Cara Investasi Emas di Pegadaian Kini Semakin Dipermudah

Cara Investasi Emas di Pegadaian
Cara Investasi Emas di Pegadaian Kini Semakin Dipermudah. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Emas masih menjadi jenis investasi yang paling banyak diburu meskipun ada jenis investasi lainnya. Misalnya reksadana, saham, dan yang sedang banyak dibicarakan cryptocurrency.

Mungkin kamu bertanya mengapa emas masih menjadi pilihan yang cukup banyak orang ambil untuk investasi. Jawabannya bisa berbeda-beda. Akan tetapi, secara umum, investasi pada emas itu sangat menguntungkan. Harga emas rata-rata naik meskipun tidak begitu signifikan jika dibandingkan dengan misalnya saham atau kripto.

Di sisi lain, risiko berinvestasi emas sangat kecil. Artinya, risiko rugi itu sangat jarang dialami oleh investor. Bahkan, bisa dikatakan tidak ada risiko lantaran harga emas terus naik.

Makanya, tak aneh jika para investor pemula akan menaruh uangnya untuk membeli emas. Apalagi sekarang cara investasi emas di pegadaian semakin mudah. Kamu tidak perlu datang ke pegadaian. Cukup gunakan smartphone saja.

Penasaran bagaimana cara berinvestasi emas di pegadaian?

Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

Membuka tabungan emas di Pegadaian. Photo by Pegadaian

Pegadaian sudah lama dikenal sebagai tempat transaksi emas. Dulu, mungkin lebih banyak orang yang menjadikan pegadaian sebagai tempat gadai emas. Sekarang, justru lebih banyak lho orang yang datang ke sana untuk beli atau menabung emas. Asal kamu tahu saja. Jika kamu belum bisa membeli emas batangan karena belum cukup modal, sekarang sudah ada sistem tabungan emas. Jadi, ibaratnya kamu mencicil uang untuk akhirnya nanti kamu bisa membeli emas batangan. Menarik, bukan?

Sebelum membahas lebih jauh sampai ke sana, kamu harus tahu dulu bagaimana cara membuka tabungan emas. Ada dua cara yang bisa kamu pilih. Yang pertama, kamu datang saja ke kantor pegadaian di kota setempat. Katakan pada petugas bahwa kamu ingin membuka tabungan emas. Petugas akan meminta kamu untuk mengisi formulir pendaftaran dan uang awal menabung emas.

Cara yang kedua adalah pendaftaran online. Kamu perlu mengunduh aplikasi pegadaian di Playstore atau di Appstore. Unduh lalu instal. Kemudian, silakan kamu isi formulir pendaftaran online.

Jika sudah mendaftar, kamu bisa mulai menabung. Setiap uang yang kamu tabung akan dikonversi menjadi emas sesuai dengan harga sewaktu kamu menabung. Jadi, kamu tidak perlu menunggu hingga uang kamu banyak dan cukup untuk membeli batangan. Cukup fokus menabung secara konsisten. Itu saja.  

Baca juga: Begini Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian dan Keuntungannya

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Cara menabung emas. Photo by Pixabay

Lalu, bagaimana cara menabung? Sebenarnya, kamu bisa datang ke kantor pegadaian untuk menyerahkan uang tabungan. Namun, ini cara lama. Akan lebih cepat jika kamu menggunakan cara menabung emas secara online.

Bagaimana caranya? Kamu bisa lho menambah tabungan emas di pegadaian melalui ATM. Tenang saja. Hampir semua bank sudah bekerja sama dengan pegadaian untuk mempermudah masyarakat saat menabung emas. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu ATM kamu
  • Masukkan PIN
  • Pilih pembayaran
  • Masukkan kode pegadaian, yaitu 8054
  • Masukkan nomor pelanggan, yaitu nomor yang kamu dapatkan setelah kamu registrasi di pegadaian
  • Tekan OK atau benar

Secara otomatis, tabungan emas kamu di pegadaian bertambah. Kamu bisa cek penambahan tabungan tersebut melalui aplikasi pegadaian yang sudah kamu install di smartphone.

Nah, itulah cara investasi emas di pegadaian. Naikkan terus jumlah tabungan. Dan ketika sudah memenuhi syarat, kamu bisa gunakan uang tersebut untuk membeli emas batangan.

Kenapa harus emas batangan? Karena harga emas batangan itu tinggi dan naik signifikan. Emas yang sudah berupa batangan tersebut bisa kamu simpan sendiri di rumah atau kamu titipkan di pegadaian. Mudah, bukan? 


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai