Tips Hemat Buka Bersama Tapi Tetap Berkesan untuk Para Tamu Undangan

Tips Hemat Buka Bersama Tapi Tetap Berkesan untuk Para Tamu Undangan
Tips Hemat Buka Bersama Tapi Tetap Berkesan untuk Para Tamu Undangan. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Tahukah kamu ternyata kegiatan buka bersama itu yang membuat keuangan jebol di bulan Ramadhan? Tentu saja ini bukan hal yang buruk. Bahkan, ini bisa menjadi kegiatan yang bisa mengikat kebersamaan dengan lebih kuat lagi. Namun, ada baiknya kamu ketahui tips hemat buka bersama agar kondisi tabunganmu tetap aman.

Tips ini tidak membuatmu harus membuat menu berbuka yang biasa-biasa saja. Namanya menggelar acara, tentu saja menjamu tahu harus sebaik mungkin. Akan tetapi, bukan berarti juga kamu harus mengeluarkan budget yang terlalu besar. Apalagi budget yang disiapkan dapat menguras isi tabungan. 

Biasanya, buka bersama itu dilakukan di minggu akhir bulan Ramadhan. Kenapa? Karena saat itulah orang-orang sudah mulai libur kerja. Sebelum mudik, biasanya mereka meluangkan waktu untuk berbuka bersama dengan keluarga, saudara, teman, atau rekan satu kantor.

Apakah itu juga yang kamu rencanakan? Jika ya, yuk simak tips hemat buka bersama berikut ini. 

Baca juga: Biar Nggak Kaget, Yuk Siapkan Biaya Tak Terduga di Bulan Puasa

Membuat Buka Bersama Sederhana tapi Tetap Meriah 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, buka bersama tetap harus berkesan. Ini tetap menjadi kegiatan yang meriah namun tidak membuat kamu boros pengeluaran.

Lalu, tips hemat buka bersama itu seperti apa? Berikut ini penjelasannya:

  1. Buka Bersama di Rumah Saja 

Ada rencana bikin acara buka bersama di restoran? Tentu itu sangat baik sekali. Kamu tidak perlu repot menyiapkan apapun. Kamu hanya perlu memesankan menu makanan lengkap dengan minuman dan camilan sesuai dengan jumlah undangan.

Namun, coba bayangkan berapa uang yang harus kamu siapkan? Belum lagi dengan banyaknya tamu yang sama-sama menggelar acara bukber lainnya. Di resto tersebut, ada kemungkinan kamu dan teman-teman akan mengantre saat shalat maghrib dan lain sebagainya.

Daripada bukber di luar, kenapa tidak di rumah saja? Selain lebih hemat, ini juga sebagai cara agar orang-orang datang bersilaturahmi ke rumah. Ini sangat baik untuk keberkahan rumah kamu juga.

  1. Membuat Menu Makanan Sendiri

Karena bukber di rumah, alangkah baiknya kamu buat menu makanan sendiri di rumah. Membuat makanan sendiri jauh lebih hemat daripada pesan dari luar. Apalagi jika kamu mengundang orang dalam jumlah yang besar. Masak menu bukber di rumah sendiri menjadi tips hemat buka bersama yang perlu kamu pertimbangkan.

Tidak punya bakat untuk masak sendiri? Tenang saja. Kamu bisa meminta pembantu untuk memasak. Atau kamu bisa undang tetangga atau kenalan yang bisa diminta tolong untuk menyiapkan menu bukber. Sekalipun harus memberikannya upah, itu jauh lebih hemat daripada kamu pesan menu bukber dari luar.

  1. Pesan Menu Takjil Sederhana dari Luar 

Jika tamu undangan cukup banyak, kamu akan kerepotan kalau menyiapkan semua menu buka bersama tak terkecuali menu takjil. Untuk makanan ringan, bisa saja kamu order dari luar.

Pesan menu takjil yang bermacam-macam. Tidak perlu pilih menu yang besar. Takjil biasanya yang kecil-kecil seperti gorengan, kue, dan lain sebagainya.

  1. Manfaatkan Jajanan yang Sudah Ada

Menu takjil juga bisa berupa jajanan seadanya di rumah. Kamu dapat parcel berupa cookies atau kue dari kantor? Manfaatkan jajanan tersebut lalu hidangkan sebagai menu takjil. 

Karena sudah ada jajanan seadanya di rumah, tentu ini bisa mengurangi budget yang harus kamu keluarkan, bukan? Kamu bisa menambahkan 1 atau 2 item menu takjil dari luar.

  1. Bagi-Bagi Tugas

Ini tips tips hemat buka bersama yang bisa diterapkan ketika kamu buka bersama dengan teman-teman akrab. Punya teman yang bisa dimintai bantuan mempersiapkan makanan di rumah? Ajak dia. Selain pembantu, teman juga bisa kamu mintai tolong untuk membantu mempersiapkan bukber di rumah.

Tentu bukan sembarang teman. Kamu bisa pilih teman yang paling akrab yang selama ini ringan tangan dengan kamu. 

  1. Hindari Menggunakan Tempat Kemasan Sekali Pakai

Apa sih yang bikin kegiatan bukber boros? Betul sekali. Penggunaan kemasan makanan sekali pakai. Untuk itu, tips hemat buka bersama berikutnya adalah menghindari penggunaan kemasan sekali pakai. Contohnya piring dan gelas plastik, styrofoam, dan lain sebagainya.

Memang kamu mungkin merasa lebih efisien dengan menggunakan alat-alat sekali pakai. Namun, jika tamu undangan banyak, kamu harus menyiapkan dalam jumlah yang banyak juga.

Gunakan piring, gelas, dan peralatan makanan yang bisa digunakan berkali-kali. Tidak masalah jika kamu harus meluangkan waktu untuk mencuci setelah acara buka bersama selesai. Itu jauh lebih hemat daripada kamu membeli alat makan sekali pakai.

  1. Porsi Makan Secukupnya

Jangan khawatir jika kamu harus menyiapkan hidangan dalam jumlah yang sedikit. Kebanyakan orang tidak makan dalam porsi yang banyak ketika berbuka. Biasanya, mereka makan dalam porsi setengah daripada biasanya ketika berbuka puasa.

Apalagi kamu sudah siapkan berbagai menu takjil, mulai dari kue, gorengan, dan minuman manis. Kebanyakan orang sudah merasa kenyang setelah menyantap menu semacam itu. Saat mau makan menu utama, mereka sudah tidak berani lagi mengambil dalam porsi yang banyak.

Nah, itulah beberapa tips hemat buka bersama yang bisa kamu terapkan. Yang pasti, hemat tidak membuat acara buka bersama yang kamu gelar kurang berkesan. Yang paling penting adalah momen kebersamaan, bukan seberapa banyak atau seberapa mewah menu makanan yang kamu hidangkan. 

Jamu tamu kamu dengan sebaik mungkin. Akan tetapi, jangan sampai kamu kewalahan dalam hal budgeting. Sudah siap untuk menerapkan tips hemat buka bersama tersebut di atas?

Mungkin Anda juga menyukai