Inilah Alasan Milenial Cocok untuk Investasi Emas

Trend Milenial Investasi Emas
Waktu baca: 3 menit

Selama ini, milenial dikenal sebagai generasi yang suka menghambur-hamburkan uang untuk foya-foya. Dari mulai nongkrong di restoran atau kafe yang mahal sampai menuruti trend fashion terkini agar tetap tampil stylist. Hal itu membuat milenial susah menabung, apalagi untuk berinvestasi. Padahal, jika mereka menabung dan berinvestasi, ke depannya pasti akan menguntungkan.

Terlebih jika milenial mau investasi emas. Dengan investasi emas yang tengah menjadi primadona, banyak kalangan yang mencoba investasi tersebut. Hal itu dikarenakan saat berinvestasi emas, keuntungan yang didapat lebih banyak.

Nah sebenarnya, apa saja sih keuntungan investasi emas sehingga dianggap cocok dengan milenial? Berikut penjelasannya.

Mudah dicairkan

Mudah dicairkan
Investasi emas mudah untuk dicairkan. Photo by Rawpixel

Emas adalah satu jenis investasi yang mudah untuk dicairkan daripada model investasi lain seperti saham, deposito berjangka, obligasi, atau bahkan logam mulia lainnya. Karena sifat tersebut, emas adalah aset yang bisa dicairkan untuk kebutuhan darurat. Terlebih dengan investasi emas, aset yang anda investasikan akan aman. Namun jangan sampai semua uangmu digunakan untuk investasi emas ya.

Punya risiko minim

Investasi emas dikenal sebagai instrumen investasi yang memiliki risiko minim. Hal itu dikarenakan harga emas tidak terlalu agresif daripada instrumen lainnya. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir nilai emasmu menurun saat ekonomi bergejolak atau rupiah anjlok. Apalagi, bisa dikatakan emas adalah salah satu instrumen yang cenderung stabil dari zaman dulu hingga saat ini.

Baca juga: Tips Investasi Sesuai dengan Tipe Investor

Mudah dilakukan

Saat ini, memang berinvestasi bisa dikatakan mudah untuk dilakukan. Namun, dari sekian banyak instrumen investasi, tetap emas jadi yang paling mudah untuk dilakukan karena platform penyedianya lebih beragam. Dari mulai e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak, bahkan Pegadaian pun kini menyediakan menu untuk investasi emas.

Tak perlu dipantau terus

Tidak perlu pantau
TIdak perlu dipantau saat investasi emas. Photo by Pexels

Kalau sudah memutuskan berinvestasi emas, kamu tidak perlu memantau pergerakan harganya terus menerus. Cukup simpan dalam jangka waktu yang lama, dijamin investasi ini akan menghasilkan. Ingat, investasi emas ini bukan untuk investasi jangka pendek. Karena harga emas ini sifatnya flukuatif dalam jangka pendek.

Baca juga: Alasan Naik Turunnya Harga Emas yang Harus Kamu Ketahui

Maka dari itu, kamu jangan buru-buru menjual karena belum tentu sudah menghasilkan keuntungan. Sementara, jika jangka panjang, harga emas selalu naik jauh melampaui tingkat inflasi. Jadi, biarkan saja emasmu berkembang dalam waktu yang lama.

Tidak butuh modal besar

Modal besar
Investasi emas tidak butuh modal besar. Photo by Pixabay

Investasi emas bisa dilakukan dengan modal terbatas. Kamu bisa menyisihkan sebagian kecil dari penghasilanmu untuk membeli emas. Apalagi sekarang emas juga bisa dibeli dengan cara dicicil. Banyak perusahaan jual beli emas yang menawarkan program cicilan emas. Tinggal pilih saja kamu mau ukuran emas yang ingin kamu beli lalu cicil sesuai dengan budget yang tersedia.

Itulah beberapa alasan milenial cocok investasi emas. Nah, selain investasi emas, ada juga investasi yang cocok untuk milenial. Investasi itu ialah investasi peer to peer lending. Jadi, ayo berinvestasi agar tuai keuntungan di masa yang akan datang.

You may also like...

Leave a Reply