5 Kebiasaan Boros yang Sering Dilakukan Tidak Sengaja

Kebiasaan boros dilakukan tidak sengaja
Kebiasaan boros yang sering dilakukan dengan tidak sengaja. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Kondisi keuangan akan sangat dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan. Jadi, jika kamu tidak disiplin maka akan muncul beragam masalah keuangan. Misalnya saja kebutuhan tidak tercukupi dengan baik, tidak memegang uang di akhir bulan, timbul utang, dan lain sebagainya. Hal itu bisa muncul sebab menjalani kebiasaan boros yang sering dilakukan dengan tidak sengaja.

Nah, agar keuanganmu lebih baik dan tidak mengalami kondisi keuangan yang buruk, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa kebiasaan boros yang sering dilakukan dengan tidak sengaja. Berikut ini penjelasannya.

Tidak punya anggaran keuangan

Tidak membuat anggaran bikin jatuh miskin.
Wajib menyusun anggaran agar tidak boros. Photo by Pexels

Anggaran keuangan merupakan dasar dalam mengatur setiap pemasukan dan pengeluaran keuangan. Anggaran bisa dikatakan tepat jika kamu dapat mengelola keuangan dengan ketat dan bisa memenuhi semua kebutuhan dengan baik. Namun, jika tidak punya anggaran keuangan, bagaimana kamu bisa mengatur keuangan dengan baik?

Hanya karena kamu tidak pernah membuat anggaran keuangan, utangmu malah menumpuk atau bahkan kebutuhanmu tidak tercukupi. Pengeluaran yang dilakukan haruslah sesuai dengan kebutuhan dan juga penghasilanmu per bulan. Hal tersebut bisa diatur dalam anggaran keuangan di mana kamu memprioritaskan kebutuhan pokok terlebih dahulu lalu mengurangi berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting. Dengan begitu, anggaran akan seimbang dan kamu dapat memenuhi semua kebutuhan serta bisa menabung bahkan berinvestasi.

Baca juga: Intip Yuk! Inilah Cara Menabung yang Tepat

Belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan

Tidak belanja berlebihan.
Belanja barang yang tidak dibutuhkan. Photo by @byfoul

Bagi sebagian orang belanja mungkin sudah dianggap sebagai suatu kebutuhan. Namun, jika belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan itu sama saja pemborosan. Terlebih terkadang banyak diskon-diskon yang bertebaran baik di toko offline maupun online. Beli barang diskon memang terlihat menguntungkan sebab kamu membelinya dengan harga yang lebih murah. Namun, jika barang tersebut tidak benar-benar bermanfaat justru akan menambah pengeluaranmu.

Maka dari itu, berhentilah membeli barang-barang yang tidak penting meskipun harganya bisa dibilang lebih murah. Nah, agar lebih tersusun, sebelum berbelanja usahakan untuk membuat daftar belanja. Gunakan dan patuhi daftar tersebut sehingga kamu tidak membeli berbagai barang yang tidak perlu.

Tergoda dengan produk elektronik terbaru

kebiasaan boros dilakukan tidak sengaja
Tergoda membeli produk elektronik terbaru. Photo by Pexels

Di masa sekarang ini, perkembangan teknologi digital bisa dikatakan sangat pesat. Banyak produk-produk baru yang menunjang teknologi atau produk elektronik terbaru yang canggih dan menarik untuk dibeli. Apalagi jika kamu termasuk orang yang memiliki minat terhadap produk elektronik terbaru.

Namun, jika kamu ingin berhemat maka usahakan untuk menahan diri dari godaan berbagai produk elektronik baru yang setiap saat muncul. Jangan membeli barang baru apalagi jika tidak begitu mendesak sama sekali. Dengan begitu kamu lebih bisa menyimpan banyak uang dan bisa ditabung atau diinvestasikan.

Terlalu sering beli kuota internet

kebiasaan boros dilakukan tidak sengaja
Terlalu sering beli kuota internet. Photo by Stocksnap

Internet saat ini bisa dikatakan menjadi suatu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Untuk bisa mengaksesnya kamu harus memiliki kuota internet. Namun, jika terlalu sering membeli kuota internet maka pengeluaranmu bisa saja membengkak.

Nah, untuk mengurangi pengeluaran dalam membeli kuota, usahakan untuk menghemat penggunaan internetmu. Upayakan untuk membeli kuota internet cukup satu kali dalam sebulan sehingga kamu tidak butuh banyak uang dalam memenuhi kebutuhan ini.

Malas menabung

Tips hemat untuk ibu rumah tangga.
Malas menabung. Photo by Pexels

Menabung menjadi salah satu yang krusial agar keunaganmu jadi lebih kuat. Jika kamu tidak pernah menabung, maka dapat dipastikan bahwa seluruh uang akan selalu habis setiap bulannya atau bahkan akan merasa kekurangan.

Dengan menabung akan memperketat pengeluaran sekaligus menyiapkan dana cadangan jika suatu waktu kondisi keuanganmu memburuk. Mulailah untuk mengalokasikan sejumlah uang secara rutin untuk menabung, misalnya sebesar 15% dari penghasilanmu.

Demikian kebiasaan boros yang sering dengan tidak sengaja dilakukan. Yuk TemanKlik untuk berusaha membiasakan lebih disiplin dan mengatur pengeluaranmu dengan ketat agar bisa menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya. Hal ini dapat memungkinkanmu dalam memenuhi semua kebutuhan dengan baik, termasuk meninggalkan kebiasaan boros yang dapat menimbulkan masalah di dalam keuanganmu ke depannya.

Mungkin Anda juga menyukai