Traveling Hemat Ala Backpacker yang Bisa Kamu Terapkan

traveling hemat
Waktu baca: 3 menit

Saat ini, traveling telah menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh setiap orang, khususnya generasi milenial. Sebab, mereka dapat menghilangkan segala penat dan stress yang mereka rasakan akibat rutinitas yang selalu mereka lakukan dengan berjalan-jalan ke tempat wisata yang mereka inginkan.

Akan tetapi, sebagian besar orang masih menganggap bahwa traveling merupakan suatu hal yang membutuhkan biaya besar. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang tersebut memilih untuk tidak menghabiskan waktu liburan mereka dengan berjalan-jalan.

Padahal, kamu juga bisa melakukan traveling hemat dengan cara liburan ala backpacker lho! Berikut ini beberapa tips traveling hemat ala backpacker yang udah disiapin tim KlikCair buat kamu coba.

Tentukan tujuan liburan

Jika liburan kamu terhambat biaya yang terbatas, maka kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang jaraknya mudah dijangkau dan tidak akan menguras ini kantongmu. Daripada pergi ke luar negeri, sebaiknya kamu memilih destinasi wisata dalam negeri seperti Bandung, Bali, Yogyakarta, Lombok dan daerah lainnya yang ada di Indonesia. Sebab, setiap kota yang ada di Indonesia juga memiliki pesona yang tak kalah indahnya dengan yang ada di luar negeri.

Gunakan transportasi yang lebih hemat

Untuk membuat traveling lebih hemat, maka jangan pernah malas untuk mencari informasi mengenai promo tiket pesawat yang ada di travel website setiap harinya. Sebab, hal tersebut dapat membuat kamu untuk menghemat pengeluaran ketika traveling. Selain itu, ketika traveling sebaiknya kamu meminimalkan penggunaan taksi untuk bepergian ke berbagai tempat. Akan lebih baik jika kamu memilih alat transportasi seperti bis atau kereta yang jadwal keberangkatan dan harga tiketnya sudah pasti.

Membawa perbekalan dari rumah

Makanan dan minuman merupakan dua hal ini sering kali menghabiskan biaya paling banyak ketika berlibur. Untuk lebih menghemat pengeluaran ketika berlibur, sebaiknya tekankan pada diri kamu sendiri untuk tidak terlalu sering membeli jajanan dan mengeluarkan uang. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa membawa bekal makanan ringan yang cukup dari rumah. Selain itu, pastikan agar kamu juga selalu membawa botol minum ke mana pun kamu pergi.

bawa minuman saat traveling supaya hemat
Bawa botol minum dari rumah atau mengisinya terlebih dahulu agar lebih hemat via @chris_chow

Menginap di tempat yang sederhana

Untuk melakukan traveling hemat ala backpacker, kamu tidak harus menginap di hotel berbintang yang harga sewanya sangat mahal. Kamu bisa menginap di tempat yang sederhana seperti homestay atau hostel. Sebab, biaya yang harus kamu keluarkan untuk menginap di tempat tersebut tidak akan semahal harga sewa resort atau hotel. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan dan fasilitas yang disediakan agar kamu tetap merasa nyaman ketika menginap di tempat tersebut. Selain itu, akan lebih baik jika kamu menginap di tempat yang jaraknya dekat dengan tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Cari tempat wisata yang murah

Ketika memilih tempat wisata, sebaiknya kamu mencari tempat yang tiket masuknya murah atau bahkan gratis seperti pantai ataupun taman kota. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan waktu liburan yang akan kamu lakukan. Sebab, harga tiket masuk tempat wisata biasanya akan semakin mahal ketika waktu liburan tiba.

Baca juga: Backpacking ke Jepang Ternyata Tidak Mahal!

Pelajari bahasa daerah tempat kamu berwisata

Mempelajari bahasa daerah tempat kamu akan berwisata merupakan salah satu hal yang dapat membantu kamu menghemat pengeluaran. Sebab, kamu bisa melakukan transaksi jual beli yang diselingi dengan obrolan berbahasa lokal. Biasanya, jika proses tawar menawar dilakukan dengan bahasa lokal, si penjual akan merasa senang dan bangga. Inilah yang memungkinkan kamu untuk bisa mendapatkan diskon ketika melakukan transaksi jual beli.

pelajari bahasa lokal agar traveling hemat
Gak ada salahnya kamu sedikit mempelajari bahasa lokal tempat kamu traveling hemat via @sashanazira

Tidak membawa barang terlalu banyak

Supaya kamu tidak kerepotan ketika berlibur, sebaiknya bawalah barang sesuai dengan tujuan dan lamanya perjalanan yang akan kamu lakukan. Ketika berlibur, bawalah barang secukupnya. Sebab, jika kamu terlalu banyak membawa barang, maka kamu bisa saja diminta untuk membayar bagasi lebih banyak.

You may also like...

Leave a Reply