5 Cara Hemat Atur Keuangan di Bulan Ramadan

hemat atur keuangan ramadan
5 Cara Hemat Atur Keuangan di Bulan Ramadan. Photo by Pexels
Bagikan:

Waktu baca: 2 menit

Banyak orang yang berpikir saat bulan Ramadan pengeluaran akan lebih hemat karena hanya makan sahur dan berbuka puasa saja. Namun nyatanya tidak seperti itu TemanKlik! Sebab, pengeluaran bisa lebih besar dari bulan-bulan biasanya lho. Nah maka dari itu, kamu perlu tahu cara hemat atur keuangan di bulan Ramadan yang suci ini ya.

Cara Hemat Atur Keuangan di Bulan Ramadan

Merancang arus keuangan.
Hemat atur keuangan. Photo by Pexels

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pengeluaran selama bulan Ramadan jauh lebih besar. Dari mulai kebutuhan untuk sahur dan berbuka puasa, undangan berbuka bersama dari teman-teman, hingga belanja yang harus dilakukan menjelang lebaran. Jika kamu tidak pandai dalam mengatur keuangan, bisa-bisa terjadi pembengkakan biaya selama bulan Ramadan.

Agar pengeluaran selama bulan Ramadan tetap terkontrol dan bebas dari pemborosan, ada beberapa tips hemat untuk atur keuangan di bulan Ramadan.. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Buat daftar menu berbuka dan sahur selama sebulan penuh

Buka puasa dan sahur merupakan kegiatan yang wajib dilakukan di bulan Ramadan ini. Maka dari itu, agar lebih mudah mengatur keuangan dan menu apa saja yang akan dikonsumsi selama bulan Ramadan, yuk buat daftar menu untuk buka puasa dan sahur untuk satu bulan puasa.

Selain itu, kamu bisa memudahkan untuk menghitung berapa besar pengeluaran yang diperlukan agar sesuai dengan kebutuhan selama bulan Ramdan.

Baca juga: 5 Spending Habits yang Bikin Keuangan Sehat

  • Tahan diri untuk tidak belanja saat sedang lapar

Sangat disarankan untuk tidak berbelanja saat sedang merasa lapar. Pasalnya, hal itu akan membuat orang cenderung lebih lapar mata. Hal itu membuatmu menjadi membeli atau belanja makanan sebanyak-banyaknya untuk memasukan rasa lapar itu. Padahal apa yang dibutuhkan untuk berbuka puasa tidaklah banyak. Hal itu pasti akan mubazir dan buang-buang uang bukan?

  • Kurangi pemakaian kartu kredit

Kartu kredit hanya berfungsi sebagai alat pembayaran saja, bukan sebagai penghasilan tambahan yang bisa digunakan sesuka hati. Oleh karena itu, jika penggunaannya kurang bijak maka dapat mengakibatkan konsekuensi finansial yang berat di masa depan.

Sehingga, jika memiliki niat untuk belanja di bulan Ramadan, usahakan untuk tidak menggunakan kartu kredit, atau setidaknya dikurangi pemakaiannya. Pastikan untuk menabung lebih dulu.

  • Kurangi keinginan ngabuburit dan buka puasa di luar

Agar lebih menghemat pengeluaranmu saat bulan puasa, pastikan untuk membatasi keinginan buka puasa atau ngabuburit di luar rumah. Oleh karena itu, kebiasaan ini cenderung membuat pengeluaran jadi lebih boros. Terlebih jika memilih buka puasa di restoran.

Saat ngabuburit dan buka puasa di luar, tentu kamu tidak hanya ingin makan saja. Pasti ada rasa ingin mampir untuk belanja, apalagi sedang banyak diskon. Hal itulah yang bisa membuat jiwa konsumtifmu semakin diuji.

  • Cermat saat ikut buka bersama

Di bulan puasa ini biasanya akan dimanfaatkan sebagai ajang untuk silaturahmi dengan kerabat dekat maupun jauh melalui buka bersama. Akan tetapi biasanya saat mengikuti acara tersebut pengeluaran bisa membengkak. Karena itulah, usahakan untuk mengatur anggaran sebelum berangkat buka bersama.

Demikian cara hemat atur keuangan di bulan Ramadan. Yuk segera lakukan cara-cara di atas. Tidak ada kata terlambat untuk mengubah kebiasaan boros di bulan Ramadan. Dan jangan lupa hindari kebiasaan boros tersebut ya TemanKlik!


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai