Tips Meraih Digital Talent Scholarship 2019, Beasiswa dari Kominfo

Beasiswa Kominfo Digital Talent Scholarship 2019
Waktu baca: 2 menit

Dalam beberapa tahun ke depan, perekonomian digital Indonesia diprediksi akan meningkat drastis. Maka dari itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan memberikan program beasiswa dengan nama Digital Talent Scholarship 2019. Menurut press release dari situs resmi digitalent.kominfo, tujuan dari beasiswa ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk pendaftaran, sudah berlangsung sejak 20 April 2019 dan akan berakhir pada 19 Mei 2019. Program ini akan bekerja sama dengan 30 perguruan tinggi terkenal di Indonesia, 23 politeknik, dan 4 perusahaan teknologi global, yaitu Google, Microsoft, AWS, dan Cisco.

Adapun peserta program nantinya akan dilatih secara intensif untuk menguasai hard skill dan soft skill sesuai dengan peminatan dalam bidang Artifical Intelligence, Big Data, Cloud Computing, Cyber Security, Internet of Things (IoT), dan Machine Learning serta beberapa tema pelatihan lainnya.

Beasiswa Digital Talent Scholarship 2019

Tahun 2018 lalu, program beasiswa ini digelar untuk 1000 peserta saja. Namun, pada tahun 2019 ini, akan dibuka untuk 25ribu peserta dan akan dibagi dalam empat akademi, yaitu yang pertama ialah Fresh Graduate Academy (FGA). Program ini ditujukan untuk lulusan D3, D4, dan S1 bidang TIK. Selain itu, FGA juga terbuka untuk penyandang disabilitas.

Kedua, Vocational School Graduate Academy (VSGA), program yang dirancang untuk pelatihan intensif bagi lulusan SMK. Ketiga, Coding Teacher Academy (CTA), ditujukan untuk para guru SMK, SMA, Madrasah Aliyah, serta SMALB bidang TIK (terbuka untuk guru PNS dan Non PNS).

Yang terakhir, Online Academy (OA), program pelatihan online yang digelar untuk masyarakat umum termasuk ASN, mahasiswa, dan pelaku industri.

Dengan terbukanya penerima beasiswa Kominfo ini hingga 25 ribu peserta, maka makin banyak pula yang berminat untuk mendapatkannya. Apalagi dalam menghadapi perkembangan industri 4.0 di Indonesia.

Untuk dapat menghadapi persaingan ketat dalam memperebutkan program beasiswa tersebut, kamu mungkin bisa mengikuti tips yang akan dibeberkan di bawah ini.

Lakukanlah persiapan sejak awal

Bagi yang memang menginginkan program beasiswa Kominfo ini, kamu harus melakukan persiapan sejak awal program ini dibuka. Hal itu bisa diawali dengan cara mencari tahu mengenai segala informasi yang berkaitan dengan beasiswa tersebut mulai dari persyaratan hingga tahapan-tahapan yang harus diikuti.

Jangan menunda pendaftaran

Seringkali karena sudah tahu batas waktu pendaftaran masih lama, beberapa orang sengaja menunda-nunda pendaftaran hingga hampir mencapai akhir tenggat waktu yang disediakan. Oleh sebab itu, biasanya ada beberapa persyaratan yang silap atau terlewat sehingga gagal mendapatkan beasiswa tersebut.

Baca juga: Inilah Pola Pikir Orang Sukses yang Harus Ditanamkan Sejak Muda

Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu harus segera mendaftarkan dirimu setelah mengetahui adanya info dan semua persyaratan telah siap.

Persiapkan diri untuk hadapi tes seleksi

Setiap program beasiswa pasti ada tes seleksi yang harus dihadapi oleh setiap peserta. Maka dari itu, kamu wajib mencari dan menggali informasi bahkan tentang ilmu pengetahuan yang memiliki keterkaitan dengan program yang akan dipilih.

ujian seleksi beasiswa kominfo
Mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian seleksi via unsplash.com

Berusaha dan berdoa

Terakhir yang paling penting setelah memiliki tekad dan bulat untuk mengikui seleksi ialah berusaha dengan maksimal diimbangi dengan berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang terbaik.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan oleh Teman Klik agar bisa mencapai beasiswa Kominfo tersebut. Semoga sukses dan mendapatkan hasil yang terbaik.

You may also like...

Leave a Reply