Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Biaya Terjangkau

liburan ke luar negeri
Waktu baca: 3 menit

Siapa sih yang tidak ingin liburan? Sudah pasti semua orang ingin liburan agar bisa melepas penat dan stres setelah menjalani rutinitas harian. Namun, terkadang liburan malah menambah beban pikiran lagi karena kamu harus memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika kamu ingin liburan ke luar negeri yang mana biaya pengeluaran akan lebih tinggi dibandingkan dengan liburan di dalam negeri.

Sebenarnya, liburan ke luar negeri tidak melulu harus mengeluarkan biaya yang mahal. Kamu bisa saja mengeluarkan biaya sedikit, bahkan lebih sedikit daripada liburan di dalam negeri. Hanya saja kamu harus menyiapkan banyak hal agar bisa terpenuhi.

Berikut beberapa tips yang dirangkum dari berbagai sumber agar kamu bisa berlibur ke luar negeri dengan biaya yang relatif murah:

1. Liburan saat musim dingin

Liburan paling tepat memang saat musim panas, karena suasana liburan sangat terasa. Apalagi jika tujuan negara liburanmu memiliki empat musim. Namun, agar bisa menekan biaya, kamu bisa memilih waku liburan saat musim dingin. Biasanya harga akomodasi di negara tujuan bisa turun hingga 50 persen loh. Jangan lupa, bawa jaket yang tebal agar kamu tidak kedinginan yah.

Umumnya biaya lebih murah saat musim dingin
Umumnya jika kamu travel di musim dingin, biayanya lebih murah lho. Photo by @christopher-hiew

2. Ajak orang lain untuk liburan bersama

Memang liburan ke luar negeri bisa dibilang akan mengeluarkan biaya yang banyak, apalagi jika berangkat sendirian. Namun, dengan mengajak orang lain, maka akomodasi di negara tujuan bisa lebih murah karena bisa berbagi biaya itu. Semakin banyak orang yang diajak maka pengeluaran akan semakin kecil. Jika teman atau kerabatmu tidak bisa diajak liburan bersama, maka kamu bisa bergabung dengan grup komunitas backpacker. Dengan begitu, kamu bisa menambah koneksi pertemanan antar traveler dan kedepannya akan lebih mudah untuk mencari partner berlibur agar biaya akomodasi lebih murah.

3. Pilih tujuan negara dengan kurs rupiah cukup tinggi

Banyak orang yang menilai bahwa dengan berlibur ke luar negeri maka kamu membutuhkan biaya yang sangat besar. Terlebih, nilai tukar rupiah memang terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan mata uang beberapa negara lain. Sebenarnya, banyak juga negara dengan kurs rupiah yang tinggi. Sebagai contoh, negara Laos, yang memiliki nilai tukar 1 kip (mata uang Laos) sama dengan Rp 1,63 saja. Jadi, dengan hanya biaya Rp 3 jutaan saja, kamu sudah bisa menikmati fasilitas akomodasi liburan yang sudah memuaskan. Selain itu, Laos juga memiliki banyak hidangan khas dan destinasi-destinasi wisata yang menarik.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Vietnam Cocok buat Backpacker

4. Pilih negara tujuan dengan biaya akomodasi yang cukup murah

Selain memilih negara dengan kurs rupiah cukup tinggi, kamu juga bisa memilih negara dengan biaya akomodasi yang cukup murah. Nepal bisa menjadi tujuan negara dengan kriteria yang sudah disebutkan di atas. Jangan takut, di Nepal banyak destinasi wisata yang banyak menunjukkan keindahan di antaranya Kathmandu dan Bhaktapur. Adapun biaya menginap di Nepal, cukup dengan tarif mulai dari Rp 100.000 per malam kamu sudah bisa menginap di guest house. Biaya makan di Nepal juga tak terlalu mahal, kamu bisa menyiapkan biaya antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 untuk sekali makan di warung lokal.

Di daratan Eropa juga sebenarnya ada destinasi wisata yang bisa dikatakan memiliki biaya yang relatif murah, yaitu Hongaria dan Bulgaria. Jika kamu ingin mengunjungi destinasi wisata dengan tujuan menyaksikan sejumlah bangunan bersejarah dan pemandangan alam yang indah, Hongaria lah tujuannya. Penginapan di Hongaria pun tidak terlalu mahal, yaitu sekitar Rp 150.000 per malam. Nah, jika kamu suka dengan wisata yang memberikan nilai-nilai sastra dan seni, Bulgaria bisa menjadi pilihan. Kamu bisa mengunjungi biara yang terkenal, yaitu Rila Monastery. Selain itu kamu juga bisa mengunjungi bekas benteng yang dibangun pada abad pertengahan silam, yaitu Tsarevest, atau tebing batu Belogradchik Rock. Untuk biaya makan dan penginapan, tidak perlu khawatir. Dengan biaya sekitar Rp 300.000 per hari kamu sudah bisa menikmati makanan yang lezat dan penginapan yang nyaman.

5. Menggunakan fasilitas gratis di negara tujuan

Setelah menentukan negara yang akan dikunjungi, jangan lupa kamu harus mencari info mengenai fasilitas gratis yang tersedia. Sebenarnya, ada banyak fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan, antara lain ialah isi air gratis dan Wi-Fi gratis. Dengan memanfaatkan fasilitas gratis tersebut, besar kemungkinan kamu akan mengirit biaya liburan sekitar 20-30 persen.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa berlibur ke luar negeri dengan biaya terjangkau. Intinya ialah kamu yang memiliki kendali penuh untuk keuanganmu sendiri. Maka dari itu, untuk liburan dengan biaya terjangkau atau tidak, semua bergantung dengan keputusamu sendiri. Jangan lupa luangkan waktu untuk berlibur agar bisa menghilangkan stres setelah menjalani rutinitas sehari-hari.

You may also like...

Leave a Reply