Waspada! 7 Penyakit yang Mudah Menyerang Pekerja Kantoran

Penyakit yang menyerang pegawai kantor.
Penyakit yang menyerang pegawai kantor. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Sebagai seorang karyawan pasti tidak akan pernah lebas dari rutinitas setiap hari di kantor. Tugas, pekerjaan hingga deadline menjadi santapan sehari-hari. Bahkan terkadang ada beberapa tugas atau pekerjaan yang harus dibawa pulang agar cepat selesai dan bisa mencapai target yang diinginkan. Meski begitu, hal tersebut bisa menjadi konsekuensi yang cukup besar. Malahan bisa menjadikan penyakit mudah menyerang pekerja kantoran.

Berikut ini beberapa penyakit yang dengan mudah menyerang pekerja kantoran yang wajib kamu waspadai.

Insomnia

Sulit tidur atau insomnia.
Sulit tidur atau insomnia. Photo by Alexgorn

Meski sering dipandang sebelah mata, insomnia merupakan hal yang paling umum dan sering menimpa para karyawan. Hal itu terjadi karena biasanya dikejar oleh deadline pekerjaan sehingga para pegawai harus tetap bekerja hingga larut malam dan mengabaikan waktu tidur yang seharusnya dibutuhkan. Insomnia tidak boleh dibiarkan begitu saja, sebab dapat merusak jam istirahat dan mengganggu kinerja anggota tubuhmu.

Maag dan diare

Maag dan diare.
Maag dan diare. Photo by Pixabay

Kegiatan kerja di kantor terkadang membuat jam makan akan jadi berantakan bahkan hingga lupa makan. Hal ini jelas dapat membuatmu mengalami masalah pencernaan yang serius, mulai dari diare hingga maag. Kedua hal tersebut jangan dianggap sepele, karena diare dan maag akut bisa berdampak kondisi pencernaan jadi lebih buruk.

Baca juga: 7 Tips Agar Kamu Selalu Semangat Ketika Bekerja

Obesitas

Obesitas.
Obesitas. Photo by Doktersehat

Selain membuat kamu terkena maag dan diare, pola makan yang berantakan juga bisa memicu obesitas. Apalagi, jika kamu salah satu tipikal orang yang menyalurkan stres akibat kerja ke makan. Ditambah kamu jarang beraktivitas fisik maka akan memicu obesitas. Obesitas ini sangat berbahaya bagi tubuh karena akan membuat aktivitas menurun dan membuat kondisi organ tubuh jadi lemah karena tertimbun oleh banyaknya lemak.

Diabetes

Diabetes.
Diabetes. Photo by Pixabay

Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya yang bisa terjadi karena keturunan atau pola makan yang tidak benar. Apabila kamu jarang beraktivitas fisik, kurang tidur, dan sering memakan makanan yang terlalu banyak mengandung gula maka risiko diabetes semakin besar.

Tifus

Tipes.
Tipes. Photo by Hello Sehat

Tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella yang menyerang pencernaan. Hal itu disebabkan oleh salah satunya ialah kebersihan makanan yang kurang diperhatikan. Jika hal ini ditambah dengan lelah dan daya tubuh menurun, maka risiko terkena tifus juga semakin besar. Dengan begitu, kemungkinan besar kamu harus masuk ke rumah sakit untuk mendapat penanganan yang tepat dari dokter.

Radang tulang belakang

Sakit pinggang
Sakit pinggang. Photo by lewypt

Memang penyakit ini bisa dikatakan masih asing bagi sebagian orang. Namun, radang tulang belakang ini cukup serius karena diawali dengan sakit punggung biasa hingga perlu penanganan khusus dari dokter. Radang tulang belakang ini termasuk sulit disembuhkan karena mempengaruhi tulang belakang secara langsung dan membuat penderitanya tidak mampu untuk bergerak.

Penyebab penyakit ini bisa dikatakan beragam, namun bagi pegawai kantor hal ini bisa terjadi karena selalu terpaku di depan komputer tanpa aktivitas fisik dan istirahat yang cukup. Akibat hal itu, tulang belakang bisa bisa rusak karena tekanan dan radang yang berlebihan.

Ambeien

Ambeien.
Ambeien. Photo by gastroconsa

Kebiasaan duduk, kurang minum, serta mengangkat beban terlalu berat bisa membuat penyakit ambeien/wasir. Wasir ini dapat terjadi pada anus di mana terdapat benjolan sehingga akan terasa sakit saat duduk dan jika lebih parah dapat membuat penderita sakit saat buang air besar dan mengeluarkan darah. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu hidup sehati di kantor dengan banyak melakukan aktivitas fisik serta minum air putih.

Nah itulah beberapa penyakit yang mudah menyerang para pekerja kantor. Maka dari itu, sebagai seorang pekerja kantor atau karyawan kamu harus tetap menjaga kesehatan jiwa dan raga. Sebab, jika sudah terserang penyakit, maka akan banyak kerugian yang harus dialami. Selain membuat pekerjaan menjadi menumpuk, kamu juga bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Leave a Reply