Rekomendasi Kegiatan Produktif di Masa Pandemi

Rekomendasi kegiatan produktif di masa pandemi.
Rekomendasi kegiatan produktif di masa pandemi. Photo by @schmaendels
Waktu baca: 3 menit

Banyak orang mengeluh bosan dengan adanya karantina dan PSBB di era pandemi ini. Untuk mengusir kebosanan kamu dengan hal-hal yang bermanfaat, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kegiatan produktif di masa pandemi yang bisa kamu jalani.

Belajar bahasa baru

Belajar bahasa Mandarin.
Belajar bahasa baru. Photo by Udemy

Di era modern, pasti ada banyak sekali hal yang menguntungkan jika kamu menguasai lebih banyak bahasa bukan? Bahasa inggris adalah salah satu bahasa yang paling penting untuk dipelajari jika kamu belum fasih menggunakannya. Akan tetapi jika kamu sudah merasa mampu berbahasa inggris dengan lancar, kamu juga bisa coba belajar bahasa lain seperti bahasa Prancis dan juga bahasa China. Hal ini disebabkan karena kedua bahasa ini merupakan 2 bahasa yang cukup banyak digunakan dalam skala internasional.

Belajar bahasa isyarat

kegiatan produktif di masa pandemi
Belajar bahasa isyarat. Photo by @josypete

Makin kesini, bukan hanya bahasa dengan suara saja yang penting. Bahasa isyarat juga merupakan bahasa yang sangat menarik untuk di pelajari. Pasti akan sangat menyenangkan bukan bisa membantu saudara yang membutuhkan pertolongan tapi memiliki keterbatasan? Oleh karena itu, jika kamu punya jiwa sosial yang tinggi, kamu bisa coba belajar bahasa isyarat di masa PSBB ini.

Memulai reading challenge

Luangkan waktu untuk baca buku.
Memulai reading challenge. Photo by Pexels

Bagi kamu yang belum mempunyai kebiasaan membaca, maka mulailah mencoba kebiasaan ini. kebiasaan membaca adalah salah satu kebiasaan yang sangat menguntungkan untuk dilakukan. Jika kamu ingin menumbuhkan rasa giat membaca ini maka mulailah dengan membuat tantangan untuk diri kamus sendiri. Mulai dari membaca 1 lembar setiap hari atau 1 bab setiap hari. Kamu bisa bikin tantangan ini dan bahkan menantang teman kamu yang juga ingin berkembang dan memberikan hadiah pada mereka yang berhasil melewati tantangan tersebut.

Membaca hal yang benar-benar di luar bidang kamu

kegiatan produktif masa pandemi
Baca hal di luar bidangmu. Photo by Stocksnap

Selain mengembangkan diri untuk hal yang kamu minati, kamu juga bisa mencoba membaca subjek baru yang benar-benar berbeda dari bidang yang kami minati. Membaca hal baru bisa menjadi kegiatan produktif di masa pandemi karena akan memperluas pandangan kamu dan bahkan bisa saja membuat kamu memiliki hobi yang baru.

Home workout

Workout from home
Melakukan home workout. Photo by Pixabay

Untuk kamu yang selama ini bingung dan beralasan tidak bisa workout karena tidak punya waktu, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk membangun kembali otot-otot kamu yang mulai kendor karena bekerja di kantor. Dengan banyaknya waktu luang di rumah maka kamu bisa mencari tutorial workout yang dapat membantu membuat otot-otot baru di perut kamu. Jangan alasan lagi ya!

belajar memasak

kegiatan produktif masa pandemi
Belajar memasak. Photo by Pixabay

satu lagi kegiatan produktif di masa adaptasi new normal yang sangat cocok untuk dilakukan adalah belajar memasak. Makanan merupakan salah satu hal yang disukai oleh semua orang. Jika kamu selama ini Cuma bisa makan, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk kamu mulai belajar memasak. Kamu bisa coba-coba resep apapun yang kamu sukai dan lihat hasilnya apakah kamu benar berbakat atau tidak. Jika kamu berbakat, maka ilmu memasak yang kamu dapatkan selama pandemi bisa jadi lahan bisnis baru lho!

Belajar kerajinan tangan

Bisnis kerajinan tangan.
Belajar kerajinan tangan. Photo by Pexels

Jika kamu orang yang kreatif, maka ini saatnya kamu mengeksplor dirimu lebih dalam. Membuat kerajinan tangan memang membutuhkan fokus dan waktu yang lebih besar. Oleh karena itu, di masa PSBB ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk kamu bisa mulai belajar membuat kerajinan tangan sebagai salah satu kegiatan produktif di masa pandemi.

Mungkin Anda juga menyukai