4 Hal yang Dilakukan Agar Kondisi Finansial Aman

Kondisi finansial aman.
Kondisi finansial aman. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Di masa pandemi seperti saat ini, ada sejumlah negara yang terdampak dan mengalami resesi. Hal itu juga bisa saja menimpa Indonesia jika pada kuartal III 2020 pertumbuhan ekonomi masih di level negatif. Apalagi, sudah muncul penanda utama resesi yakni penurunan ekonomi dan berkurangnya perdagangan dan aktivitas industri. Maka dari itu,untuk bersiap menghadapinya kamu harus melakukan beberapa hal agar kondisi finansial aman.

Berikut ini 4 tips yang bisa dilakukan agar kamu bersiap dalam menghadapi resesi dan kondisi finansial tetap aman.

Berhemat

Berhemat. Photo by Fox Business

Hemat bukan berarti pelit. Di masa pandemi yang belum tahu pasti kapan berakhir ini, hemat keuangan sangat penting. Hal itu dilakukan untuk menghadapi kondisi perekonomian yang bisa jadi lebih seret dari yang terjadi saat ini. Maka dari itu, beberapa pos keuangan yang tidak terlalu penting harus ditunda terlelbih dahulu. Utamakan pada kebutuhan-kebutuhan pokok seperti makan sehari-hari. Usahakan untuk memasak makanan sendiri agar lebih hemat.

Baca juga: 4 Tips Manajemen Keuangan Usaha Kecil

Siapkan dana darurat

Kumpulkan dana darurat.
Kumpulkan dana darurat. Photo by Pexels

Tidak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Banyak kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, bisa saja baik bisa juga buruk. Nah, untuk menghindari kemungkinan buruk seperti sakit, kecelakaan, PHK, kematian, dan peristiwa lain yang bersifat mendadak, maka kamu perlu menyiapkan dana darurat. Sebaiknya, dana darurat yang disiapkan ialah dana yang mudah dicairkan untuk mengantisipasi pengeluaran tidak terduga.

Beli produk lokal dan UMKM

Jenis usaha BUMDes
Beli produk lokal dan UMKM. Photo by Fancycrave

Salah satu langkah yang dilakukan untuk menopang pertumbuhan ekonomi di saat terancam resesi seperti saat inilah membeli produk lokal dan UMKM. Dengan membelinya, akan berdampak langsung pada masyarakat karena sektor UMKM ini sangat mendasar dan sudah menyentuh level paling bawah dalam perekonomian. Dengan begitu, meski aktivitasi perdagangan dan industri skala besar menurun, tapi ekonomi di level bawah masih ada pergerakan. Selain itu, dengan membeli produk lokal dan UMKM maka secara tidak langsung sudah menopang keberlanjutan masyarakat sehingga berpotensi untuk menumbuhkan ekonomi nasional.

Melakukan investasi

Kondisi finansial aman
Investasi. Photo by Republika

Investasi perlu dilakukan kapan saja, tidak harus saat menghadapi ancaman resesi seperti saat ini. Namun, biasanya malah banyak investor yang cemas saat akan menghadapi kondisi resesi. Sebenarnya, di sisi lain bisa mendatangkan peluang besar untuk investor meraih keuntungan.

Salah satu investasi yang tetap menarik di kala kondisi resesi ialah investasi di pasar modal mulai dari reksadana dan saham. Untuk reksadana, kamu bisa berinvestasi di reksadana uang dan reksadana pendapatan tetap karena risiko yang tidak terlalu besar. Adapun untuk saham, tentu penting untuk lebih memperhatikan saham-saham bluechip.

Demikianlah hal-hal yang bisa dilakukan agar kondisi finansial aman jelang hadapi resesi. Yuk segera terapkan hal-hal di atas TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai