4 Alasan Kenapa Vietnam Cocok buat Backpacker

Yuk Backpacker ke Vietnam via wendywutours.co.nz
Waktu baca: 3 menit

Liburan ala backpacker ke Vietnam belakangan ini sedang ramai peminat. Kamu juga bisa mempertimbangkan negara ini buat tujuan backpacking pertama kamu, lho. Selain karena lokasinya yang cukup dekat dengan Indonesia, negara ini juga masih punya banyak alasan buat kamu kunjungi. Apa saja alasannya? Yuk, simak dalam artikel ini, ya!

Backpacker ke Vietnam = hemat

Sama seperti kebanyakan negara di Asia Tenggara, biaya hidup di Vietnam masih tergolong murah. Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman menarik di Vietnam dengan budget minimal, lho. Ini karena harga untuk akomodasi dan transportasi di sana mirip dengan akomodasi dan transportasi di Indonesia.

Pernahkah kamu naik Cyclo? via travelvietnam.com

Pernahkah kamu naik Cyclo? via travelvietnam.com

Ada banyak hotel dan penginapan khusus liburan ala backpacker di Vietnam. Kamu tinggal memilih mana yang bisa mengakomodir semua kebutuhanmu. Bagaimana dengan transportasinya? Vietnam punya transportasi umum berupa bus, kereta api, dan cyclo yang mirip becak. Oh ya, di sini kamu juga bisa coba ojek online versi Vietnam alias Go-Viet, yang juga masih dipunyai oleh Go-Jek Indonesia! Tenang saja, semuanya pakai tarif yang masuk akal untuk kalangan turis backpacker, kok.

Kuliner yang unik

Kamu mungkin kenal Vietnam dari kopinya yang termahsyur. Ternyata, kuliner khas Vietnam bukan cuma kopi. Ada banyak kuliner unik yang rasanya bakal sulit kamu lupakan. Ini karena Vietnam punya banyak tradisi yang memengaruhi kulinernya, ada tradisi Vietnam sendiri, tradisi Tiongkok, Melayu, hingga Prancis. Kamu tidak perlu heran karena Vietnam memang punya sejarah yang panjang.

Cobalah Pho yang segar buat mengawali hari. Jangan lupa juga untuk mencicipi Goi Cuon, lumpia khas Vietnam. Jajanan ini punya bahan beragam untuk isiannya, jelas enak dan nikmat. Selain itu, Vietnam juga punya street food yang khas, salah satunya Com Tam yang berbahan dasar nasi. Tenang saja, semuanya dibanderol dengan harga yang bersahabat.

Com Tam khas Vietnam via eater.com

Com Tam khas Vietnam via eater.com

Banyak objek wisata menarik

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, Vietnam punya sejarah yang panjang. Negara ini sempat diduduki oleh Prancis dan Amerika Serikat. Peninggalan kedua negara ini masih bisa kamu temukan hingga saat ini. Kebanyakan bangunan peninggalan ini masih terawat dan bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Bukan cuma itu, Vietnam juga punya alam yang indah. Kamu bisa menemukan pemandangan laut sekaligus gunung yang menakjubkan di negara ini. Lengkapi liburan ala backpacker ke Vietnam dengan mengunjungi Teluk Ha Long yang eksotis atau Sa Pa yang misterius. Dua destinasi ini menawarkan pemandangan spektakuler dan akses yang mudah.

Backpacker ke Vietnam? Why Not! via pexels.com

Backpacker ke Vietnam? Why Not! via pexels.com

Asia Tenggara yang berbeda

Backpacker ke Vietnam akan membuka pengalaman baru untukmu. Dari negara ini, kamu bisa melihat Asia Tenggara dari sisi lain. Jika di Malaysia atau Thailand kamu masih bisa merasakan suasana yang mirip dengan Indonesia, di Vietnam akan berbeda. Negara ini punya tradisi dan budaya yang lebih condong ke budaya Tiongkok alih-alih Melayu.

Mulai dari pakaian dan makanan tradisional hingga seni budaya, semuanya punya sentuhan budaya Tiongkok. Di sini juga masih terasa budaya Prancis. Ini bisa dilihat dari minuman khasnya yang menggunakan meringue, yang sering ditemukan pada hidangan Perancis, Ca Phe Trung. Biar liburan ala backpacker ke Vietnam makin seru, kamu bisa baca tipsnya dulu di sini.

 

Vietnam belakangan ini memang jadi destinasi baru buat wisata backpacking. Nah, semoga empat alasan di atas bisa bantu kamu menyusun itinerary buat backpacker ke Vietnam, ya!

You may also like...

Leave a Reply