5 Tips Mendapatkan Bunga Investasi Tinggi

tips mendapatkan bunga investasi tinggi
5 Tips Mendapatkan Bunga Investasi Tinggi. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Selain menabung, kamu bisa memperoleh tambahan uang melalui passive income investasi, salah satunya adalah melalui deposito bank. Nah, agar cuan kamu lebih maksimal berikut 5 tips mendapatkan bunga investasi tinggi yang bisa kamu coba terapkan.

Nikmati Passive Income Investasi Deposito Bank

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tambahan pemasukan tanpa harus bekerja? Selain dengan menabung, kamu bisa meningkatkan pemasukan kamu dengan cara menginvestasikan sebagian dana yang kamu tabung. Perlu diingat, sebelum memulai investasi bunga tinggi pastikan kamu sudah terbebas dari hutang dan cicilan yang memberatkan, ya. Karena pengalokasian dana yang baik sangat dibutuhkan ketika akan memulai investasi pada instrumen apapun.

Walaupun saham dan reksadana sedang banyak diminati sebagai instrumen investasi, nyatanya masih banyak juga orang yang lebih memilih menginvestasikan dana yang dimiliki untuk disimpan di tabungan deposito.

Memahami Konsep Investasi Deposito

Investasi deposito adalah salah satu produk bank yang memfasilitasi nasabahnya untuk menabung dana dengan imbalan bunga yang tinggi. Nasabah akan menabungkan sejumlah dana ke dalam deposito yang nantinya dana tersebut akan dikelola oleh pihak bank. Sebagai imbalan, bank akan membagi keuntungan atas hasil pengelolaan dana deposito nasabah.

Umumnya investasi deposito dimulai dari 5 juta sampai ratusan juta rupiah. Jangka waktu deposito pun ada yang 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, sesuai dengan pilihan nasabah. Besar persentase bunga investasi yang ditawarkan pun beragam, mengikuti besar dana yang akan didepositokan dan jangka waktu deposito dana tersebut.

Selanjutnya, mari langsung saja bahas mengenai 5 tips mendapatkan bunga investasi tinggi untuk memaksimalkan keuntungan investasi bunga tinggi dan aman dari deposito yang bisa kamu peroleh!

Baca juga: 8 Cara Analisis Fundamental Saham Bagi Pemula

Tips Mendapatkan Bunga Investasi Tinggi

Setiap bank pasti memiliki ketentuan dan persyaratan pada produk deposito mereka masing-masing. Perhatikan apakah hal tersebut sudah sesuai dengan prinsip pengelolaan keuangan yang kamu terapkan. Agar kamu lebih mudah dalam menilai dan menimbang produk deposito yang ingin kamu gunakan sebagai instrumen investasi, berikut 5 tips mendapatkan bunga investasi tinggi yang bisa kamu coba terapkan.

1. Melihat Reputasi Bank

Langkah awal sebelum melakukan deposito adalah melihat reputasi bank yang akan kamu gunakan produk depositonya. Mengapa hal ini penting untuk dilakukan pertama kali? Karena reputasi bank yang baik tentunya akan berdampak baik bagi keamanan dana deposito kita juga. Selain itu, reputasi bank yang baik juga sebagai salah satu indikator yang menentukan hasil investasi bunga tinggi dan aman yang baik pula.

Cukup mudah untuk melihat dan menilai reputasi suatu bank. Semakin lama suatu bank berdiri dan beroperasi, maka bisa dikatakan bank tersebut memiliki reputasi yang baik. Lihat juga seberapa banyak nasabah yang menabungkan dananya di bank tersebut. Ini berarti tingkat kepercayaan masyarakat pada bank tersebut juga tinggi.

2. Bandingkan Bunga Deposito

Investasi bunga tinggi tentu menjadi faktor utama seorang investor untuk mau menabungkan dananya pada suatu produk deposito bank. Nah, sebelum mulai melakukan investasi deposito, ada baiknya kamu melakukan perbandingan bunga deposito yang ditawarkan setiap bank.

Tak ada salahnya mengunjungi setiap bank yang kamu kehendaki. Pegawai bank pasti akan melayani dengan baik dan ramah. Tanyakan hal-hal seputar produk deposito bank tersebut untuk mengetahui berapa persen bunga deposito yang ditawarkan kepada nasabah. Setelah itu, kamu bisa memilah produk deposito mana yang ingin kamu gunakan sebagai media investasi dana kamu.

3. Jangan Mudah Tergiur Bunga yang Tinggi

Sudah menemukan suku bunga deposito tertinggi? Langkah selanjutnya adalah kamu harus berhati-hati dengan penawaran yang seperti itu. Walaupun artikel ini membahas tentang tips mendapatkan bunga investasi tinggi, namun kita juga harus tetap berhati-hati akan penawaran bunga yang tinggi. Apa alasannya? 

Karena besaran bunga deposito ada ketentuan resminya. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah menentukan batas maksimal bunga deposito, sehingga tidak boleh ada bank yang menawarkan bunga deposito lebih besar dari pada yang telah ditetapkan oleh LPS.

Hal ini dikarenakan bunga deposito yang terlalu besar bisa bermakna keadaan keuangan dan pengelolaan bank sedang tidak sehat, sehingga membutuhkan suntikan dana yang besar.

Dengan menawarkan bunga deposito yang tinggi, diharapkan banyak nasabah yang menanamkan modalnya ke bank tersebut. Namun, tentu saja ini sangat beresiko karena keadaan bank yang bisa saja menuju pailit. Kamu akan mengalami kerugian dan kehilangan dana bila terjadi hal demikian.

4. Perhatikan Fitur yang Diberikan

Tips mendapatkan bunga investasi tinggi yang selanjutnya adalah memperhatikan fitur yang diberikan oleh pihak bank. Fitur-fitur yang dimaksud ini salah satunya adalah ARO, atau Automatic Roll Over.

ARO merupakan salah satu fitur pada produk deposito bank yang memungkinkan nasabahnya untuk bisa melanjutkan masa waktu depositonya secara otomatis. Mudahnya, melakukan perpanjangan jangka waktu masa deposito sebelum berakhir. ARO mempermudah nasabah untuk melakukan perpanjangan tanpa harus melalui prosedur yang rumit dan bertele-tele.

5. Menentukan Waktu Deposito yang Tepat

Tips mendapatkan bunga investasi tinggi yang terakhir adalah menentukan waktu deposito yang tepat. Karena lama jangka waktu deposito menentukan besaran bunga deposito yang ditawarkan. Tentunya, semakin lama jangka waktu deposito yang dipilih semakin besar bunga deposito yang diperoleh sehingga memperoleh keuntungan yang banyak pula.

Memilih dan menentukan waktu deposito yang tepat juga berdampak pada cara pengelolaan keuangan kamu. Karena dana deposito tidak bisa diambil sewaktu-waktu, dana deposito hanya bisa diambil setelah jangka waktu berakhir.

Bila dana diambil sebelum jangka waktu deposito berakhir, maka ada beberapa sanksi dan denda yang perlu kamu bayarkan. Itulah mengapa perlu untuk menimbang dan menentukan waktu deposito yang tepat.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bunga investasi melalui pendanaan melalui KlikCair. Silakan daftarkan dirimu sebagai pendana di KlikCair. Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa klik link ini ya TemanKlik!

Itulah pembahasan singkat mengenai 5 tips mendapatkan bunga investasi tinggi yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Mungkin Anda juga menyukai