5 Cara Efektif Terhindar dari Utang Sejak Muda

Cara terhindar dari utang
5 Cara Efektif Terhindar dari Utang Sejak Muda. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Utang bisa dikatakan menjadi salah satu penyebab munculnya masalah finansial. Awalnya memang orang berutang untuk menyelamatkan masalah finansial, namun lama kelamaan utang menumpuk dan menambah masalah finansialmu. Maka dari itu, kamu harus tahu cara efektif terhindar dari utang sejak muda.

Apalagi saat kamu berusia 20 tahun di mana umur segitu merupakan masa transisi untuk menjadi orang yang mandiri. Mulai dari lulus kuliah, baru masuk ke dunia kerja, menikah, pindah dari rumah orang tua, dan masih banyak hal lainnya. Maka dari itu kamu bisa mengatur keuangan dengan baik agar tidak menimbulkan banyak utang di masa yang akan datang.

Berikut ini cara efektif yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari utang sejak muda.

Bijak dalam menggunakan kartu kredit

Bijak menggunakan kartu kredit.
Bijak menggunakan kartu kredit. Photo by @ostshem

Sebagian orang berpikir bahwa kartu kredit bisa menjadi penyelamat saat terjadi keadaan darurat. Meski tujuan awalnya memang baik, tapi godaan untuk menggunakan kartu kredit terus-terusan selalu ada. Apalagi biasanya ada banyak promo dan point rewards serta keuntungan-keuntungan lainnya.

Hal itu bisa membuat pemegang kartu kredit terus menggunakan bahkan sampai ketahap ketergantungan. Tentu saja kartu kredit bisa jadi alat pembayaran yang bermanfaat bahkan bisa menguntungkan jika kamu bisa menggunakannya dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Siapkan dana darurat

Siapkan dana darurat.
Siapkan dana darurat. Photo by Pexels

Sebaiknya kamu mempersiapkan dana darurat untuk menghadapi hal-hal yang tidak diperkirakan yang akan terjadi. Misalnya saja kendaraan rusak, terkena musibah, dan masih banyak lainnya. Untuk memiliki dana darurat ini, kamu bisa mulai menyisihkan 15 persen penghasilanmu setiap bulan. Jika sudah memilikinya, kamu bakal memperkecil potensi untuk berutang.

Baca juga: 3 Cara Sederhana Selesaikan Utang di Bank

Jalani kehidupan yang sederhana

Jalani kehidupan yang sederhana.
Jalani kehidupan yang sederhana. Photo by Pixabay

Saat menggunakan barang-barang mewah memang bisa membuatmu lebih bahagia. Namun, kebahagiaan itu hanya sementara saja. Namun, kehidupan mewah tersebut hanya akan membuat hidup jadi lebih tidak tenang, apalagi jika untuk memenuhi hal itu dengan tumpukan utang. Maka dari itu, alangkah lebih baik jalani kehidupanmu dengan sederhana dan sedang-sedang saja.

Perhatikan barang yang akan dibeli

Perhatikan barang yang akan dibeli.
Perhatikan barang yang akan dibeli. Photo by @beccamchaffie

Saat memperoleh penghasilan, usahakan untuk jangan gelap mata dengan berbelanja seenaknya. Apalagi jika membeli barang-barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Jika tidak sesuai, lebih baik tunda dulu pembelian barang tersebut dan rencanakan untuk membelinya di waktu yang akan datang saat kamu sudah memiliki anggaran itu. Dan perlu diingat, jangan pernah berpikir untuk berutang untuk membeli barang tersebut.

Kurangi kebiasaan makan di luar

Kurangi kebiasaan makan di luar cara terhindar dari utang.
Kurangi kebiasaan makan di luar. Photo by @priscilladupreez

Makan di luar memang sangat menyenangkan karena banyak jenis hidangan yang disajikan dengan cara menarik. Namun perlu diingat bahwa makan di luar dapat membuat kantong semakin tipis karena harganya. Coba untuk mengurangi kebiasaan ini. Kamu bisa mulai memasak berbagai hidangan kesukaan di rumah.

Selain lebih hemat, kebiasaan makan di rumah bisa lebih mendekatkan kamu dengan keluarga. Kamu bisa punya waktu yang lebih banyak untuk mengobrol dengan keluarga saat berada di satu meja makan yang sama. Tidak hanya itu saja, makan di rumah pasti kebersihannya lebih terjamin daripada di luar.

Itulah cara efektif agar terhindar dari utang sejak usia muda. Selain beberapa cara di atas, kamu juga harus menerapkan pola kehidupan yang terorganisir dengan baik setiap harinya agar selalu sehat. Sebab, masalah kesehatan juga bisa mengganggu keseimbangan keuangan kapan saja.

Mungkin Anda juga menyukai