5 Tantangan yang Akan Dihadapi Saat Ingin Berhemat

Tantangan saat ingin berhemat.
Tantangan yang akan dihadapi saat ingin berhemat. Photo by Tribunnews
Waktu baca: 2 menit

Kondisi finansial yang tidak menentu terkadang membuat kamu harus mulai menjalankan hidup hemat. Namun, banyak tantangan yang akan dihadapi saat ingin berhemat. Terlebih jika kamu baru saja mengalami pemutusan hubungan kerja yang mana membuatmu tidak ada pemasukan lagi di masa yang akan datang.

Sambil menunggu panggilan pekerjaan baru, kamu harus melakukan penghematan ekstra. Meski sebenarnya perilaku hemat sangat dianjurkan sejak lama. Namun, pasti ada saja halangan dan tantangan yang akan dihadapi.

Berikut ini penjelasan mengenai tantangan yang akan dihadapi saat ingin berhemat.

Diskon besar

Diskon besar jadi tantangan saat ingin berhemat.
Diskon besar jadi tantangan saat ingin berhemat. Photo by Hipwee

Saat mulai menjalani hidup hemat, pasti ada saja merchant yang memberikan diskon besar-besaran. Terlebih jika itu adalah toko dan barang kesukaanmu. Diskon bisa dikatakan musuh yang harus dihadapi dengan tegas. Sebab, diskon ini bisa sangat berbahaya bagi kondisi keuanganmu.

Untuk itu kamu harus kuat menghadapi godaan tersebut. Pikirkan lagi bagaimana kehidupanmu kedepan sebelum mendapat pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa terselamatkan dari godaan diskon tersebut.

Diajak hangout

Diajak hang out.
Diajak hang out. Photo by Pexels

Sebagai makhluk sosial, manusia pasti butuh interaksi dengan manusia lainnya. Untuk berinteraksi, biasanya kamu akan hangout dengan teman-temanmu. Namun, sebelum memutuskan untuk hangout, kamu harus mempertimbangkan kondisi keuanganmu. Apalagi saat kamu sedang menjalani hidup hemat.

Saat ada ajakan hangout, ada baiknya kamu menolak ajakan tersebut dengan halus. Atau jika perlu, pilihlah tempat hangout yang tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal.

Baca juga: Gaya Hidup Hemat Orang Jepang yang Harus Diteladani

Terlalu banyak waktu luang di rumah

Terlalu banyak waktu luang di rumah.
Terlalu banyak waktu luang di rumah. Photo by Pexels

Awalnya kamu akan merasa senang-senang saja saat sering di rumah karena bisa menghemat pengeluaranmu. Namun lama-kelamaan kamu akan merasa jenuh dan bosan lalu berpikir untuk keluar dari rumah untuk mencari hiburan. Ujung-ujungnya, malah kamu mengeluarkan biaya yang lumayan besar sehingga kamu gagal untuk berhemat.

Untuk menanggulanginya, carilah kegiatan baru agar rasa jenuhmu hilang. Namun, pilihlah kegiatan yang tidak menjebolkan dompetmu. Contohnya, jalan-jalan atau jogging keliling kompleks. Dengan begitu, badanmu bisa lebih sehat dan dompet juga aman.

Itulah beberapa tantangan yang akan kamu hadapi saat ingin berhemat. Meskipun tantangannya cukup banyak, tapi kalau sudah terbiasa menghadapinya pasti akan berjalan dengan baik. Dan tanpa kamu sadari, kamu menjalani proses berhemat. Selamat mencoba!

Mungkin Anda juga menyukai