Begini Cara Promosi Melalui Instagram Agar Jualan Laris

Cara promosi melalui instagram agar laris.
Cara promosi melalui instagram agar laris. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Saat ini sudah banyak orang yang memulai bisnis dengan jualan secara online atau orang yang melakukan migrasi dari yang tadinya jualan secara offline lalu kini jualan online. Hal itu wajar saja mengingat saat sudah banyak platform yang mendukung pengusaha untuk menjalankan bisnisnya secara online.

Baca juga: Inilah Tahapan Perpindahan Bisnis dari Offline ke Online

Meski sudah berjualan secara online, pengusaha pasti tidak akan lupa untuk melakukan promosi. Kebanyakan orang memilih Instagram sebagai media untuk promosi akun jualannya. Tujuannya agar lebih banyak orang yang melihat unggahan tersebut. Selain itu, pengusaha juga bisa memilih target audience yang diinginkan dan sesuai dengan barang yang dijualnya. Dengan begitu, bisnis yang dijalankan bisa tepat sasaran dan pasti makin laris.

Nah, bagi kamu yang ingin membuka bisnis online, berikut cara promosi melalui instagram agar jualan yang kamu jalankan bisa laris dan menghasilkan keuntungan sesuai keinginan.

Mengubah profil jadi akun bisnis

Ubah akun jadi akun bisnis.
Ubah akun jadi akun bisnis. Photo by @benkolde

Cara pertama untuk memulai promosi melalui instagram ialah mengubah profil instagram jadi akun bisnis. Hal itu dilakukan agar bisa memanfaatkan instagram ads yang sudah disediakan. Berikut cara-cara mengubah profil jadi akun bisnis:

  • Klik tomblo “Setting” yang terletak di bagian kanan atas profil kamu.
  • Tekan menu “Account
  • Lalu, pilih “Switch to Business Account” pada bagian bawah
  • Setelah itu, kamu akan dialihkan ke halaman “Describes You“. Di halaman tersebut ada dua pilihan yakni “Creator” untuk public figure atau influencer, dan “Business” untuk akun jual beli.
  • Pilih kategori yang sesuai dengan akun instagrammu
  • Setelah itu profil kamu akan berubah jadi akun bisnis

Siapkan foto unggahan dan caption yang menarik

Pilih foto yang menarik.
Pilih foto yang menarik. Photo by Pexels

Setelah akun instagram berubah jadi akun bisnis, sekarang saatnya kamu untuk menyiapkan foto unggahan dan caption yang menarik. Usahakan membuat caption yang menggambarkan jualanmu. Hal itu tentunya agar saat orang melihat, mereka akan tertartik dan lantas akan mengunjungi profil instagram milikmu.

Klik tombol promote pada foto

Lakukan promosi.
Lakukan promosi untuk menambah jumlah like. Photo by Pexels

Setelah foto maupun video sudah kamu unggah, maka akan muncul tombol “Promote” pada bagian bawah kanan unggahan tersebut. Tekan tombol tersebut untuk mempromosikan unggahan itu dan kamu akan dialihkan langsung ke halaman promote.

Tentukan tujuan promosi

Setelah sudah berada di halaman promote, kamu akan diminta untuk menentukan tujuan promosi yang akan kamu lakukan. Terdapat tiga pilihan yang bisa disesuaikan dengan tujuanmu, yaitu:

  • Your profile, dipilih jika kamu ingin lebih banyak orang mengunjungi profil instagrammu.
  • Your website, dipilih jika kamu ingin orang langsung mengunjungi website yang kamu miliki.
  • Your direct message, dipilih jika kamu ingin orang-orang langsung mengirim pesan melalui direct message saat ingin membeli barangmu.

Pilih target audience yang diinginkan

Selanjutnya, pilihlah target yang sesuai dengan produk jualanmu. Kamu bisa memilihnya mulai dari regional hingga lokal, interest, umur, dan jenis kelamin. Namun jika masih bingung, kamu bisa memilih kolom “Automatic” nantinya pihak instagram akan menentukan target audience untuk produkmu.

Pilih budget dan durasi yang diinginkan

Tentukan budget yang diinginkan.
Tentukan budget yang diinginkan. Photo by @sharonmccutcheon

Kemudian kamu akan dialihkan ke halaman “Budget & Duration“. Pada halaman tersebut, kamu bisa memilih berapa uang yang ingin kamu keluarkan serta jangka waktu iklan tersebut tayang. Adapun untuk budget yang tersediah bisa dibilang murah dan bermacam-macam, mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 10 juta dengan durasi satu hingga 30 hari. Nantinya, di halaman ini kamu juga akan melihat perkiraan reach yang didapatkan.

Preview promotion

Selanjutnya ialah melakukan preview promosi secara keseluruhan dengan klik tombol “Preview Promotion“. Dengan klik tombol tersebut, kamu akan melihat tampilah promosinya yang terbai jadi dua yakni feed dan story. Selain itu, kamu juga akan melihat rincian dari promosi yang dilakukan, seperti destination, target audience, budget & duration.

Lakukan pembayaran

Setelah semua selesai dan sudah sesuai dengan keinginanmu, selanjutnya kamu tinggal melakukan pembayaran atau payment. Ada beberapa pilihan pembayaran, di antaranya ialah menggunakan kartu kredit dan transfer bank.

Jika sudah melakukan pembayaran, hal yang harus dilakukan selanjutnya ialah klik tombol “Create Promotion” yang ada di bagian bawah. Setelah itu, promote melalui instagram pun selesai dan kamu tinggal menunggu approve dari pihak instagram. Setelah promosi berjalan, kamu bisa melihat perkembangan dari promosi yang kamu jalankan dengan menekan klik “Promote” yang ada di halaman profil kamu.

Itulah cara dan langkah yang dilakukan untuk promosi usaha online melalui instagram agar laku keras. Namun perlu diingat, mulai tahun ini semua bisnis online wajib memiliki izin usaha. Maka dari itu, selain mengurus promosi, kamu juga harus segera mengurus izin usaha agar bisnismu makin terpercaya.

Mungkin Anda juga menyukai