Usaha Konveksi Sebagai Peluang Bisnis yang Menjanjikan

ilustrasi bisnis konveksi
Usaha Konveksi Sebagai Peluang Bisnis yang Menjanjikan. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Bisnis konveksi merupakan bidang usaha yang memproduksi pakaian dengan jumlah yang banyak atau massal. Namun, adakah peluang yang menjanjikan jika ingin memulai usaha konveksi? Apa yang harus diperhatikan sebelum memulai usaha konveksi? Dan bagaimana tantangan kedepannya? Mari simak artikel berikut.

Baca Juga: Kenapa Model Jualan Sistem PO Kian Diminati? Yuk Cari Tahu Alasanya

Peluang Usaha Konveksi

Pakaian memang kebutuhan dasar setiap individu, tetapi banyak sudut pandang mengenai pakaian ini sendiri lho! Pakaian selalu berevolusi dari masa ke masa. Tidak hanya sebagai kebutuhan dasar, namun sebagai media mengekspresikan diri dan wadah berkreatifitas. Karena pakaian dinilai selalu berkembang dan tidak pernah mati, hal ini dimanfaatkan untuk berbisnis.

Peluang berbisnis di industri pakaian memiliki potensi yang cukup menjanjikan, khususnya di Indonesia. Produk-produk lokal beberapa tahun belakangan ini sangat naik pesat. Dari segi kualitas tidak kalah saing dengan produk dari luar negeri. Dan saat ini masyarakat lebih cenderung membeli produk-produk lokal.

Permintaan pasar yang banyak menyebabkan barang yang di produksi juga harus banyak. Bisnis konveksi memiliki peran yang besar. Banyak clothing line lokal yang berkerja sama dengan usaha konveksi. Hal ini agar produksinya mencapai target.

Dengan berbagai kondisi saat ini, peluang usaha konveksi terlihat menjanjikan. Anggap saja kamu berkerja sama dengan clothing line lokal. Kamu akan mendapatkan pesanan rutin tiap bulannya. Selain itu kamu juga tetap bisa menerima pesanan secara mandiri. Sebagai contoh, di saat perusahaan atau individu membutuhkan seragam dengan jumlah yang banyak.

Tidak hanya itu, jenis pakaian juga banyak jenisnya. Mulai dari jaket, kaos, kerudung, kaos kaki, mukena dan lainnya. Jadi kamu bisa menerima pesanan dengan berbagai macam jenisnya.

Saat berpikir untuk memulai usaha konveksi, tidak usah khawatir akan tempat. Saat ini banyak usaha konveksi yang dijalankan dirumah. Modal yang dikeluarkan juga menjadi lebih sedikit.

Tips Menjalankan Usaha Konveksi

Sebelum kamu memulai merintis usaha konveksi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Hal ini agar usaha konveksimu dapat mencapai target sesuai dengan keinginan.

  • Menentukan produk yang akan di produksi

Langkah awal dalam berbisnis konveksi adalah menentukan produk apa yang akan di produksi. Begitu luasnya jenis pakaian membuat pilihan mu beragam. Tentukan terlebih dahulu kamu ingin memproduksi pakaian wanita atau pria. Atau kamu fokus menerima jenis pakaian seperti kaos. Bisa juga kamu hanya menerima produk pakaian anak-anak dan berbagai macamnya. Tapi bukan berarti kamu tidak bisa menerima segala macam produk ya. Tentu saja bisa! Tapi pastikan terlebih dahulu kapasitas dan kesanggupan kamu dalam memproduksi.

  • Menyiapkan modal

Ini sudah menjadi hal paling dasar dalam berbisnis. Semuanya memang membutuhkan modal. Berbicara masalah modal, semua kembali lagi dengan tujuan usaha kamu.

Apakah kamu ingin membuka usaha konveksi yang besar? Memperkerjakan banyak orang? Dan menerima segala jenis pakaian untuk kamu produksi?

Atau kamu ingin membuka usaha konveksi dengan skala kecil terlebih dahulu? Membuat konveksi rumahan dan hanya menerima jenis pakaian tertentu?

Semua pilihan ada denganmu. Modal mengikuti bagaimana rencanamu kedepannya.

  • Menentukan tempat produksi

Dalam menjalankan usaha konveksi, produk yang akan kamu hasilkan juga berjumlah tidak sedikit. Ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu tempat produksi.

  • Menentukan jenis produk dan bahan

Penting untuk kamu perhatikan! Tidak hanya menyentuh target kuantitas, tetapi kualitas juga harus diperhatikan. Kualitas bahan sangatlah penting. Jika produkmu berkualitas tentunya konsumen akan lebih percaya terhadap usahamu.

  • Melakukan strategi pemasaran dengan cara B2B (Business-to-Business)

Startegi pemasaran sangat penting untuk perkembangan usahamu. Kamu dapat menggunakan strategi B2B (Business-to-Business). Strategi ini dilakukan dengan cara menjual produk kamu kepada perusahaan atau penjualan kepada masyarakat umum.

Tantangan yang Dihadapi Saat Jalankan Usaha Konveksi

Saat menjalankan bisnis tidak mungkin lepas dari tantangan-tantangan. Beberapa tantangan yang mungkin akan kamu hadapi saat menjalankan usaha konveksi diantara lain;

  • Adanya hasil produksi reject/return

Demi mempertahankan branding usahamu dan loyalitas konsumen, kualitas menjadi nomor satu. Tidak menutup kemungkinan barang yang kamu produksi mengalami kendala saat masa pengerjaan atau masa pengiriman. Barang tersebut akan menjadi barang reject/return.

  • Perubahan industri pakaian yang cepat

Industri pakaian memang selalu berkembang. Memang bisa menjadi keuntungan untuk usaha konveksi. Tapi jika kamu tidak bisa mengikuti perkembangan industri pakaian dengan baik, usahamu akan tertinggal. Selalu melalukan riset terhadap tren di industri pakaian bisa menjadi solusi permasalahan ini.

  • Adanya inflasi

Kondisi keuangan negara yang mempengaruhi daya beli masyarakat ini bisa menjadi penghambat usaha konveksimu. Saat negara mengalami inflasi, akan melonjaknya segala harga barang di pasaran. Hal ini menyebabkan semua daya beli masyarkat menurun.

Jadi bagaimana? Bisa dibilang usaha konveksi cukup menyakinkan. Asalkan kamu berkomitmen dalam berbisnis, pastinya akan membuahkan hasil yang maksimal.

Artikel Lainnya