Tips Generasi Sandwich Punya Keuangan Tetap Stabil

Generasi sandwich punya keuangan yang stabil.
Generasi sandwich punya keuangan yang stabil. Photo by @sanderdalhuisen
Waktu baca: 2 menit

Fenomena generasi sandwich saat ini bagaikan sebuah siklus tiada akhirnya. Bagi yang belum mengetahui, generasi sandwich merupakan istilah bagi generasi yang terhimpit untuk memenuhi kebutuhan finansial anak-anak sekaligus orang tua mereka. Tentu kondisi ini akan membuat frustasi. Dengan begitu, generasi sandwich pasti akan memiliki keuangan yang tidak stabil.

Namun, jika kamu termasuk dalam generasi sandwich tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, menjadi generasi sandwich bukan berarti keuanganmu tidak stabil. Kamu bisa saja menjadi seorang generasi sandwich yang memiliki keuangan tetap stabil bahkan bisa meraih merdeka finansial.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan jika kamu termasuk dalam generasi sandwich dan bisa memiliki keuangan yang stabil.

1. Buat pos anggaran

Bagi generasi sandwich, ada baiknya untuk membuat pos anggaran setiap bulannya. Dengan begitu, kamu akan lebih siap dalam menghadapi pengeluaran yang tidak terduga. Untuk mulai membuat pos anggaran, kamu bisa awali dengan membagikan penghasilan untuk ditabung jadi dana darurat, investasi, dan kehidupan sosial kamu hingga konsumsi.

Usahakan setiap pos tersebut memiliki porsi masing-masing yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Usahakan untuk tidak membebankan lebih dari 60 persen dari penghasilanmu untuk salah satu pos tersebut.

Baca juga: 6 Kesalahan Manajemen Keuangan yang Harus Dihindari

2. Pisahkan rekening untuk menabung dan pengeluaran rutin

Salah satu yang sulit dilakukan ialah tidak menggunakan uang sesuai dengan tujuannya. Maka dari itu, solusi yang tepat agar bisa menggunakan uang sesuai tujuan ialah kamu bisa memisahkan antara rekening untuk menabung dan pengeluaran rutin. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak penting dan berlebihan.

3. Lakukan proteksi diri

Sebagai tulang punggung keluarga dan bagian dari generasi sandwich, penghasilanmu pasti sangat dibutuhkan. Maka dari itu, sangat penting untuk melakukan proteksi diri. Untuk memproteksi diri, kamu bisa mulai untuk memiliki asuransi kesehatan. Manfaatkanlah BPJS Kesehatan atau asuransi jiwa lainnya agar kondisi keuangan keluarga tidak berantakan.

4. Mulai berinvestasi

Memiliki investasi sejak dini juga sangat perlu bagi kamu yang termasuk dalam generasi sandwich. Tidak ada kata terlambat untuk memulai investasi. Kamu bisa memulainya dengan menyisihkan sekitar 10 persen dari penghasilan setiap bulan untuk investasi. Apalagi saat ini instrumen investasi sudah banyak.

Salah satu jenis investasi yang bisa kamu pertimbangkan ialah Peer to Peer (P2P) Lending seperti KlikCair. KlikCair menghubungkan UMKM yang berpotensi dan memiliki keinginan untuk mengembangkan kapasitasnya dengan para pemberi pinjaman yang nantinya bisa memajukan perekonomian Indonesia.

Itulah beberapa tips agar generasi sandwich bisa memiliki keuangan yang tetap aman. Segera terapkan tips di atas ya TemanKlik!

Mungkin Anda juga menyukai