Super Apps Adalah Aplikasi All In One, Ini Karakteristik dan Kelebihannya!

Super Apps Adalah Aplikasi All In One, Ini Karakteristik dan Kelebihannya!
Super Apps Adalah Aplikasi All In One, Ini Karakteristik dan Kelebihannya! Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Super apps adalah aplikasi yang berisi banyak layanan. Aplikasi ini sengaja dihadirkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya. Dan banyak perusahaan yang telah mengaplikasikannya.

Perkembangan dari super apps ini sangatlah menjanjikan beberapa tahun terakhir. Keberadaannya membuat setiap orang memiliki opsi terbaik dalam menggunakan berbagai layanan dalam satu genggaman.

Lantas, apa itu super apps? Seperti apa karakteristiknya? Apa saja kelebihannya? Mari temukan jawabannya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Super Apps?

Super apps adalah aplikasi all in one yang dapat digunakan oleh pengguna untuk mengakses banyak layanan sekaligus. Artinya, di dalam satu aplikasi ini terdapat beberapa layanan yang dapat digunakan oleh pengguna.

Adapun sejumlah layanan yang terdapat di dalamnya bisa berasal dari mana saja. Baik dari garapan pengembang aplikasi tersebut maupun buatan pihak ketiga.

Aplikasi yang berisi layanan gabungan ini bisa menciptakan ekosistem monopoli. Memberikan kepraktisan bagi pengguna yang hendak memanfaatkan sejumlah layanan tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya.

Tentu saja, aplikasi terkini seperti ini sudah menjawab tentang permasalahan yang dialami oleh setiap pengguna. Khususnya pengguna yang menginginkan kemudahan dalam mengakses banyak layanan dalam satu aplikasi saja.

Di samping itu, kekhawatiran tentang penuhnya memori internal ponsel pintar pun bisa diminimalkan. Bahkan, pengguna tidak perlu khawatir dengan penurunan kinerja dari ponsel pintarnya.

Salah satu contoh dari aplikasi gabungan ini adalah super apps Polri. Dalam satu aplikasi ini, pengguna memperoleh banyak manfaat terkait layanan. Di antara layanan yang disediakan adalah pengecekan data kendaraan, perpanjangan pajak STNK, hingga layanan memperpanjang SIM Online.

Baca juga: Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis di Android & iOS

Karakteristik dari Super Apps

Karakteristik super apps
Karakteristik super apps. Photo by @nate_dumlao

Tidak seperti aplikasi lainnya, super apps memiliki karakteristiknya sendiri. Di antara karakteristiknya sebagai berikut:

1. Punya Layanan yang Diunggulkan

Meskipun berisi sejumlah layanan, tetapi tidak semua layanan tersebut sama menonjolnya. Pengembangnya tentu akan mengunggulkan satu atau dua layanan ketimbang semuanya.

2. Kecenderungan Pengguna pada Aplikasi

Karakteristik dari aplikasi super ini selalu menjaga keberadaan dari pengguna. Tujuan utamanya supaya pengguna tidak beralih ke aplikasi lainnya.

Ini bisa dicontohkan dengan pengguna yang mengakses aplikasi milik Polri. Pengguna mengaksesnya untuk mengecek data kendaraan.

Di lain sisi, pengguna juga tetap mengakses aplikasi tersebut untuk mendapatkan layanan perpanjangan STNK. Begitu pula jika hendak memperpanjang SIM, layanan dalam aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan.

Sederhananya, pengguna selalu terhubung dengan aplikasi tersebut untuk menikmati sejumlah layanan yang dibutuhkan. Tentunya tanpa harus berpindah ke aplikasi lainnya.

3. Memiliki Hubungan Langsung dengan User

Karakteristik lainnya adalah mudahnya pengguna untuk menggunakannya. User tidak perlu mencarinya di search engine. Tetapi, cukup tekan aplikasinya yang terdapat dalam ponsel.

4. Terbuka Kerjasama dengan Layanan Perusahaan Lain

Sebagai salah satu aplikasi yang menyimpan sejumlah layanan, tentunya aplikasi ini tidak berdiri sendiri. Meskipun itu bisa dilakukan, tetapi pengembang tetap membuka kesempatan bagi pihak ketiga untuk bekerja sama.

Adanya Kerjasama dengan pihak lainnya, ini menjadikan aplikasi semakin kuat. Bahkan, terbuka untuk menjadi sebuah aplikasi yang paling berguna bagi masyarakat.

Contohnya aplikasi Grab. Aplikasi ini bekerja sama dengan layanan pembayaran OVO. Layanan ini saling menguntungkan sehingga bisa bekerja sama dengan sama baiknya.

Kelebihan Super Apps

Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh super apps. Di antara kelebihannya sebagai berikut:

1. Banyak Layanan dalam 1 Aplikasi

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa super apps adalah aplikasi dengan banyak layanan. Ini tentunya menggambarkan betapa banyaknya layanan yang bisa pengguna manfaatkan.

Berbagai kebutuhan pengguna dapat terpenuhi melalui 1 aplikasi tersebut. Misalnya memesan makanan, investasi hingga membeli kebutuhan sehari-hari.

2. Hemat Biaya Pengembangan Aplikasi

Komplitnya layanan menjadikan aplikasi ini semakin diminati oleh pengguna. Menariknya, pemilik aplikasi tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk mengembangkan aplikasinya.

Hal ini bermula dari terbukanya pengembang untuk menerima kerja sama dengan beberapa layanan pihak ketiga. Adanya kerja sama inilah yang membuat pengembangannya jauh lebih hemat.

3. Jawaban atas Kebutuhan User

Disadari atau tidak, aplikasi semacam ini juga sangat diminati oleh para pengguna. Ini tidak lepas dari keuntungan yang didapatkan pengguna.

Pengguna tidak membutuhkan banyak aplikasi yang terinstal ke dalam ponsel pintarnya. Cukup 1 aplikasi, semua layanan sesuai kebutuhannya bisa didapatkan.

Ini sekaligus menjadi jawaban bagi user yang menginginkan penghematan memori internal di smartphone. Selain itu, kinerja dari smartphone juga semakin baik lantaran tidak terbebani banyaknya aplikasi di dalamnya.

4. Menguntungkan Pemilik Aplikasi

Kelebihan lainnya dari sisi pemilik aplikasi adalah banyaknya basis data baru di dalamnya. Ini juga berimbas pada kemajuan bisnis.

Idealnya, perusahaan yang meluncurkan aplikasi sudah memiliki data pelanggan. Kemudian, data ini dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan sejumlah layanan.

Layanan-layanan yang terkait ini bisa dilengkapi oleh pihak ketiga. Dari sini, data pelanggan juga akan bertambah bagi pemilik bisnis. Dengan begitu, ada keuntungan yang didapatkan oleh pemilik bisnis/aplikasi.

Kesimpulannya, super apps adalah aplikasi dengan banyak layanan yang menjadi jawaban dari kebutuhan pengguna di era modern. Karena, pengguna bisa menggunakannya tanpa khawatir membebani kinerja ponsel pintarnya.

Mungkin Anda juga menyukai