4 Investasi Pilihan Bagi Kamu yang Punya Duit Rp 1 Juta

Investasi duit Rp 1 Juta
Jenis investasi untuk orang yang punya duit Rp 1 juta. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Investasi saat ini menjadi trending topic di kalangan masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan semakin mudahnya orang untuk mendapatkan informasi terkait investasi. Meski begitu, masih banyak yang belum memahami dengan pasti apa itu investasi dan jenis-jenisnya. Malah terkadang orang-orang bingung untuk investasi di mana saat punya duit Rp 1 juta.

Sebab, uang segitu dianggap terlalu sedikit untuk memulai investasi. Makanya, banyak yang lebih memilih hanya menimbun uang terlebih dahulu baru memulai investasi. Padahal, saat ini sudah banyak jenis investasi yang bisa dimulai tanpa harus butuh modal awal yang besar. Bahkan, dengan Rp 50.000 saja kamu sudah bisa berinvestasi loh.

Berikut ini jenis investasi yang bisa kamu pilih saat kamu memiliki duit Rp 1 juta.

Saham

Saham salah satu investasi duit 1 juta
Investasi saham. Photo by @chrisliverani

Banyak yang berpikir bahwa investasi saham bisa dilakukan oleh perusahaan atau pebisnis kaya raya karena harus menyetorkan dana hingga puluhan juta. Namun, saat ini sudah banyak lembaga atau platform yang membantumu untuk memulai investasi saham dengan modal Rp 100 ribu saja. Maka dari itu, bagi kamu yang punya modal Rp 1 juta sangat cukup digunakan untuk mulai berinvestasi saham.

Sebelum memulai investasi saham, kamu harus membuat akun rekening efek terlebih dahulu. Pembuatan rekening efek bisa dilakukan di bank sekuritas seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, MNC Sekuritas, dan lain sebagainya. Bagi yang sibuk, kamu juga bisa membuat rekening efek secara online. Selain mudah, pendaftaran online juga tidak butuh waktu yang lama.

Reksa dana

Investasi reksa dana.
Investasi reksa dana. Photo Pixabay

Reksa dana adalah jenis investasi yang mana uang disetorkan dan dikelola oleh pihak pengelola investasi atau manajer investasi. Setiap institusi memberikan nominal tabungan reksa dana yang berbeda-beda. Namun, sebagian besar kamu cukup memberikan nominal minimal di bawah Rp 1 juta. Terlebih lagi sudah banyak platform online yang membantumu untuk investasi reksa dana.

Reksa dana memiliki empat jenis yaitu reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, dan reksa dana campuran. Tiap-tiap reksa dana memiliki risiko dan keuntungan tersendiri. Jadi saat memilih investasi reksa dana ini kamu harus pintar memilih jenis yang diinginkan. Dan yang perlu diingat ialah semakin besar investasi ama semakin tinggi kerugian dan keuntungannya.

Emas

Investasi emas.
Investasi emas. Photo by Pexels

Investasi selanjutnya yang bisa dilakukan dengan modal Rp 1 juta ialah investasi emas. Meski keuntungan terbilang kecil, investasi emas ini memiliki risiko kerugian yang rendah. Selain itu, harga emas juga stabil dan cenderung naik sehingga bisa menjadi salah satu jenis investasi yang aman.

Baca juga: Inilah Alasan Milenial Cocok untuk Investasi Emas

Peer to Peer (P2P) Lending

Peer to Peer (P2P) Lending.
Peer to Peer (P2P) Lending. Photo by Pixabay

Peer to Peer (P2P) Lending merupakan jenis investasi selain yang sudah disebutkan di atas bagi kamu yang punya modal Rp 1 juta. Melalui P2P Lending, kamu akan memberikan pinjaman kepada orang atau lembaga lain dan nantinya kamu akan mendapatkan imbal hasil yang lumayan.

Saat ini, sudah banyak platform P2P Lending yang ada di Indonesia. Meski begitu, kamu harus berhati-hati dalam memilih platform yang ada tersebut. Sebab, saat ini masih banyak platform yang ilegal dan tidak sesuai dengan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bagi kamu yang tertarik untuk memulai investasi atau pendanaan di P2P Lending, kamu bisa memilih KlikCair. Tak perlu khawatir, KlikCair saat ini sudah terdaftar di OJK loh. Selain itu, KlikCair memiliki misi untuk menumbuhkan perekonomian yang lebih inklusif melalui pemberdayaan UMKM.

Nah itulah beberapa jenis investasi untuk kamu yang punya duit Rp 1 juta. Yuk segera mulai berinvestasi untuk masa depan yang lebih baik.

Mungkin Anda juga menyukai