4 Jenis Asuransi Jiwa di Indonesia yang Perlu Diketahui

asuransi jiwa di Indonesia.
4 Jenis asuransi jiwa di Indonesia. Photo by Tribunnews
Waktu baca: 3 menit

Memiliki asuransi jiwa bisa dikatakan menjadi langkah wajib bagi yang ingin memberikan perlindungan terhadap seluruh keluarga. Apalagi saat ini sudah banyak asuransi jiwa di Indonesia yang jumlah preminya bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial. Maka dari itu, jumlah premi bukanlah alasan bagi kamu untuk menunda-nunda memiliki asuransi.

Adapun di Indonesia terdapat 4 jenis asuransi jiwa yang bisa kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu. Berikut ini jenis asuransi jiwa di Indonesia yang perlu dipahami.

Asuransi jiwa berjangka

asuransi jiwa di Indonesia.
Asuransi jiwa berjangka. photo by Wachterinsurance

Asuransi jiwa berjangka merupakan bentuk dasar dari sebuah asuransi jiwa yang perlindungan yang diberikan dapat diatur sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan. Mulai dari 5 hingga 30 tahun, para ahli waris akan mendapat uang pertanggungan sesuai dengan perjanjian saat nasabah telah meninggal dunia.

Selain uang pertanggungan, asuransi jiwa berjangka juga memiliki pertanggungan yang bermanfaat lainnya seperti santunan cacat tetap, pembebasan premi, hingga pertanggungan kredit. Namun, untuk mendapatkan hal itu, kamu perlu beli asuransi tambahan atau biasa disebut dengan rider dan biaya premi juga akan naik menyesuaikan rider yang diinginkan.

Asuransi jiwa seumur hidup

asuransi jiwa di Indonesia.
Asuransi jiwa seumur hidup. Photo by Kiplinger

Asuransi jiwa seumur hidup menawarkan perlindungan maksimal sepanjang usia nasabah dengan batas usia tertinggi hingga 100 tahun. Umumnya, polis ini menjanjikan pengembalian premi pada masa akhir asuransi. Jadi, meski usiamu sudah melewati 100 tahun, premi yang sudah dibayarkan tidak akan hangus semua. Kelebihan lainnya ialah asuransi jenis ini biasanya didampingkan dengan dana pensiun. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan masa tua dengan lebih baik.

Baca juga: Inilah Manfaat Asuransi Selain Sebagai Proteksi

Asuransi jiwa unit link

Asuransi unit link. Photo by Windows Net

Asuransi jiwa unit link bisa jadi jenis asuransi yang menarik bagi kamu yang ingin berinvestasi lewat asuransi. Hal itu dikarenakan tidak semua premi yang dibayarkan digunakan untuk membayar asuransi, namun sebagian juga diinvestasikan. Tentu saja asuransi jenis ini menjadi investasi jangka panjang yang bisa dipilih.

Asuransi jiwa dwiguna

Asuransi dwiguna. Photo by Eppsfinancial

Asuransi jiwa dwiguna memang kurang familiar di telinga. Asuransi ini fokus utamanya ialah mengakumulasi dana. Dengan premi yang tinggi, namun manfaat yang diberikan tidak maksimal karena uang santunan kecil. Hal itu dianggap wajar karena produk ini memang menjanjikan target kumpulan dana yang cukup besar pada waktu tertentu.

Sebagai contoh salah satu jenis dari asuransi jiwa dwiguna ialah asuransi pendidikan. Oleh karena difokuskan untuk persiapan pendidikan, maka manfaat dari premi yang dibayarkan juga akan mengikuti alur pendidikannya.

Itulah beberapa jenis asuransi jiwa di Indonesia yang perlu dipahami. Nah, agar kamu tidak salah langkah dalam memilihnya, kamu bisa ikuti beberapa tips memilih asuransi jiwa dengan premi yang murah. Berikut ini caranya:

  • Wajib asuransi jiwa murni
  • Memilikinya sejak dini
  • Hindari rider
  • Minimal premi paling rendah
  • Hindari asuransi jiwa seumur hidup

Adapun dalam pembayaran preminya sudah bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa melakukan pembayaran melalui internet banking, autodebet rekening bank, ATM, Teller, bahkan hingga e-commerce.

Demikian penjelasan mengenai jenis asuransi jiwa yang ada di Indonesia.Teliti dan pertimbangkan kebutuhanmu dalam membeli asuransi ya TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai