Bagaimana Caranya Gaji 2 Juta Bisa Beli Mobil? Simak Tipsnya di Sini

ilustrasi membeli mobil
Bagaimana Caranya Gaji 2 Juta Bisa Beli Mobil? Simak Tipsnya di Sini. Photo by KlikCair
Waktu baca: 3 menit

Memiliki mobil pribadi sepertinya sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Apalagi kamu yang memiliki mobilitas yang tinggi. Pastinya memiliki kendaraan sendiri akan sangat memudahkan aktifitas harianmu.

Rasanya seperti mimpi untuk dapat membeli mobil sendiri kalau gaji hanya 2 juta perbulannya. Bagaimana ingin membeli mobil pribadi,hanya membayangkan cara membayarnya nanti saat  membeli saja sudah tidak berani. Apalagi harga mobil tidaklah murah. Ratusan juta harus siap di tangan jika ingin membeli mobil.

Gaji 2 Juta Bisa Beli Mobil

Ilustrasi beli mobil
Gaji 2 juta bisa beli mobil. Photo by Pixabay

Jangan pesimis dulu! Walaupun gaji kecil, kamu masih ada peluang untuk membeli mobil sendiri. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan untuk dapat membeli mobil dengan gaji 2 juta per bulan.

Baca Juga: 9 Cara Beli Rumah dengan Gaji 2 Juta per Bulan

  • Menentukan Jenis Mobil

Langkah pertama yang kamu lakukan adalah menentukan jenis mobil yang ingin kamu beli. Pilihan mobil saat ini sangat beragam. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam. Penting untuk menentukan jenis mobil sesuai dengan budget yang kamu punya.

Banyak pilihan mobil yang bisa jadi bahan pertimbanganmu saat kamu memilik gaji yang tidak besar. Mobil tipe LCGC bisa menjadi pilihan yang ideal. Mobil LCGC adalah Low Cost Green Car. Harga mobil ini lebih rendah jika dibandingkan dengan tipe mobil yang lain. Harga mobil baru tipe ini berkisar 80 juta hingga 130 juta.

  • Membeli Mobil Bekas

Selama kondisi mobil yang kamu beli masih bagus, tidak ada salahnya untuk membeli mobil bekas. Memang kamu harus benar-benar teliti dengan kondisi mobil bekas yang akan kamu beli. Tapi saat ini banyak agen-agen penjual mobil bekas yang memberikan kualitas mobil yang sangat baik. Harga mobil bekas biasanya relatif murah. Bahkan agen-agen penjual mobil bekas banyak yang menyediakan sistem pembayaran kredit. Dengan penghasilan 2 juta, membeli mobil bekas bisa menjadi pertimbanganmu untuk dapat memiliki kendaraan.

  • Mengatur Keuangan dan Membuat Target

Saat kamu bertekad ingin membeli mobil, kamu harus membuat target serta mengatur keuanganmu. Tentukan terlebih dahulu bagaimana target kamu untuk membeli mobil. Target bisa berupa jangka waktu yang kamu tetapkan untuk dapat membeli mobil. Setelah menetukan target yang tepat, mulai saatnya kamu mengatur keuanganmu.

  • Menyisihkan Keuangan Khusus untuk Membeli Mobil

Setidaknya kamu menyisahkan 30% hingga 40% dari gaji mu untuk kamu tabung. Ada baiknya jika kamu membuat tabungan khusus untuk membeli mobil. Hal ini agar kamu lebih fokus dan dana yang kamu tabung untuk membeli mobil tidak tercampur dengan dana lainnya.

  • Membuat Simulasi Pembayaran (Cash atau Kredit)

Sebelum membeli mobil, kamu harus membuat simulasi pembayaran terlebih dahulu. Dengan membuat simulasi pembayaran akan mempengaruhi target dan rencana keuanganmu kedepannya. Tentukan apakah kamu akan membayarnya dengan cash atau kredit. Jika membayar cash terasa berat bagimu, kamu bisa mencoba membayarnya dengan kredit sesuai dengan kemampuanmu.

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Mungkin masih terasa berat bagimu untuk menyisihkan beberapa persen gajimu untuk membeli mobil. Membagi dana antara kebutuhan harian dan juga target membeli mobil terasa berat saat penghasilanmu relatif kecil. Kamu dapat mencari penghasilan tambahan untuk meringankan bebanmu. Membuka usaha kecil, kerja paruh waktu atau bahkan menjadi freelancer bisa mendatangkan pendapatan tambahan.

Memang terasa berat sekali untuk mengumpulkan pundi-pundi uang. Apalagi melihat harga mobil yang tidak sebanding dengan gaji yang dihasilkan. Menentukan strategi yang tepat bisa jadi celah bagi kamu untuk bisa membeli mobil. Dibutuhkan tekad yang kuat dan konsisten agar tujuanmu tercapai. Tips-tips dalam artikel ini bisa menjadi insight baru bagi kamu yang ingin membeli mobil disaat gajimu senilai 2 juta.

Artikel Lainnya