Memiliki Harga yang Tinggi Dipasaran, Ini dia Jenis-jenis Ikan Cupang beserta Harganya

harga cupang
Memiliki Harga yang Tinggi Dipasaran, Ini dia Jenis-jenis Ikan Cupang beserta Harganya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Tren mengoleksi dan memelihara ikan cupang menjadi suatu hal yang banyak dilakukan oleh sebagain orang. Tidak hanya warnanya yang sangat memukau namun karakter dari ikan cupang yang dapat di latih menjadikan ikan jenis ini laris peminatnya.

Harga dari ikan cupang sendiri relatif tidak murah, bahkan kamu dapat menghabiskan puluhan juta untuk satu ekornya saja.

Berikut ini jenis-jenis ikan cupang yang memiliki nilai tinggi di pasaran.

Baca Juga: Ingin Hobi Menghasilkan Uang? Inilah Tipsnya!

Jenis-Jenis Ikan Cupang beserta Harganya

Siapa sangka bahwa ikan cupang memiliki jenis yang sangat beragam. Bahkan beberapa jenis dari ikan cupang ini memiliki harga yang cukup fantastis. Namun, tidak sedikit orang yang berlomba-lomba untuk memelihara berbagai jenis ikan cupang. Lalu, apa saja jenis-jenis ikan cupang? Nah, berikut ini beberapa jenis ikan cupang yang umumnya di pelihara ataupun di bisniskan.

  • Ikan Cupang Kachen Worachai

Ini dia jenis ikan cupang termahal di dunia. Jenis ikan cupang kachen worachai dinobatkan menjadi ikan cupang termahal di dunia dengan harga yang menembus Rp20 juta. Sebenarnya harga pasti dari ikan cupang ini belum diketahui dengan pastinya, banyak faktor yang dapat mempengaruhi harga ikan cupang jenis ini.

Dari segi warna, ikan cupang kachen worachai mirip seperti bendera Thailand. Ikan cupang jenis ini memiliki tiga warna. Selain harganya yang mahal, jenis ini juga lumayan langka di pasaran.

  • Ikan Cupang Koi

Berbeda dengan jenis ikan cupang kachen worachai, jenis ikan cupang koi sangat mudah ditemukan di pasaran. Bahkan harga dari ikan cupang koi tidak begitu mahal. Jenis ini umunya di jual di pasaran dengan harga sekitar Rp150.000 hingga Rp200.000. Warna dari ikan cupang koi terdiri dari warna merah, oranye, biru dan hitam. Warnanya yang cerah membuat ikan cupang koi cukup laku di pasaran.

  • Ikan Cupang Halfmoon

Selanjutnya ada jenis ikan cupang halfmoon. Ikan cupang ini memiliki warna yang cerah dan sirip berbentuk seperti kipas, lebar dan lentur. Jenis ini juga memiliki nilai yang cukup tinggi. Di pasaran, ikan cupang jenis halfmoon dijual dengan harga kisaran Rp500.000. Perlu kamu ketahui, bahwa ikan cupang jenis ini juga cukup terkenal dalam beberapa tahun belakangan silam.

  • Ikan Cupang Aduan

Berbeda dengan jenis sebelumnya, ikan cupang aduan memiliki harga yang relatif murah. Harga ikan cupang satu ini senilai Rp150.000 dipasaran. Tubuhnya yang ramping, gagah dan warna mencolok menjadikan ikan cupang jenis satu ini memiliki karakter sesuai dengan namanya.

Ikan cupang jenis ini sebaiknya tidak disatukan dengan jenis lain karena jenis yang satu ini akan bertarung dengan jenis lainnya. Pastikan kamu memberikan pembatas pada aquarium milikmu saat berniat untuk memelihara jenis ini.

  • Ikan Cupang Slayer

Jenis ini merupakan hasil persilangan antara ikan cupang serit dan halfmoon. Maka, bentuk dari ikan cupang ini sangatlah unik. Ikan cupang jenis ini memiliki tubuh yang ramping seperti ikan cupang serit namun memiliki sirip lebar seperti halfmoon. Harga ikan cupang slayer umumnya dipasaran menyentuh harga kisaran Rp250.000 hingga Rp300.000.

  • Ikan Cupang Black Samurai

Seperti namanya, ikan cupang jenis ini memiliki warna gelap. Bahkan ikan cupang satu ini memiliki nama lain, yaitu “Black Mamba”. Umumnya ikan cupang jenis black samurai cukup langka di pasaran. Harga dari ikan cupang satu ini berkisaran Rp200.000 hingga Rp400.000.

  • Ikan Cupang Double Tail

Ikan cupang jenis ini memiliki karakteristik yaitu bentuk ekornya yang terbelah dua. Dengan bentuknya yang unik, sudah pasti jenis ikan cupang satu ini masuk ke dalam jajaran ikan cupang dengan harga mahal. Harga ikan cupang double tail berkisar Rp600.000.

  • Ikan Cupang Nemo

Tentunya kamu sudah familiar dengan bentuk ikan nemo bukan? Nah, ikan cupang jenis ini memiliki warna yang mirip dengan ikan nemo. Karena keunikannya harga dari ikan cupang nemo ini bisa menyentuh hingga Rp400.000.

  • Ikan Cupang Fancy

Ikan cupang fancy memiliki keunikan yaitu warnanya yang seperti 3 dimensi. Saat ikan jenis ini berenang, kombinasi warna pada tubuhnya sangat terlihat jelas. Harga dari ikan cupang jenis ini menyentuh jutaan. Kisaran harganya di pasaran sekirat Rp1,5 juta.

  • Ikan Cupang Plakat

Ikan cupang plakat memiliki karakteristik sebagai ikan cupang yang sangat agresif. Tidak hanya itu, warna dari ikan cupang plakat juga sangat cantik. Harga dari ikan cupang jenis ini umumnya mulai dari Rp 1 juta.

Faktor Penentu Harga Ikan Cupang

Setelah mengetahui jenis dan harga ikan cupang di pasaran, pastinya kamu bertanya-tanya mengapa harganya bisa sangat tinggi. Nah, ini dia beberapa faktor yang mempengaruhi harga ikan cupang di pasaran.

  • Perpaduan Warna dan Bentuk Fisik

Ikan cupang memiliki karakteristik warna yang sangat unik dibandingkan ikan-ikan lainnya. Bentuk dan warna yang unik ini menjadikan nilai dari ikan cupang itu sendiri tinggi. Semakin unik bentuk dan warnanya, semakin tinggi juga harganya.

  • Termasuk Jenis yang Sulit untuk Dibudidayakan

Salah satu faktor yang mempengaruhi harga ikan cupang adalah jenisnya yang sulit dibudidayakan. Sulitnya untuk dibudidayakan menyebabkan jenis tertentu menjadi langka. Kelangkaan inilah yang menyebabkan tingginya harga ikan cupang di pasaran.

  • Termasuk Jenis Unggulan

Beberapa jenis ikan cupang merupakan jenis unggulan yang disebabkan karena faktor genetik. Umumnya jenis unggulan sering di ikut sertakan kontes. Dengan ini, jenis unggulan mempengaruhi harga ikan cupang itu sendiri.

Sebelum membeli, Ini ciri-ciri Ikan Cupang yang Bagus untuk Dipelihara

Selain jenis unggulan dan corak warna yang menarik, apa saja yang harus di perhatikan saat membeli ikan cupang? Ini dia ciri-ciri ikan cupang yang baik untuk kamu pelihara, diantaranya;

  • Memiliki mental yang dapat di latih
  • Pastikan sirip ikan cupang tersebut tidak rusak
  • Perhatikan penutup insang dengan baik

Perlu diingat saat kamu memelihara ikan cupang, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Kamu bisa memulainya dengan rajin mengganti airnya dan membersihkan aquarium secara rutin agar Kesehatan ikan cupang tetap terjaga dengan baik.

Artikel Lainnya