Beli Rumah Kini Bukan Cuma Mimpi. Coba Lakukan 5 Hal Ini!

beli rumah idaman sendiri
Waktu baca: 2 menit

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah di usia muda? Mengingat harga rumah yang cenderung mengalami kenaikkan setiap tahunnya, membuat salah satu investasi properti yang satu ini diimpikan oleh banyak orang. Tak terkecuali bagi kamu yang baru mulai meniti karir dengan penghasilan dan tabungan yang belum cukup banyak. Namun, membeli rumah bukan lagi hal yang mustahil. Dengan lima cara ini, kamu bisa segera beli rumah di usia muda. Yuk, simak!

Mengontrol keuangan dengan bijaksana

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bisa segera membeli rumah adalah dengan mengontrol keuangan pribadi secara bijaksana. Setiap bulan, buatlah anggaran kebutuhan hidup sesuai dengan prioritas. Hindari berlebihan dalam membelanjakan uang untuk barang-barang konsumtif yang tidak terlalu diperlukan. Catat seluruh pemasukan dan pengeluaran agar kamu lebih mudah mengontrol keuangan.

Temukan pekerjaan sampingan yang menjanjikan 

Untuk kamu yang memiliki gaji pas-pasan, inilah saatnya untuk menemukan pekerjaan sampingan. Ada banyak pekerjaan freelance yang menjanjikan keuntungan untuk kamu. Mulai dari penerjemah, penulis blog, fotografer, pemandu wisata, hingga berbisnis kecil-kecilan di rumah. Namun, pastikan jadwal pekerjaan sampingan tersebut tidak mengganggu jam kerja utamamu. Lakukan keduanya secara profesional untuk memperoleh pemasukan bulanan yang lebih banyak agar bisa segera membeli rumah.

beli rumah kini bukan cuma mimpi
Kini kamu juga bisa beli rumah dengan dana sendiri! via pexels.com

Menyisihkan sebagian uang untuk investasi

Selain mencari pekerjaan sampingan, kamu juga disarankan untuk menginvestasikan sebagian uang tunai yang dimiliki. Pilih instrumen investasi yang dapat dimulai dengan modal minim, seperti investasi emas, reksa dana, deposito, maupun investasi melalui platform P2P lending yang saat ini juga cukup menjanjikan. Seluruh instrumen investasi tersebut cocok bagi pemula karena tidak memiliki risiko investasi yang tinggi.

Hindari menghabiskan dana untuk tempat tinggal sewaan

Agar bisa segera membeli rumah pribadi, sebaiknya hindari menghabiskan dana yang ada untuk membayar biaya sewa tempat tinggal. Jika memang masih bekerja dalam satu kota dengan orang tua, tak perlu gengsi untuk pindah ke rumah kontrakan, apartemen sewa, maupun rumah kos. Namun, jika terpaksa tinggal jauh dari orang tua sebaiknya pilih lokasi tempat tinggal yang strategis dan dengan biaya sewa terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa menabung lebih maksimal untuk membeli rumah pribadi.

Menjaga reputasi kredit agar bisa beli rumah

Jangan lupa, selain melakukan beberapa poin di atas, kamu juga wajib menjaga reputasi kredit untuk mendapatkan catatan yang baik dari Bank Indonesia (BI). Perlu diketahui, keterlambatan pembayaran cicilan atau tagihan kartu kredit setiap bulannya dapat menurunkan kredibilitas Anda ketika akan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Sebaliknya, dengan catatan kredit yang baik, maka kamu bisa berkesempatan memperoleh persetujuan pinjaman dengan plafon yang lebih besar.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Rumah dengan KPR

Rumah merupakan kebutuhan utama yang perlu diperhatikan dan dijadikan prioritas bagi siapa saja. Untuk itu, apabila kamu sudah memiliki cukup dana untuk membayar DP dan membiayai KPR, maka segera beli rumah sesuai dengan kondisi finansial yang ada. Pastikan kamu sudah melengkapi persyaratan yang berlaku agar pengajuan kredit disetujui. Lakukan survei lokasi terhadap hunian yang akan dibeli untuk mencegah terjadinya penipuan yang justru merugikan kamu.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk segera tinggal di rumah sendiri? Semoga langkah-langkah tadi bisa dengan mudah mewujudkan rumah impianmu menjadi nyata. Good luck!

You may also like...

Leave a Reply