Cara Cerdas Traveling On Budget, Coba Praktikkan Agar Tabungan Aman

Cara Cerdas Traveling On Budget, Coba Praktikkan Agar Tabungan Aman
Cara Cerdas Traveling On Budget, Coba Praktikkan Agar Tabungan Aman. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Punya keinginan untuk berkunjung ke suatu tempat yang menarik tapi dana pas-pasan? Tenang saja, kamu tetap bisa melakukannya dengan menerapkan tips traveling on budget ini.

Hampir setiap orang memiliki keinginan untuk mengunjungi tempat yang dinilai spesial. Berkunjung ke tempat tersebut sengaja dilakukan untuk bersantai, relaksasi hingga mengembalikan mood.

Masalahnya, berkunjung ke suatu tempat ini membutuhkan biaya. Ketika tidak direncanakan secara matang, kunjungan ini bisa menguras tabungan. Tentunya, kondisi tersebut dapat mempengaruhi kestabilan finansial.

Tidak ingin tabungan terkuras untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pelajari bagaimana cara bepergian yang hemat. Meskipun hemat, kunjungan ke suatu tempat tetap maksimal. Artinya, kamu dapat merealisasikan impian untuk datang ke tempat tersebut tanpa mengorbankan banyak anggaran.

Traveling dan Manfaatnya

Apa itu traveling dan manfaatnya
Apa itu traveling dan manfaatnya. Photo by @damaris_55

Apa itu traveling? Secara umum, traveling merupakan salah satu aktivitas yang sengaja dilakukan di luar rutinitas harian. Tujuannya untuk liburan, plesiran atau wisata yang menyenangkan.

Kegiatan ini pun sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Karena, banyak manfaat yang akan didapatkan.

Salah satu manfaatnya adalah memperoleh kenangan tak terlupakan. Ini menjadi kebahagiaan tersendiri bagi pelakunya. Ke depannya, momen ini dapat dikenang mau pun diceritakan kepada anak cucu.

Di samping itu, manfaatnya dapat mengurangi stres. Begitu pula, mengembalikan semangat dalam menjalani rutinitas penuh tekanan di tiap harinya.

Kemudian yang tak kalah penting, manfaatnya adalah bisa memperluas wawasan serta pengalaman. Bahkan, meningkatkan kreativitas, kepercayaan diri serta menguatkan kemandirian dan rasa percaya diri.

Begitu banyak manfaatnya, tidak salah bila seseorang akan meluangkan waktunya untuk menjelajahi tempat yang jauh dari rumah. Untuk menjelajahinya, seseorang perlu memperhitungkan budget traveling secara cermat. Tujuannya supaya tidak boros dan tidak mempengaruhi finansial.

Baca juga: Cara Cepat Mengumpulkan uang untuk Traveling

Tips Traveling On Budget yang Bisa Dicoba

Traveling dengan anggaran pas-pasan tetap bisa dilakukan. Jika kamu ingin melakukannya, perhatikan tips menghemat biaya saat merencanakan traveling ke suatu tempat spesial berikut ini.

1. Awali dengan Membuat Rencana

Liburan tanpa rencana hanya bisa dilakukan oleh orang berduit. Karena, keuangannya cukup stabil dan waktunya hanya terbatas.

Tetapi bila keuangan cekak atau terbatas, hal paling utama untuk dipikirkan adalah membuat sebuah rencana. Perencanaan ini diperlukan untuk mengantisipasi pengeluaran biaya yang besar.

Kamu tidak harus pergi ke suatu tempat dengan menghabiskan waktu di perjalanan sampai berjam-jam. Tetapi, usahakan untuk efektif di perjalanan.

Di samping itu, tetapkan berapa lama kamu menghabiskan waktu di tempat yang ingin dikunjungi. Dengan begitu, traveling yang dilakukan akan penuh kenangan.

Contohnya adalah merencanakan rute yang akan dilalui. Perencanaan ini memungkinkan perjalanan lebih efektif. Artinya, biaya yang dikeluarkan pun tepat.

2. Pergilah di Luar Musim Liburan

Tips traveling on budget yang layak dipertimbangkan adalah bepergian di luar musim liburan. Meskipun tidak seramai saat liburan, tetapi bepergian di waktu tersebut jauh lebih ideal.

Kenapa? Karena liburan tersebut membuat kamu dapat menikmati suasana berlibur yang lebih santai.

Di samping itu, biaya-biaya seperti transportasi, tiket masuk hingga akomodasi jauh lebih murah. Ini dilakukan perusahaan jasa untuk menarik perhatian pelanggan.

Kamu pun bisa memaksimalkannya. Karena yang paling utama adalah bisa berkunjung ke tempat tersebut. Kemudian, menghabiskan waktu yang indah di tempat yang diimpikan selama ini.

3. Cerdik dalam Menentukan Akomodasi

Cara traveling murah biaya lainnya adalah dengan menentukan penginapan secara bijak. Pemilihannya didasarkan pada kenyamanan dan kesesuaian biaya sewanya.

Kamu tidak seharusnya memaksakan diri untuk menginap di hotel berbintang yang notabene biayanya lebih mahal. Cukup pilih penginapan yang memberikan kenyamanan saat istirahat.

Kalau memungkinkan, menginaplah di rumah teman atau kerabat jauh yang dekat dengan lokasi wisata. Ini jauh lebih murah lantaran kamu mungkin tidak perlu mengeluarkan biaya penginapan sepeser pun.

4. Pesan Tiket Lebih Awal

Jika perjalanan ini menggunakan pesawat terbang, saatnya kamu bergerak lebih cepat. Sebaiknya, pesan tiket jauh-jauh hari. Karena, pihak penerbangan biasanya telah membuka pesanan tiket lebih awal.

Ketika memesannya lebih awal, kamu bisa terhindar dari risiko kenaikan harga. Terutama ketika mendekati hari libur.

5. Kemas Barang Bawaan dengan Benar

Membawa sejumlah perlengkapan saat liburan sangatlah penting. Tentunya, ini menjadi bagian dari tips efektif untuk traveling on budget.

Pasalnya, barang bawaan yang terbawa secara sempurna dapat meminimalkan keinginan untuk berbelanja. Contohnya belanja pakaian atau semacamnya.

6. Cermat Mengeluarkan Uang di Tempat Liburan

Saat berada di lokasi, kamu memang perlu cerdik dalam mengatur pengeluaran. Hindari kebiasaan makan di tempat mewah. Atau, hindari masuk ke restoran tanpa mengetahui seluk beluknya.

Ada baiknya jika kamu berkeliling terlebih dahulu. Selain menambah pengalaman, ini memungkinkan kamu untuk menemukan tempat makan lebih murah. Tentunya, hidangannya pun enak.

7. Hasilkan Uang saat Traveling

Meskipun sedang traveling, kamu sebenarnya masih bisa menghasilkan uang. Salah satunya adalah dengan menawarkan jasa yang kamu kuasainya. Misalnya menawarkan jastip, adakan pertunjukan jalanan atau pun jualan foto yang sudah dikumpulkan.

Itulah bagaimana caranya untuk traveling on budget. Meskipun anggaran terbatas, kamu tetap bisa menjelajahi tempat tanpa khawatir keuangan terganggu. Kuncinya adalah merencanakan perjalanan dan cerdik dalam mengatur keuangan.

Mungkin Anda juga menyukai