Peluang Bagi Fresh Graduate untuk Memulai Bisnis

Peluang Bagi Fresh Graduate untuk Memulai Bisnis
Peluang Bagi Fresh Graduate untuk Memulai Bisnis. Photo by KlikCair
Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Waktu baca: 4 menit

Peluang bagi fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan adalah tantangan tersendiri. Jumlah lulusan yang berbanding terbalik dengan lapangan pekerjaan jadi salah satu alasannya. Namun, bukan berarti kamu harus berkecil hati. Sebab kamu bisa merintis bisnis sendiri dengan modal kecil.

Ide Bisnis bagi Fresh graduate

Belajar bisnis untuk pemula.
Ide bisnis. Photo by Pixabay

Ditengah peluang pekerjaan untuk fresh graduate yang semakin ketat persaingannya, beberapa ide bisnis berikut ini bisa kamu contoh.

Affiliate marketing

Ide bisnis pertama yang dapat kamu coba adalah affiliate marketing. Prinsip kerja affiliate marketing adalah penjualan berbasis komisi setelah kamu berhasil menjual suatu produk maupun jasa. Untuk memulai bisnis affiliate marketing, kamu harus mendaftar pada perusahaan yang menyediakan program affiliate. Setelah pengajuan kamu disetujui, kamu akan memperoleh kupon, banner, maupun link yang bisa kamu sebar melalui website maupun sosial media. Setiap kali terjadi pembelian melalui kupon, banner, ataupun link yang kamu sebar, kamu akan mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.

Jasa pembuatan website

Membuka jasa pembuatan website bisa jadi bisnis untuk kamu yang jago coding. Cara terbaik untuk memulai bisnis ini adalah membangun website sebagai media promosi dan identitas diri kamu. Selain itu, kamu juga harus membangun branding yang kuat untuk keahlianmu. Jasa pembuatan website mempunyai prospek yang menjanjikan seiring dengan kesadaran para pelaku usaha untuk memiliki website bisnis.

Membuka kursus online

Cara mendapatkan uang dari internet berikutnya adalah membuka kursus online. Melalui bisnis ini kamu bisa membagikan materi dari berbagai macam keahlian yang kamu kuasai. Supaya mendatangkan keuntungan bagikanlah materi dengan sistem berbayar. Langkah awal untuk memulai bisnis kursus online adalah mempunyai website sendiri.

Membuka jasa desain grafis

Keahlian desain grafis sangatlah dibutuhkan di dunia bisnis. Itulah mengapa membuka jasa desain grafis jadi peluang bisnis bagi fresh graduate yang mempunyai skill relevan. kamu bisa bergabung dengan berbagai platform freelancer untuk memperoleh konsumen. Salah satu marketplace terbaik di Indonesia yang bergerak dibidang desain grafis adalah Sribu.com. Sementara bagi kamu yang ingin menjajal pasar internasional, cobalah untuk bergabung di 99designs.

Agar skillmu dikenal banyak orang, kamu juga harus membangun branding melalui website portofolio. Dengan begitu, calon konsumen dapat mengetahui hasil karya yang kamu tampilkan.

Jasa copywriting

Seiring dengan pasar digital yang kian menanjak reputasinya, jasa copywriting amatlah dibutuhkan untuk menarik konsumen. Itulah mengapa bisnis jasa copywriting bisa menjadi pilihan cocok untuk kamu yang ingin tetap produktif di masa pandemi.

Pada dasarnya jasa copywriting merupakan skill menjual produk melalui tulisan. Untuk memperoleh konsumen, kamu bisa bergabung di platform freelancer maupun melakukan promosi melalui website portofolio milikmu.

Baca juga: Inilah Penyebab Fresh Graduate Menganggur Lama

Membuka toko online

Peluang bagi fresh graduate untuk membangun bisnis sendiri bisa diwujudkan dengan membuka toko online. kamu tidak harus memiliki barang sendiri untuk bisa mengelola toko online. Sebab kamu bisa memulainya dengan sistem reseller atau dropshipper.

Bila kamu tertarik untuk membuka toko online, mulailah perencanaan yang matang agar bisnismu berjalan dengan baik. Perencanaan awal ini meliputi riset pasar, pemilihan produk, menetapkan segmentasi produk, mencari distributor yang terpercaya, hingga menyusun strategi promosi yang tepat.

Langkah-langkah Pemasaran Produk yang Harus Kamu Tahu

Lakukan evaluasi
Langkah-langkah pemasaran produk. Photo by Pixabay

Cara menghasilkan uang dari internet memang terbilang mudah. Tapi, untuk mendulang keuntungan berlimpah kamu butuh strategi pemasaran yang tepat.

Kenali target pasar

Langkah pertama dalam pemasaran produk adalah menentukan target pasar. Target pasar dapat kamu tentukan dengan melakukan riset terlebih dahulu. Semakin spesifik kamu menentukan target pasar, maka semakin besar pula peluangmu untuk sukses. Sebab, target pasar yang jelas akan memudahkan kamu dalam menjangkau konsumen. Setidaknya terdapat beberapa kategori dalam menentukan target pasar, seperti usia dan jenis kelamin.

Gunakan sosial media

Pengguna sosial media terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Hal inilah yang menjadikan sosial media sebagai media pemasaran paling ampuh. Dengan promosi di sosial media kamu bisa menjangkau lebih banyak konsumen dengan berbagai latar belakang. Selain itu, biaya promosi yang dikeluarkan pun jauh lebih terjangkau.

Tawarkan potongan harga dan promo-promo menarik

Jika bisnismu sudah berkembang, kamu bisa mencoba strategi pemasaran dengan memberikan potongan harga maupun promo menarik. Metode ini dianggap paling ampuh untuk menjaring konsumen baru. Apabila bisnis yang kamu tawarkan berupa jasa, kamu bisa menawarkan free trial untuk menarik minat konsumen.

Macam-macam Media Promosi Digital

Lakukan promosi.
Media promosi digital. Photo by Pexels

Promosi merupakan kunci penting agar bisnis kamu dikenal oleh masyarakat. Tanpa melakukan promosi, bisnis yang kamu geluti tidak akan berkembang. Dalam melakukan promosi pun tidak bisa kamu lakukan secara asal-asalan. Dibutuhkan pertimbangan yang matang selama menyusun strategi promosi. Salah satunya adalah dalam memilih media promosi. Di era digital seperti sekarang, kamu butuh media promosi digital yang bisa memberikan dampak nyata untuk bisnismu.

Instagram

Instagram banyak dipilih oleh pelaku bisnis sebagai media promosi. Apalagi Instagram telah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang menunjang kegiatan promosi bisnis. Selain menjangkau banyak calon konsumen, promosi melalui Instagram juga bisa menjadi branding untuk bisnis kamu.

Facebook

Selain Instagram, kamu bisa menggunakan Facebook sebagai media promosi. Tidak jauh berbeda dengan Instagram, Facebook pun telah dilengkapi dengan fitur menarik yang menunjang promosi bisnismu. Supaya promosi yang kamu lakukan lebih efektif, kamu bisa belajar iklan di Facebook untuk menggaet konsumen.

Youtube

Fitur AdSense pada Youtube adalah media promosi yang cukup menjanjikan bagi pelaku bisnis. Terlebih lagi, jumlah pengguna Youtube terus bertambah dari waktu ke waktu. Melalui fitur AdSense kamu bisa menjangkau lebih banyak lagi konsumen. Disamping itu, kamu juga bisa membuat video promosi melalui Youtube untuk memperkenalkan produk kamu. Jika memungkinkan, kamu bisa bekerjasama dengan influencer supaya produk kamu lebih dikenal oleh masyarakat.

Website

Website bisnis memegang peranan penting untuk usaha kamu. Ibarat kata, website bisa jadi rumah untuk produk-produk kamu. Melalui website bisnis kamu bisa memajang foto produk sebagai katalog maupun membuat konten yang relevan dengan produk kamu untuk menarik minat konsumen.

Email marketing

Email marketing bisa dikatakan sebagai strategi pemasaran digital paling populer. Sebab melalui email marketing kamu bisa berkomunikasi secara lebih personal dengan calon konsumen maupun konsumen lama. Media promosi dengan email marketing juga dianggap lebih efektif karena kamu menyasar konsumen yang sesuai dengan target pasar.

Email marketing memiliki jenis yang bervariatif, mulai dari email penawaran hingga newsletter. kamu bisa memilih jenis yang sesuai dengan kebutuhanmu untuk menjaring konsumen baru. Agar email marketing kamu lebih menarik, kamu bisa membuat template dari beberapa situs yang menyediakan template email marketing.

Demikianlah peluang bagi fresh graduate untuk memulai bisnis dan strategi pemasaran yang bisa kamu tiru untuk bisnismu.


Bagikan:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

You may also like...