5 Langkah untuk Memilih Asuransi Rumah Milikmu

Pentingnya memilih asuransi rumah milikmu
Waktu baca: 2 menit

Segala aspek di dunia ini bisa dikatakan memerlukan suatu perlindungan dan jaminan agar terhindar dari risiko yang kurang menyenangkan. Seperti halnya rumah yang kamu miliki saat ini. Kamu harus memberikan asuransi untuk rumahmu sendiri. Apalagi, jika kamu tinggal di daerah yang mudah terkena bencana baik itu tanah longsor atau gunung meletus. Maka dari itu, asuransi rumah sangat penting kamu miliki. Seperti yang sudah diketahui, setiap asuransi memiliki sejumlah premi yang harus dibayarkan. Biasanya, besaran premi yang harus dibayarkan ini sesuai dengan jenis, waktu, dan besarnya perjanjian uang pertanggungan yang akan diberikan nantinya. Oleh karena itu, kamu harus bisa memilih asuransi rumah yang tepat untuk hunianmu.

Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan agar bisa memilih asuransi rumah yang terbaik.

Bandingkan program beberapa asuransi

Setiap perusahaan asuransi sudah pasti memiliki program yang berbeda-beda. Beberapa faktor yang bisa kamu bandingkan antara lain ialah premi, pertanggungan asuransi, kredibilitas perusahaan, dan lain sebagainya. Untuk membandingkannya, kamu bisa menanyakan langsung kepada agen asuransi yang bersangkutan atau bisa melalui situs online. Dengan begitu, kamu bisa memilih asuransi dengan program yang menguntungkanmu.

Pertanggungan risiko

Pertanggungan risiko menjadi kunci efektif atau tidaknya polis yang kamu ajukan. Namun, jangan lupa dengan semakin besar risiko yang ditanggung oleh suatu asuransi, maka semakin tinggi pula premi yang harus dibayarkan. Kamu harus memilih jenis perlindungan yang tepat dengan melihat dari kemungkinan risiko yang akan terjadi. Beberapa risiko yang biasanya ditanggung oleh asuransi antara lain risiko kerusakan karena kebakaran, kerusakan akibat kerusuhan, dan kerusakan akibat bencana alam. Dengan mengetahui kondisi yang ada di sekitar rumah atau properti, maka kamu dapat memilih polis asuransi dengan sesuai.

Baca juga: Sering Diremehkan, Pentingnya Asuransi untuk Proteksi Diri

Pilih pertanggungan yang sesuai

Pemilihan asuransi rumah yang tepat
Memilih pertanggungan yang sesuai denganmu. Photo by Pixabay

Salah satu manfaat yang dihadirkan dari asuransi ialah meminimalisasi kerugian yang terjadi. Jika uang pertanggungan terlalu sedikit maka sama saja hal tersebut akan membuat kamu merugi. Namun, jika uang pertanggungan berlebihan, maka kamu harus membayar premi yang tinggi. Oleh sebab itu, sangat penting bagimu untuk menentukan uang pertanggungan sesuai dengan nilai propertimu. Jangan lupa kamu harus memastikan polis asuransi juga memberikan pertanggungan pasca bencana alam.

Mengetahui proses klaim asuransi

Proses klaim asuransi wajib kamu ketahui sejak awal. Apalagi, tiap perusahaan asuransi memiliki proses yang berbeda-beda. Asuransi rumah yang baik memiliki proses klaim yang praktis, mudah, serta tingkat penerimaan yang tinggi. Untuk memperoleh asuransi sejenis itu, kamu harus rajin untuk melakukan riset dan mencari informasi mengenai prosedur pengajuan klaim tiap-tiap asuransi.

Baca polis dengan teliti

Yang terakhir, kamu harus membaca polis asuransi dengan teliti. Polis asuransi adalah perjanjian tertulis antara kamu dengan pihak asuransi. Jika terdapat kesalahan, maka kamu akan kesulitan untuk mengajukan klaim pada waktu yang akan datang. Selain itu, dengan membaca polis secara teliti, kamu dapat mengetahui hak yang akan kamu dapatkan dan kewajiban yang harus kamu penuhi.

You may also like...

Leave a Reply