Pengertian dan Fungsi TDP Perusahaan, Wajib Tahu!

Seorang sedang menyusun dokumen surat TDP
Pengertian dan Fungsi TDP Perusahaan, Wajib Tahu! Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Apakah kamu pernah mendengar tentang TDP Perusahaan? Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan fungsi TDP yang dimiliki perusahaan. Kamu perlu memahami hal ini supaya bisa mengurus izin perusahaan dengan baik.

Apa Itu TDP?

Kamu harus memahami apa itu TDP dengan baik. TDP perusahaan adalah surat tanda pengesahan yang perlu dimiliki oleh perusahaan. Biasanya surat ini dikeluarkan oleh Kantor Pendaftaran Perusahaan. Supaya bisa mendapatkan surat tersebut, maka kamu perlu mendaftarkan perusahaan terlebih dahulu. Hal ini diatur dalam UU No. 3 Tahun 1982 yang menyatakan bahwa TDP adalah catatan resmi yang wajib dimiliki oleh sebuah perusahaan.

Kamu bisa melakukan pendaftaran perusahaan melalui KPP Kabupaten di lokasi perusahaanmu didirikan. Perlu diketahui, TDP adalah dokumen terakhir yang perlu kamu urus untuk mendirikan badan usaha. Apakah TDP masih berlaku? Masa berlaku TDP adalah lima tahun. Kamu bisa mengganti TDP apabila mengalami kerusakan atau kehilangan. Waktu mengurusnya paling lambat 3 bulan terhitung sejak tanggal kehilangan TDP.

TDP dan NIB apakah sama? NIB adalah Nomor Induk Berusaha, sedangkan TDP adalah Tanda Daftar Perusahaan. NIB diterbitkan oleh OSS, sedangkan TDP diterbitkan oleh KPP sebagai catatan resmi perusahaan.

Fungsi TDP

Setelah mengetahui apa itu Nomor TDP Perusahaan, maka kamu perlu mengetahui fungsi dari TDP. Hal ini penting supaya kamu bisa menggunakan TDP dengan baik. Selain itu, kamu bisa menjaga TDP dengan benar supaya tidak hilang dan rusak. Fungsi TDP adalah sebagai surat resmi yang membuktikan bahwa perusahaanmu dijalankan secara legal. Surat ini dapat menunjukkan bahwa perusahaanmu bersifat resmi dan bisa dipercaya.

Jika kamu tidak memiliki surat tersebut, maka perusahaanmu bisa dianggap ilegal. Sehingga penting bagi kamu untuk segera mendaftarkan perusahaan. Apabila tidak didaftarkan, perusahaanmu bisa diberhentikan oleh pihak berwajib.

Syarat Pembuatan TDP

Jika ingin mengurus TDP Perusahaan, maka kamu perlu mengetahui persyaratan yang perlu dilengkapi. Terdapat berbagai persyaratan yang perlu kamu lengkapi, sebagai berikut:

Perusahaan Berbentuk Koperasi

Jika kamu memiliki perusahaan yang berbentuk koperasi, maka syarat daftar TDP yang perlu dilengkapi, sebagai berikut:

  1. Identitas Koperasi

Kamu perlu melengkapi surat-surat identitas koperasi, seperti fotokopi akta pendirian koperasi, fotokopi KTP pengurus, fotokopi surat pengesahan badan hukum, dan fotokopi surat izin usaha.

  1. Data Laporan Operasional Koperasi

Selanjutnya, kamu perlu melengkapi data-data terkait dengan data operasional koperasi. Kamu bisa melengkapi data terkait kapasitas produksi, modal, tenaga kerja, dan formulir TDP. Jangan lupa untuk melengkapi data NPWP koperasimu.

Perusahaan Berbentuk Perseroan Terbatas

Jika memiliki perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas, maka kamu perlu melengkapi persyaratan pendaftaran Izin tanda daftar perusahaan, sebagai berikut:

  1. Identitas Perusahaan Perseroan Terbatas

Kamu perlu melengkapi dokumen terkait dengan identitas perusahaan perseroan terbatas, seperti akta pendirian perseroan, akta perubahan pendirian perseroan, surat keputusan pengesahan sebagai badan hukum, fotokopi KTP pengurus, dan fotokopi izin usaha.

  1. Data Laporan Operasional Perseroan Terbatas

Silakan untuk melengkapi data operasional perusahaan, seperti peralatan yang dimiliki, moda, tenaga kerja, dan kapasitas produksi. Kamu juga perlu melengkapi dokumen wajib pajak perusahaan.

Perusahaan Berbentuk CV

Apabila memiliki perusahaan berbentuk CV, maka kamu perlu mengetahui cara daftar surat tanda pengesahan perusahaan, sebagai berikut:

  1. Identitas CV

Silakan untuk melengkapi dokumen yang berhubungan dengan identitas perusahaan. Kamu perlu menyiapkan akta pendirian perusahaan, KTP pengurus perusahaan, dan fotokopi surat izin usaha.

  1. Data Operasional CV

Selanjutnya, kamu perlu melengkapi data operasional perusahaan, yaitu data peralatan, modal, tenaga kerja, kapasitas produksi, dan formulir TDP. Jangan lupa untuk melengkapi surat NPWP supaya bisa segera mendaftar.

Baca juga: Begitu Mudahnya Cara Membuat Surat Izin Usaha Perdagangan

Prosedur Pembuatan TDP

Jika kamu sudah mengetahui syarat pendaftaran TDP. Selanjutnya, kita akan membahas bagaimana cara membuat TDP? Kamu perlu mengetahui ini supaya proses daftar perusahaan dapat berjalan lancar.

  1. Isi Formulir Pendaftaran

Silakan untuk mengisi formulir pendaftaran TDP terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkan formulir pendaftaran di kantor KPP. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan secara online dengan mengunjungi Website Dinas Penanaman Modal dan Usaha Terpadu.

  1. Siapkan Dokumen Persyaratan dan Validasi Berkas

Selanjutnya, kamu perlu menyiapkan dokumen yang diperlukan. Jika sudah, silakan menyerahkan langsung ke kantor KPP untuk langsung divalidasi. Kamu juga bisa mengunggah dokumen secara online untuk divalidasi.

  1. Survei Petugas KPP

Jika dokumen sudah divalidasi, maka akan dilakukan survey langsung ke perusahaanmu. Pihak KPP akan datang langsung untuk memeriksa kondisi perusahaanmu. Jika lolos, maka kamu perlu melakukan pembayaran retribusi.

  1. Pencetakan Izin

Selanjutnya, kamu perlu menunggu pencetakan surat TDP dan penyerahan surat tersebut. Jika sudah, maka kamu tidak perlu kebingungan lagi mengenai apa itu TDP karena suratnya sudah ada ditanganmu sekarang.

5 Badan yang Wajib Mengurus TDP

Terdapat 5 badan yang wajib mengurus TDP Perusahaan, sebagai berikut:

  1. Koperasi

Koperasi merupakan badan usaha yang memiliki anggota yang memiliki asas kekeluargaan. Badan usaha ini wajib mengurus surat ini supaya bisa dikelola secara resmi dan dipercaya oleh masyarakat.

  1. Perseroan Terbatas

Perseroan Terbatas merupakan perusahaan yang didirikan berdasarkan perjanjian. Kegiatan usaha yang dilakukan berdasarkan modal dasar saham. PT perlu mengurus TDP Perusahaan sesuai dengan peraturan Undang-Undang.

  1. CV

CV merupakan badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih. CV perlu mengurus TDP supaya menjadi perusahaan resmi. Kamu bisa belajar dari Contoh tanda daftar perusahaan jika kebingungan mengurusnya.

  1. Firma

Firma merupakan perusahaan komersial yang membeli atau menjual produk kepada konsumen. Perusahaan ini perlu mengurus TDP supaya bisa dinyatakan sebagai perusahaan resmi.

  1. Perorangan

Perusahaan Perorangan merupakan perusahaan yang didirikan oleh perorangan. Perusahaan jenis ini perlu mengurus TDP supaya bisa beroperasi secara resmi. Pastikan kamu segera mengurus surat ini.

Siapa Saja yang Tidak Perlu Membuat TDP

Setelah kamu memahami apa yang dimaksud dengan tanda daftar perusahaan adalah hal yang penting. Kamu perlu mengetahui perusahaan yang tidak peril mengurus TDP. Hal ini diatur dalam Undang-Undang mengenai perusahaan yang dikecualikan memiliki TDP.

Perusahaan yang tidak perlu mengurus TDP adalah perusahaan negara yang berbentuk jawatan, perusahaan kecil perorangan, perusahaan yang bergerak di luar bidang ekonomi, klinik pengobatan, jasa pengacara dan praktek dokter perorangan.

Jika memiliki jenis perusahaan yang disebutkan di atas, maka kamu tidak perlu mengurus TDP. Silakan jalankan usahamu dengan baik dan bertanggung jawab.Demikianla pemabahasan mengenai TDP Perusahaan yang perlu kamu ketahui. Jangan ragu untuk segera mengurus TDP supaya perusahaan kamu berjalan secara resmi.

Artikel Lainnya