Peluang Startup Game di Indonesia

peluang startup game
Waktu baca: 3 menit

Peluang startup game di Indonesia sebenarnya cukup baik, mengingat gamers di Indonesia sangatlah banyak. Bahkan saking banyaknya, beberapa kali event perlombaan game diadakan di Indonesia. Menurut Mobile Legends yang merupakan salah satu game paling diminati di Indonesia, setiap harinya terdapat 3,5 juta pemain aktif yang memainkan game ini. Belum ditambah dengan game-game yang lainnya. Fakta ini bisa menjadi tolak ukur bahwa startup game di Indonesia sangat terbuka lebar, tinggal bagaimana para pemilik startup game tersebut memanfaatkannya.

Di samping peluang startup game di Indonesia yang menggiurkan itu, ada fakta lain yang cukup membuat para startup game lokal goyah, yaitu kenyataan bahwa startup game di Indonesia dikuasai oleh asing. Beberapa game yang populer di Indonesia, seperti Mobile Legends, berasal dari startup asing. Untuk itulah, peluang yang menggiurkan ini harus dianalisis lebih jauh lagi supaya startup game lokal mendapatkan celah di tengah gempuran game impor. Lalu, apa saja tips untuk memanfaatkan peluang startup game Indonesia ini secara penuh?

pubg tencent bluehole
Game buatan developer Bluehole asal Korea Selatan via thegameawards.com

Analisis Pasar Secara Seksama dan Cermat untuk Mendapatkan Peluang Startup Game

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebelum memutuskan untuk mengambil peluang startup game di Indonesia adalah harus menganalisa pasar terlebih dahulu. Dengan analisis pasar yang dilakukan, kamu akan memiliki gambaran, produk apa saja yang dibutuhkan oleh pasar. Di dalam tahap ini, kamu akan tahu bagaimana tren pasar, dan siapa saja yang nantinya akan menikmati produk yang akan kamu buat.

Buatlah Konsep Permainan yang Matang dan Sesuai dengan Target yang Sudah Ditentukan

Usai menganalisis pasar dan mendapatkan gambaran peluang seperti apa yang kamu tangkap, maka kamu harus membuat konsep game yang matang. Bagaimana mekanisme dari permainan game tersebut, kamu juga harus membuat playable prototype. Supaya proses ini lebih mudah, kamu bisa menggambar ilustrasi jalannya game dengan bantuan kertas. Ingat, game yang akan kamu produksi ini harus sesuai dengan analisis atas pasar yang sudah kamu lakukan supaya dapat diterima dengan baik oleh pasar.

Baca juga: Siapa Bilang Main Game Tidak Bisa Menghasilkan Uang?

Mulai Memproduksi Konsep Game yang Sudah Dibuat Sebelumnya

Bila kamu sudah yakin dengan ide dan konsep game yang sudah dibuat, maka langkah selanjutnya adalah memproduksi game tersebut. Kamu bisa memvalidasi game yang dibuat dengan menggunakan siklus build, measure dan learn supaya game yang kamu buat laku di pasaran. Dengan begitu peluang startup game bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Lakukanlah Pra Launching dan Dapatkan Peluang Startup Game di Indonesia

Sebaiknya, kamu jangan terburu-buru melakukan peluncuran para game yang sudah kamu buat. Sebelum melakukan launching, ada baiknya kamu mengadakan pra launching terlebih dahulu. Pra launching di sini maksudnya, kamu bisa membuat game untuk kalangan tertentu saja dulu. Keuntungan dari hal ini adalah, kamu bisa mengetahui jumlah bug di dalam game, sehingga bisa langsung diperbaiki dan diminimalisir saat peluncuran.

Saatnya Melakukan Peluncuran untuk Menaklukan Peluang Startup Game di Indonesia

Setelah sebelumnya melakukan pra launching, maka kini saatnya kamu menyebarkan game yang sudah kamu buat ke kalangan yang lebih luas lagi. Untuk permulaan, kamu bisa menyebarkannya ke komunitas game. Tidak hanya asal luncur, kamu harus punya strategi marketing yang tepat supaya publik bisa mengenal game yang kamu buat. Untuk kesempatan ini, kamu bisa menggunakan marketing kit, mulai dari cara yang konvensional sampai modern. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan peluang dalam negeri dan bisa bersaing dengan game impor.

dreadout startup game
Dreadout, salah satu game lokal yang sukses hingga diangkat ke layar lebar via wikipedia.com

Bagaimana? Apakah kamu siap mengambil peluang startup game di Indonesia yang menjanjikan ini? Selamat mencoba.

You may also like...

Leave a Reply