Yuk, Cari Tahu Lensa Kamera yang Tepat untuk Dapat Foto Hits

lensa kamera profesional
Waktu baca: 3 menit

Saat ini, fotografi menjadi salah satu hobi yang cukup banyak digemari, terutama bagi generasi milenial. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang terjebak pada model daripada lensa kamera. Padahal, lensalah yang berperan penting untuk mendapatkan foto terbaik. Memilih lensa kamera yang tepat bukan hal mudah, kamu harus mengetahui jenis-jenisnya dahulu. Apa saja jenis lensa tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Lensa Kamera Kit

Pertama ada lensa kit (kit lens), lensa ini adalah yang paling umum digunakan dan menjadi salah satu standar pelengkap saat kamu membeli kamera. Bahannya dibuat dari material yang tidak terlalu mahal sehingga harganya pun tidak begitu tinggi. Lensa kit dilengkap dengan variable apertures yang dapat membuat bukaan diafragma berubah sesuai seberapa jauh zoom digunakan.

Lensa kit juga menghasilkan gambar yang tidak terlalu tajam dan jernih. Namun, bagi kamu yang ingin belajar fotografi dan mendapatkan gambar terbaik, dapat menggunakan lensa ini. Ini dikarenakan kamu akan lebih leluasa untuk mengembangkan gaya khas dalam membidik sebuah objek.

Macro Lens: Lensa Kamera Detail

Jika kamu ingin detail foto close up yang fokus terhadap objek, macro lens adalah lensa kamera yang tepat untuk dipilih. Beberapa objek yang dapat kamu bidik dengan menggunakan lensa ini antara lain seperti tetesan embun, serangga, atau objek berukuran kecil lainnya. Objek tersebut merupakan objek favorit para fotografer dalam fotografi makro.

macro lens
Pilihan lensa kamera macro lens via the-digital-picture.com

Saat ini memang banyak terdapat beberapa kamera dan lensa yang dilengkapi pengaturan ‘macro’. Namun, perlu kamu ingat lensa makro sebenarnya bisa menghasilkan foto berukuran life-size yang sangat dekat dengan objek foto. Lensa makro inilah yang bisa kamu gunakan untuk membidik foto hits di alam terbuka.

Prime Lens untuk Foto Potret

Prime lens disebut juga dengan fixed lens, perbedaan lensa ini dengan lensa lainnya adalah tidak memiliki kemampuan zooming. Meski begitu, prime lens mengajarkan pada kamu untuk melatih kreativitas membidik objek dengan melihat set lokasi atau suasana. Selain itu, kelebihan dari lensa ini adalah memiliki focal length sehingga memiliki bukaan diafragma yang besar.

Dengan bukaan diafragma yang membesar akan membuat objek utama semakin menonjol. Makin menarik lagi karena akan mendapatkan foreground dan background yang blur. Di kalangan para fotografer profesional, lensa ini sering digunakan untuk portrait photography.

Telephoto Lens

Banyak orang lebih mengenal lensa satu ini dengan sebutan lensa tele. Para fotografer profesional banyak yang menggunakannya karena kemampuan lensa yang bisa diandalkan dalam memperbesar objek. Bahkan objek yang cukup jauh sekali pun.

lensa telephoto untuk fotografer
Lensa telephoto merupakan salah satu lensa populer di kalangan fotografer via borrowlenses.com

Mungkin kamu sudah sering melihat di pertandingan sepakbola para fotografer menggunakan lensa tele ini. Selain itu, lensa ini juga sangat cocok untuk mengabadikan fenomena alam menakjubkan di sekitar kita. Semisalnya saja membidik atau memotret bulan purnama. Tentu ini akan sulit jika menggunakan lensa kit. Maka, agar foto semakin keren, kamu bisa menggunakan lensa tele.

Baca juga: Jangan Asal Motret, Ini 5 Cara Menghasilkan Uang dari Fotografi

Wide Angle Lens

Terakhir, lensa kamera yang tepat untuk kamu gunakan adalah wide angle lens. Keunggulan lensa ini adalah memiliki sudut pandang yang sangat luas. Dengan demikian, lensa ini memiliki kemampuan menyertakan banyak objek di dalam satu frame bidikan dibanding lensa lainnya.

Lensa wide ini dapat menarik cahaya dari kedua sisinya sehingga membuatnya mampu memberikan efek luas. Foto yang diambil menggunakan lensa ini pun memiliki karakter tersendiri yakni memberikan distorsi di tiap sisinya. Lensa wide sangat cocok untuk dibawa ketika traveling. Memilih dan membeli lensa kamera yang tepat untuk berfoto memang tidaklah mudah. Namun, kamu bisa memilikinya dengan cara berinvestasi selain menabung. Jadi, lensa mana dulu yang akan kamu gunakan?

You may also like...

Leave a Reply