Bisakah Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan Secara Online?

Pinjaman Tanpa Agunan Secara Online via it-jurnal.com
Waktu baca: 3 menit

Pinjaman tanpa agunan kini semakin diminati oleh masyarakat. Persyaratan yang mudah serta pencairannya yang cepat menjadi alasan utamanya. Namun, tidak sedikit pula yang belum tahu apakah bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan secara online? Jawabannya adalah bisa karena kini banyak perusahaan penyedia layanan pinjaman dana yang memudahkan penggunanya melalui situs mereka. Sebelum mengajukan pinjaman tersebut, ada baiknya kamu simak dulu tips berikut ini.

Pahami dulu persyaratannya

Setiap pengajuan pinjaman pasti membutuhkan persyaratan kepada calon peminjam. Adapun persyaratan tersebut di antaranya dokumen-dokumen penting. Dokumen tersebut penting sebagai data kamu untuk penyedia layanan pinjaman tanpa agunan. Selain itu, fungsi dokumen juga untuk memastikan kalau kamu sanggup melunasi angsuran pinjaman yang sudah ditentukan, baik besaran maupun waktu pembayarannya.

Biasanya dokumen yang perlu kamu persiapkan adalah BPKB mobil atau kendaraan bermotor, fotokopi KTP, dan fotokopi Kartu Keluarga (KK). Kalau kamu bekerja di sebuah perusahaan atau kantoran, siapkan pula berkas lain seperti slip gaji. Jika sudah terkumpul semua, kamu bisa melakukan scanning dokumen tersebut.

Karena berbeda dengan pengajuan melalui cara konvensional (datang langsung ke bank atau penyedia layanan pinjaman), pinjaman tanpa agunan secara online mengharuskan kamu memasukkan data identitas dan dokumen tersebut dengan format dokumen digital. Buatlah dokumen digital dengan resolusi yang cukup tinggi sehingga mudah dibaca.

Bisakah Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan Secara Online? via pexels.com

Bisakah Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan Secara Online? via pexels.com

Pilihlah penyedia layanan pinjaman tanpa agunan tepercaya

Di era serba digital seperti saat ini, semakin banyak penyedia layanan pinjaman atau bank yang memudahkan peminjam. Meski begitu, jangan terburu-buru, kamu juga perlu membandingkan situs dari penyedia layanan pinjaman yang tepercaya. Lebih baik lagi apabila kamu menanyakan ke keluarga atau teman yang sudah pernah melakukannya. Dari situ mereka akan merekomendasikan mana saja situs dan penyedia layanan tepercaya.

Selain cara itu, kamu juga bisa menggunakan cara kedua, yakni mencari di online search engine. Lalu kamu bisa membaca testimoni dari orang-orang yang pernah melakukan pinjaman via online tersebut. Kalau kamu masih kurang yakin, bisa dengan menanyakannya langsung ke layanan customer service perusahaan penyedia layanan pinjaman.

Biasanya, perusahaan penyedia pinjaman akan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon perusahaan, alamat email, atau melalui media sosial mereka. Kamu juga bisa mengeceknya di form F&Q yang terdapat di situs tersebut. Setelah membanding-bandingkan antar perusahaan penyedia pinjaman, maka kamu bisa tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

 

Baca Juga: Apa itu Pinjaman KTA Bank? Simak Keunggulan dan Kekurangannya

 

Tentukan berapa besaran yang akan kamu pinjam

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan saat mengajukan pinjaman online adalah menentukan besarannya. Sebaiknya kamu memilih paket atau pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu membayarnya. Tak perlu khawatir karena mengajukan pinjaman tanpa agunan secara online memiliki berbagai kemudahan.

Kemudahan itu antara lain kamu bisa menentukan sendiri berapa besarannya dengan memilih di form digital yang disediakan. Kamu juga bisa memanfaatkan simulasi pinjaman tanpa agunan secara online. Perusahaan penyedia layanan pinjaman tanpa agunan memiliki form simulasi yang bisa dihitung menggunakan kalkulator online di situs mereka. Jadi, kamu bisa mengetahui perkiraan jumlah cicilan yang harus dibayar nanti.

Setelah kamu melakukan simulasi, jangan terburu-buru melakukan deal. Perhatikan lagi dengan saksama mengenai perincian pinjaman kamu sekali lagi. Bila kurang cocok, kamu bisa menegosiasikannya dengan penyedia layanan pinjaman tanpa agunan online tersebut.

***

Selain cara di atas, kamu juga perlu memiliki dana cadangan sebelum mengajukan pinjaman tanpa agunan secara online. Hal ini dimaksudkan agar pembayaran cicilan lancar di kemudian hari. Untuk memiliki dana cadangan, kamu bisa berinvestasi melalui KlikCair. Cukup mudah, bukan, cara mengajukan pinjaman tanpa agunan secara online? Selamat mencoba!

You may also like...

Leave a Reply