5 Fitur Instagram yang Bisa Dimanfaatkan Agar Produk Laris

Fitur instagram agar produk laris.
Fitur instagram agar produk laris. Photo by @solenfeyissa
Waktu baca: 3 menit

Media sosial saat ini sudah digunakan sebagai tempat untuk berjualan online. Salah satunya ialah instagram. Kini, instagram telah mengembangkan aplikasinya khusus unutk para pebisnis yakni dengan menghadirkan akun bisnis. Fitur instagram ini ada banyak loh apalagi jika dimanfaatkan dengan baik sehingga produk bisnismu bisa laris.

Berikut ini beberapa fitur instagram yang bisa dimanfaatkan agar produk yang kamu jual laris.

Auto reply

Auto reply. Photo by Pexels

Instagram memunculkan kolom komentar untuk jadi tempat komunikasi dengan pelanggan dengan cara membalas atau memberi respon kepada yang berkomentar dalam postingan foto atau video. Namun, jika menggunakan unutk bisnis, kamu biasanya dituntut untuk merespon dengan cepat kepada para pelanggan. Selain itu, sebagai pebisnis online kamu juga harus berkomunikasi dengan followers melalui kolom komentar. Dengan hal itu sudha tentu akan sulit jika kamu membalas komentar secara manual atau membalas satu persatu komen tersebut.

Maka dari itu, kamu bisa memanfaatkan fitur auto reply. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, kamu bisa melakukannya melalui pengaturan pada akun instagram bisnismu. Dengan menggunakan fitur tersebut, kamu bisa sangat terbantu untuk memberi respon secara cepat kepada setiap pelanggan.

Instastory

Fitur instastory. Photo by Pexels

Salah satu fitur menarik lainnya ialah instagram stories atau biasa disebut dengan instastory. Meski durasi penyimpanan hanya 24 jam, namun instastory dapat dilengkapi dengan beberapa hiasan seperti stiker sehingga tampilan instastory itu menjadi lebih menarik. Dengan begitu bisa jauh lebih mendukung untuk digunakan dalam mengembangkan bisnis atau meningkatkan penjualan produkmu.

Instastory ini juga memiliki banyak fitur yang mempermudahkan kamu berkomunikasi dengan followers atau pelanggan, seperti Q and A atau polling untuk survey bisnismu. Tampilan instastory yang berbentuk slide ini harus kamu gunakan dengan semaksimal mungkin. Dengan begitu, pengunjung akun bisnismu dapat meningkat pesat.

Baca juga: Begini Cara Promosi Melalui Instagram Agar Jualan Laris

Insight

Fitur instagram agar produk laris.
Insight di instagram. Photo by @georgiadelotz

Insight pada instagram bisnis dapat memudahkanmu untuk bisa mengamati performa akun bisnismu setiap harinya. Insight bisa digunakan untuk menganalisis bagaimana konten atau produk yang kamu jual, variasi umur dan gender yang sering mengunjungi profil akun instagram bisnis milikmu. Dengan laporan ini, kamu bisa jadikan sebagai bahan evaluasi. Setelah sudah tahu, maka kamu bisa memperbaiki konten atau pemasaran seperti apa yang cocok untuk menarik daya beli pelanggan.

Siaran langsung atau live

Fitur instagram agar produk laris.
IG live. Photo by Pexels

Fitur live atau siaran langsung dapat diandalkan untuk menarik perhatian para followers. Dengan fitur ini, kamu bisa membahas seputar bisnis yang sedang dijalankan, review produk yang dijual, hingga tanya jawab secara langsung dengan para calon pelanggan. IG live ini juga berguna untuk membantumu menjalin kedekatan dengan pelanggan loyalmu dengan cara interaksi langsung sehingga bisa meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnismu.

Tagar atau hashtag

Hashtag. Photo by Pexels

Tagar atau biasa disebut dengan hashtag sangat erat berkaitan dengan instagram. Banyak yang menggunakan hashtag sebagai salah satu judul atau kata kunci dalam pencarian di instagram. Tagar ini dapat membantu calon pelanggan lebih mudah dalam mencari akun bisnis atau produk yang kamu jual. Maka dari itu, kamu perlu membuat tagar yang untuk khusus untuk bisnismu.

Tidak perlu banyak dalam memasang tagar karena itu dapat mengganggu pengguna lain dan tidak akan efisien. Cukup gunakan dua atau tiga hashtag khusus untuk bisnismu.

Demikianlah fitur instagram yang dimanfaatkan agar produk yang kamu jual laris. Kamu harus dapat memanfaatkan fitur tersebut dengan maksimal ya TemanKlik agar dapat mengundang banyak calon pembeli dan jualanmu bisa laku keras.

Mungkin Anda juga menyukai