Bantuan Bisnis Online untuk Inspirasi Usaha Kecil Menengah

Inspirasi usaha kecil menengah.
Bantuan untuk inspirasi usaha kecil menengah. Photo by Pixabay
Waktu baca: 3 menit

Saat ini sudah banyak berkembang inspirasi usaha kecil menengah yang menjamur dan beromzet cukup lumayan. UMKM sedang digalakkan demi menaikkan taraf kesejahteraan masyarakat kelas menengah yang tidak memiliki keahlian. Dari UMKM yang dimodali oleh pemerintah maka masyarakat dengan modal pas-pasan bisa membuka lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkan.

Ketika model pemasaran jadul sudah mulai ditinggalkan karena kini banyak sekali aplikasi pendukung cara berbisnis yang baik yang dibuat maka tak ada salahnya jika belajar untuk aplikasi bisnis.

Website

membuat website
Mermbuat website untuk bisnismu bisa menunjukkan betapa profesionalnya bisnis yang kamu jalani. Photo by @campaign_creators

Membuat website dengan bantuan wordpress adalah sebuah jalan pintas yang kini tren dan banyak diminati pengusaha pemula. Dari website semua orang di dunia akan tahu tentang bisnis apa yang sedang berjalan. Ada jasa pembuatan website yang menyediakan harga murah hingga mahal dengan suport kata kunci atau keyword untuk menaikkan website di halaman utama google. Orang akan lebih percaya jika kamu membuat website bisnis karena dirasa bergengsi dan terpercaya bahwa tempat usaha ini nyata.

Google Bisnisku

Google My Business untuk solusi bisnis anda
Google My Business. Photo by corporateconversions

Fitur google bisnisku adalah sebuah kolom yang sengaja dibuat untuk menyediakan lahan penjualan dan pembelian siapa saja yang mau bergabung. Jika kamu masih bingung maka google bisnisku akan memberikan jawaban atas apa yang menjadi kebingungan. Google bisnisku merancang hubungan dengan banyak pihak di semua area.

Baca juga: Ini Ide Usaha Kecil-kecilan yang Cocok untuk Anak Muda

Whatsapp Bisnis

Inspirasi usaha kecil menengah.
Manfaatkan whatsapp. Photo by @mbaumi

Aplikasi ini berkembang tidak hanya untuk chat pribadi saja namun juga bisa dipakai untuk chat bisnis. Dalam fiturnya pemilik bisnis wajib memasukkan kode verifikasi agar tidak disabotase oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Jika kamu memakai aplikasi ini akan lebih mudah karena semua orang terhubung dengan smartphone dengan aplikasi ini.

Aplikasi Laporan Keuangan

Inspirasi usaha kecil menengah.
Aplikasi laporan keuangan. Photo by Antara

Beberapa aplikasi laporan keuangan seperti lamikro, jurnal, sleekr akan mengatur semua proses keuangan dari usaha yang kamu jalankan. Asalkan kamu masukkan angka sesuai dengan jumlah nyata, karena ini berhubungan dengan sistem maka semua bisa dikendalikan. Untuk aplikasi gratis kamu bisa memakai lamikro, sedangkan aplikasi berbayar memakai jurnal atau sleekr.

Aplikasi POS

Inspirasi usaha kecil menengah.
Aplikasi POS. Photo by @impatrickt

POS (Poin Of Sale) adalah aplikasi untuk toko yang nyata sebagai pengganti kasir artinya kamu tidak perlu turun tangan dalam menerima uang. Cukup menunggu transaksi dari pembeli dan nantinya aplikasi ini akan terhubung dengan komputer dan disimpan agar data valid.
Ada beberapa hal yang harus kamu amati dan pelajari dari tahun ke tahun yaitu kepekaan usaha (objek usaha), sasaran yang akan dicapai, media untuk promosi yang tren (online) dan mengatur keuangan di masa datang. Jangan sampai kamu membuka usaha namun salah sasaran dan tidak strategis dalam pemilihan tempat. Semua perlu kematangan dan pengalaman agar tidak merugi dan tetap eksis.

Itulah beberapa hal yang bisa membantu dalam menjalankan inspirasi usaha kecil menengah yang sudah kamu pikirkan. Semoga menambah wawasanmu.

Mungkin Anda juga menyukai