otomatis ini di bank. Jadi, setiap kamu menerima gaji maka uang tersebut akan langsung masuk ke tabungan otomatis tersebut. Dengan ikut sistem ini bisa dijamin jika kamu tidak akan boros karena uang ditabungan ini hanya bisa kamu ambil 1 kali dalam setahun saja.

Itulah beberapa tips atau cara agar bisa menabung. Cobalah untuk menerapkan paling tidak salah satu diantaranya agar tabunganmu cepat terkumpul. Tapi, harus juga diingat untuk disiplin dalam mengelola keuangan seperti pengeluaran agar tidak boros. Itu karena ketika kamu tidak menjadi seorang yang boros maka masa depanmu akan cerah.

Mungkin Anda juga menyukai