Tips Produktif di Masa Pandemi yang Bisa Dicoba

Tips Produktif di masa pandemi.
Tips Produktif selama masa pandemi. Photo by @carlheyerdahl
Waktu baca: 3 menit

Bagi para fresh graduate, mencari kerja saat di masa pandemi tentu lebih sulit. Peluang bagi fresh graduate mendapatkan kerja di kantoran saat ini mungkin tidak baik. Tapi hal ini bukan berarti kamu tidak bisa produktif di masa pandemi. Untuk memastikanmu bisa berkesempatan mendapatkan pekerjaan lebih murah, pastikan cari pengalaman kerja dan skill.

Untuk mendapatkan kedua hal tersebut, pastikan tetap produktif di masa pandemi. Mari bahas tips produkti yang bisa kamu gunakan dengan efektif untuk hal ini:

Mengikuti Kursus Online

Buka kursus online.
Mengikuti kursus online. Photo by Pexels

Saat pandemi, banyak masa kosong yang bisa dimanfaatkan. Pemanfaatan produktif pertama yang bisa dilakukan adalah melatih diri. Untuk hal ini, kamu bisa memanfaatkan platform kursus online. Dari sini, kamu bisa mendapatkan skill – skill esensial untuk kerja.

Mulai dari belajar menghitung pajak pribadi, belajar editing video, belajar programing, belajar pemasaran dan managerial, atau bahkan sekedar belajar soft skill seperti berbicara di depan umum. Melakukan hal ini tentu akan bermanfaat dalam peluang kerjamu kedepannya.

Perbanyak Pengalaman Kerja dengan Freelance Online

Bisnis sampingan
Perbanyak pengalaman freelance. Photo by Pixabay

Untuk mendapatkan pengalaman kerja selama pandemi, kamu bisa coba bekerja sebagai freelance online. Menggunakan jalur ini kamu bisa tetap produktif di masa pandemi dan bahkan mendapatkan penghasilan yang cukup banyak.

Freelance yang menarik untuk diambil bisa berupa pembuat content, YouTuber, penulis artikel SEO, web design, desain grafis dan masih banyak lagi. Usaha – usaha ini bisa menghasilkan uang yang lumayan dan jika hasilnya bagus, kamu bahkan bisa mendapatkan nama Jika terkenal dan dapat uang, banyak orang bisa membuka usaha sendiri tanpa harus mencari kerja di kantoran.

Baca juga: Rekomendasi Kegiatan Produktif di Masa Pandemi

Memperbanyak Portofolio Diri

desain grafis
Perbanyak portofolio. Photo by Pixabay

Selain bekerja dan belajar skill baru, kamu bisa mencoba membuat proyek pribadi untuk memperbanyak portofolio. Contoh saja kamu ingin menjadi wartawan. Jika memang sedang kesulitan melamar kerja untuk posting berita, mengapa tidak mencoba membuat artikel berita sendiri?

Melakukan investigasi, mencari fakta dan melakukan report yang baik, tentu penting dalam urusan wartawan. Jika kamu bisa membuat artikel berita yang baik, tentu bukti portofolio tersebut bisa dimanfaatkan untuk mencari kerja.

Portofolio ini bisa dibuat dengan membuat berbagai konten online sendiri. Contoh seperti membuat desain gambar, video ataupun artikel. Semakin banyak membuat hal seperti ini, makin banyak juga portofolio yang kamu hasilkan.

Memperkuat Koneksi

produktif di masa pandemi
Perkuat koneksi. Photo by Pexels

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memperkuat koneksi. Walaupun dalam situasi pandemi. Social media dan platform telekomunikasi tetap terbuka. Bahkan, pihak – pihak yang sebelumnya sibuk, sekarang lebih lenggang karena bekerja dari rumah.
Karena ini, kamu bisa bentuk koneksi dengan lebih banyak pihak. Coba follow beberapa expert di bidang tertentu. Jika mendapatkan respon, kamu bisa buat kontak itu sebagai koneksi yang baik. Memanfaatkan hal seperti ini akan membuka peluang kerja lebih banyak.

Jika mampu menggunakan tips di atas, kamu dapat dipastikan akan lebih produktif. Peluang mendapatkan pekerjaan tentu akan makin meningkat jika situasi pandemi sudah stabil. Selain itu, kamu bahkan bisa mencoba membuat usaha sendiri karena memiliki pondasi yang baik.

Beberapa pekerjaan freelance online bisa menjadi pekerjaan tetapmu. Contoh saja sebagai graphic designer. Job untuk ini akan selalu ada dan dicari. Jadi walaupun tidak masuk afiliasi di perusahaan graphic designer, kamu tetap bisa mendapatkan pemasukan yang lumayan.
Sekian bahasan tentang tips–tips produktif di masa pandemi. Mudah–mudahan bahasan ini berguna bagi kamu. Terima kasih sudah membaca artikel ini!

Mungkin Anda juga menyukai