Biar Nggak Kaget, Yuk Siapkan Biaya Tak Terduga di Bulan Puasa

Biaya Tak Terduga di Bulan Puasa
Biar Nggak Kaget, Yuk Siapkan Biaya Tak Terduga di Bulan Puasa. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Menurut kamu, apa biaya tak terduga di bulan puasa? Kalau kamu menjawab biaya untuk mudik, sebenarnya jawaban itu tidak terlalu tepat. Apalagi jika setiap tahun kamu terbiasa mudik. Seharusnya, biaya mudik bukan biaya tak terduga dong. 

Lalu, apa biaya tak terduga yang biasanya harus dikeluarkan saat bulan puasa tiba? Informasi ini harus diketahui agar setidaknya kamu lebih bersiap-siap. Jangan sampai kamu tidak siap lalu bingung harus cari dana dari mana. Apakah kamu harus ambil uang di tabungan? Kalau bisa, jangan dong!

Baca juga: Kalap Kalau Dengar Promo di Bulan Ramadan? Kini Tidak Lagi!

5 Biaya Tak Terduga di Bulan Ramadhan 

Setidaknya, ada 5 biaya tak terduga di bulan puasa yang harus kamu antisipasi. Mengapa? Karena ternyata biaya tersebut tidak sedikit lho. Apa saja biaya yang dimaksud?

  1. Tagihan Listrik

Betul jika kamu menganggap ini biaya yang biasa setiap bulan dibayarkan. Namun, coba cek tagihanmu di bulan puasa. Apakah naik?

Kebanyakan, tagihan listrik di bulan puasa itu naik signifikan. Hal ini disebabkan penggunaan listrik yang lebih banyak selama bulan puasa dibandingkan bulan-bulan biasa. Misalnya saja kamu lebih sering menggunakan alat elektronik untuk masak, bikin kue, atau nonton film di malam hari bersama keluarga.

Nah, itulah yang membuat biaya untuk bayar listrik menjadi membengkak. Jika pembengkakan biaya cukup signifikan, wajar kan kalau itu dimasukkan ke dalam jenis biaya tak terduga di bulan puasa?

  1. Tagihan PDAM

Bukan hanya tagihan listrik yang membengkak. Tagihan PDAM juga biasanya naik. Apalagi jika kamu selama bulan puasa rajin masak sendiri di rumah. Otomatis penggunaan air ledeng juga meningkat dong. 

Khusus buat kamu yang mungkin punya usaha sampingan selama bulan Ramadhan seperti jualan takjil, siap-siap saja. Tagihan PDAM juga pasti naik.

  1. Pengeluaran untuk Makan 

Nah, ini yang biasanya tidak disadari oleh kebanyakan orang. Kok pengeluaran makanan saat puasa malah lebih banyak daripada pengeluaran makanan di bulan biasa? Tentu saja. Coba hitung berapa uang yang kamu keluarkan setiap sore untuk membeli takjil?

Belum lagi ada acara-acara bubker. Mulai dari bukber dengan teman kantor, alumni SMA, SMP, SD, dan bahkan TK. Belum lagi bubker dengan keluarga besar yang mana kamu tentu harus ikut iuran. Kalau tidak, kamu pasti bakal jadi bahan perbincangan.

Itulah yang membuat pengeluaran untuk makanan itu menjadi biaya tak terduga di bulan puasa. Jadi, kamu harus melakukan antisipasi. Misalnya dengan mengurangi kebiasaan membeli takjil di luar. Buat budget untuk bukber agar pengeluaran kamu tidak membengkak.

  1. Dana Sosial dan Keagamaan

Di bulan puasa, ternyata ada iuran sosial dan keagamaan yang banyak lho. Apalagi jika kamu tinggal di daerah perkampungan. Ada iuran dari desa yang akan digunakan memberikan THR buat takmir masjid, imam masjid, dan musholla. 

Belum lagi jika ada pesantren Ramadhan di area di mana kamu tinggal. Biasanya, warga secara bergiliran diminta untuk mengirimkan hidangan takjil untuk anak-anak yang mengaji di pesantren Ramadhan setiap sore hari menjelang berbuka puasa.

Tentu itu merupakan amal sedekah yang baik. Yang pasti, siapkan dana untuk kegiatan sosial dan keagamaan di lingkunganmu ya.

  1. Iuran Sekolah

Punya anak yang sudah sekolah? Siap-siap merogoh kocek lebih dalam ya. Terkadang, ada kegiatan khusus yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Misalnya saja mengajak anak untuk berbagi dengan panti asuhan di bulan Ramadhan. Kegiatan ini dilakukan untuk menanamkan empati dan kesadaran akan berbagi dengan sesama kepada anak didik.

Ini kegiatan yang baik, bukan? Untuk itu, kamu sebagai orang tua harus mendukung penuh. Siapkan budget khusus untuk kegiatan ini dan masukkan ke dalam kategori biaya tak terduga di bulan puasa. 

  1. Biaya Perawatan Kendaraan

Mau mudik pakai kendaraan pribadi? Coba cek dulu sudah berapa lama kamu tidak melakukan service? Mungkin oli mobil sudah diganti secara rutin. Namun, bagaimana dengan kondisi lainnya? Apakah kaki-kaki mobil masih dalam kondisi bagus? Bagaimana dengan roda, apakah sudah botak?

Untuk kenyamanan dan keselamatan selama mudik, kamu wajib melakukan pengecekan mobil secara menyeluruh. Mulai dari kondisi ban, kampas rem, oli, dan lain sebagainya. Dan asal kamu tahu. Biaya service dan perawatan mobil secara menyeluruh ini tidak sedikit lho. 

Mungkin kamu perlu siapkan dana hingga jutaan rupiah untuk membawa mobil ke tempat service yang terbaik. Ini jauh lebih disarankan daripada kamu mendapatkan masalah di saat perjalanan mudik nanti. Setuju, kan?

Itulah beberapa biaya tak terduga di bulan puasa yang wajib kamu antisipasi. Sebenarnya, seharusnya langkah antisipasi ini dilakukan jauh hari sebelum bulan puasa tiba. Kamu harus menabung dulu lantaran biaya tak terduga tersebut tidaklah sedikit.

Namun, jika sudah terlanjur masuk bulan puasa, itu tidak jadi masalah. Kamu bisa melakukan langkah antisipasi lain. Misalnya saja melakukan budgeting dan penghematan. Kurang pembelian kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Kamu juga bisa melakukan langkah antisipasi lainnya dengan cara mencari sumber penghasilan tambahan lainnya. Kamu bisa berjualan makanan takjil, misalnya.

Dapat THR dari kantor? Lakukan manajemen THR yang baik agar uang THR tersebut tidak menguap begitu saja. Ada sebagian yang harus kamu sisihkan untuk mencukupi biaya tak terduga di bulan puasa tersebut di atas.

Jadi, sudah tahu kan apa yang harus dilakukan?

Mungkin Anda juga menyukai