Beberapa Cara Bisnis Online Tanpa Modal yang Masih Work Hingga Sekarang

Seorang pebisnis online
Beberapa Cara Bisnis Online Tanpa Modal yang Masih Work Hingga Sekarang. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Apa bisa kita berbisnis yang benar-benar menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan modal? Jawabannya bisa. Asalkan kamu tahu bagaimana cara bisnis tanpa modal yang benar, kamu bisa membuktikan sendiri hal ini.

Yang terpenting bukan hanya model bisnisnya, tapi juga bagaimana cara menerapkan strategi bisnis. Strategi harus tepat. Harus ada barang atau jasa yang berkualitas yang ditawarkan. Selain itu, harus tepat juga kepada siapa target marketnya.

3 Jenis Bisnis Online Tanpa Modal dan Bagaimana Cara Menjalankannya 

Ada banyak sekali jenis bisnis online tanpa modal yang sudah dijelaskan di berbagai sumber seperti blog, buku, dan lain sebagainya. Namun, setidaknya 3 bisnis online inilah yang masih sangat menguntungkan. Asalkan kamu menerapkan dengan cara yang benar, maka kamu akan mendapatkan cuan.

Apa saja ketiga bisnis online yang dimaksud?

  1. Content Creator 
Kalau kamu jago media sosial, coba deh jadi Vlogger
Vlogger. Photo by Pexels

Yang pertama adalah content creator. Ini adalah pekerjaan di mana tugas utama kamu sebagai seorang content creator adalah membuat konten. Konten yang dimaksud bisa berupa desain gambar, artikel, video, logo, infografis, dan lain sebagainya.

Yang kamu perlukan adalah di bagian mana kamu sangat berbakat. Apakah kamu berbakat di bidang tulis menulis? Kamu bisa menjadi seorang penulis artikel. Jika kamu berbakat dalam editing video, kamu bisa menjadi video maker.

Siapa target marketnya? Banyak sekali. UMKM, perusahaan, dan juga startup membutuhkan jasa dari seorang content creator untuk tujuan branding ataupun marketing.

Lalu, bagaimana cara memulai bisnis ini? Mulai saja dengan membuat sebuah konten yang bagus. Share di media sosial kamu. Sesekali kamu bisa menawarkan jasa kepada orang yang membutuhkan, seperti pemilik UMKM, perusahaan, atau startup.

Baca juga: Ingin Tahu Perkembangan Bisnis Online di Indonesia? Simak Penjelasannya di Sini

  1. Dropship
Ide usaha kecil tapi menguntungkan.
Jadi dropshipper atau reseller. Photo by Pexels

Sudah pernah dengar kan tentang jualan dengan sistem dropship? Pada intinya, kamu menjualkan barang orang lain tanpa harus membelinya atau stock terlebih dahulu. Kamu hanya perlu menaikkan harga untuk mendapatkan margin keuntungan.

Yang menjadi tantangan adalah bagaimana kamu bisa bersaing dengan marketer yang lain. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat toko online sebanyak mungkin. Pastikan kamu memiliki toko online di berbagai marketplace yang ada. Sesekali, kamu bisa promosi di media sosial agar follower kamu tahu apa yang kamu jual.

Hanya itu saja? Tentu saja tidak. Agar toko online kamu terlihat trusted, jangan hanya jual satu produk. Jual lebih dari 10 produk dengan niche sejenis. Misalnya saja jika kamu jual produk sepatu, jual sepatu dengan berbagai merk, ukuran, style, dan lain sebagainya. Orang akan melihat toko kamu lengkap sehingga mereka percaya.

  1. Blogger 
Penghasilan tambahan dari blog.
Membuat konten di salah satu platform online, yaitu blog. Photo by Pixabay

Blog kabarnya sudah mulai ditinggalkan. Faktanya tidak demikian. Banyak yang menganggap blog tidak lagi menguntungkan. Tidak menguntungkan jika tidak tahu bagaimana cara mendapatkan cuan dari blog.

Jika kamu seorang penulis blog atau blogger, pastikan blog kamu dikunjungi banyak orang. Caranya? Buat tulisan yang super lengkap dan menarik. 

Dari mana uang seorang blogger? Kebanyakan blogger mendapatkan uang dari iklan adsense. Akan tetapi, jangan hanya fokus di adsense. Kamu bisa menawarkan promoted content. Ada banyak sekali perusahaan yang produk atau jasa mereka ingin direview di blog yang terkenal.

Dari tiga cara bisnis online tanpa modal, mana yang tepat untuk kamu pilih? Pastikan kamu memilih berdasarkan passion dan juga skill. Karena dengan dilandasi dua hal ini, maka kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan ringan. Proses mengembangkan bisnis juga jauh lebih cepat.

Artikel Lainnya