Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis di Android & iOS

Aplikasi Pengatur Keuangan
Aplikasi Pengatur Keuangan Gratis di Android & iOS. Photo by Pexels
Waktu baca: 4 menit

Aplikasi pengatur keuangan dapat menjadi jalan keluar terbaik bagi kamu yang ingin lebih disiplin dalam melakukan pengelolaan keuangan pribadi. Sebab tanpa melakukan pengelolaan keuangan dengan benar sejak dini maka seringkali terjadi besar pasak daripada tiang.

Tentunya jika keadaan ini dibiarkan berlarut-larut maka kamu akan selalu berhadapan dengan masalah keuangan terus menerus setiap bulan. Bahkan bukan tak mungkin hingga seumur hidupmu kelak. Tentu kamu tak mengharapkannya bukan?

Untungnya di masa digital saat ini telah banyak bermunculan aplikasi pengatur keuangan pribadi yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Apa sajakah nama aplikasi yang berguna untuk catatan keuangan pribadi itu? Selengkapnya kamu bisa simak uraiannya di bawah ini.

Aplikasi-aplikasi yang Membantu Mencatat Keuangan Pribadimu

Melakukan pencatatan semua pemasukan dan pengeluaran akan memudahkan seseorang dalam mengatur keuangan pribadinya. Hasil akhirnya kebiasaan baik ini akan membuat orang tersebut jadi lebih bijak dalam penggunaan uangnya.

Berikut daftar aplikasi manajemen pribadi untuk membantu mengatur keuangan yang terbaik dan gratis baik untuk Android maupun iOS:

1. Aplikasi Keuangan Money Lover

Rekomendasi yang pertama adalah aplikasi yang bernama Money Lover. Aplikasi ini akan membantu untuk membuat pencatatan keuangan baik pada arus uang keluar atau yang dibelanjakan maupun arus masuk pendapatan.

Pada aplikasi keuangan gratis Money Lover semua arus uang yang masuk dan keluar akan dicatatkan berdasarkan kategorinya masing-masing. Jadi contoh pencatatannya nanti akan berupa misalnya makan di resto, menabung, belanja baju, membayar tagihan dan sebagainya.

Demikian pula pencatatan arus masuk, juga akan tercatat berdasarkan kategori. Dengan melakukan catatan pengeluaran bulanan secara detail seperti ini maka kamu akan paham mana bagian pengeluaran terbesar yang harus dikelola lebih bijak nantinya.

2. Aplikasi Pencatat Keuangan Monefy

Rekomendasi aplikasi pengatur keuangan gratis selanjutnya adalah Monefy. Aplikasi ini akan sangat pas penggunaannya bagi yang telah memiliki pasangan atau membina rumah tangga.

Hal tersebut karena di dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur yang dapat melakukan sinkronisasi beberapa akun sekaligus. Dengan begitu maka sangat dimungkinkan kamu dan pasangan menggunakan aplikasi Monefy secara bersama-sama.

Kelebihan dari fitur ini adalah, kamu dan pasangan akan lebih mudah untuk memantau semua pengeluaran yang terjadi secara real time. 

3. Aplikasi Teman Bisnis

Rekomendasi daftar aplikasi pencatatan keuangan yang ketiga bernama Teman Bisnis. Sesuai dengan nama yang disandangnya, maka aplikasi ini akan sangat berguna bagi para pemilik bisnis tau usaha.

Dengan aplikasi Teman Bisnis maka pelaku usaha kecil dan menengah akan dapat dengan mudah melakukan pencatatan semua arus uang. Baik arus uang yang berupa pendapatan maupun semua detail pengeluaran yang berasal dari berbagai sumber sesuai kategori.

Asyiknya lagi, pada setiap akhir bulan, aplikasi Teman Bisnis akan menyediakan laporan bulanan secara otomatis. Isi laporan tersebut tentu saja berupa detail keuangan bisnis yang selama ini tercatat. Misalnya jumlah laba, utang, arus kas, rugi atau piutang.

Baca juga: 5 Solusi Praktis Mengatasi Pengeluaran Lebih Besar dari Pendapatan

4. Aplikasi Catatan Keuangan Google Sheet

Nah untuk rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang keempat ini merupakan aplikasi gratis dari Google yang bernama Google Sheet. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan aplikasi Google dalam pekerjaannya sehari-hari tentu sudah tak asing lagi dengan aplikasi ini.

Di dalam aplikasi Google Sheet terdapat beragam template catatan untuk keuangan yang dapat langsung kamu manfaatkan. Atau jika jika merasa kurang cocok bisa juga membuatnya sendiri lagi secara manual.

Selain template gratis catatan keuangan, di Google Sheet juga terdapat beragam rumus yang bisa digunakan untuk melakukan penghitungan. Baik untuk menghitung semua arus masuk keuangan maupun mencatat segala macam pengeluaran.

Nantinya untuk pembacaan laporan yang lebih mudah dan menarik tersedia juga fitur grafik dalam beragam template yang dapat dipilih. Fitur grafik akan bisa memberikan gambaran visual yang jelas bagaimana kondisi keuangan yang kamu miliki.

5. Aplikasi Buku Warung

Selanjutnya ada juga aplikasi yang bernama Buku Warung. Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi keuangan untuk penggunaan baik transaksi keuangan bagi bisnis atau personal. 

Di dalam aplikasi Buku Warung terdapat berbagai fitur andalan untuk mempermudah dalam melakukan pengaturan sekaligus melakukan monitor pada arus keuangan. Contohnya pada fitur yang bernama Catat Utang. 

Dengan fitur ini maka kamu akan dapat menyimpan catatan hutang berikut berapa jumlah sisa yang harus dibayar. Jika ada banyak nama yang memiliki hutang ke kamu maka nantinya tinggal klik pada namanya saja maka semua riwayat hutang hingga tunggakan akan terlihat.

Selain itu aplikasi ini juga dapat membantu mengirimkan pesan singkat melalui SMS kepada para pemilik hutang untuk mengingatkan kewajibannya tersebut. Kelebihan lainnya sistem penyimpanan aplikasi bersifat online sehingga data akan tetap ada meski kamu berganti gawai.

6. Aplikasi Catatan Keuangan Harian

Aplikasi Catatan Keuangan Harian merupakan program perangkat lunak hasil pengembangan oleh Asyncbyte Software. Kelebihan aplikasi ini adalah tawaran kemudahan untuk melakukan pencatatan laporan keuangan bulanan secara gratis. 

Catatan Keuangan Harian juga merupakan aplikasi keuangan yang memiliki tampilan yang sederhana sehingga memudahkan penggunaannya. Namun meski begitu aplikasi ini juga memiliki beragam fitur yang dapat kamu gunakan untuk mengatur keuangan.

7. Aplikasi Keuangan Gratis Spendee

Pada rekomendasi ketujuh terdapat aplikasi pengatur keuangan yang juga gratis bertajuk Spendee. Aplikasi keuangan ini juga dapat kamu manfaatkan untuk melakukan pencatatan keuangan harian atau membuat perencanaan anggaran setiap bulannya.

Di dalam aplikasi Spendee terdapat fitur yang memungkinkan penggunanya untuk terhubung pada akun bank miliknya. Dengan begitu maka laporan keuangan yang tercatat akan minim kesalahan karena lalai dalam melakukan input transaksi.

8. Aplikasi Gratis Household Account Book

Di nomor 8 terdapat aplikasi pengatur keuangan yang bernama Household Account Book. Tampilan aplikasi keuangan gratis yang satu ini cukup berbeda jika dibandingkan dengan tampilan berbagai aplikasi sejenis lainnya.

Tampilan aplikasi Household account book cukup lucu serta menggemaskan. Meski begitu fitur yang tersedia pada aplikasi ini cukup mumpuni. Yaitu antara lain fitur untuk mencatat pemasukan berikut pengeluaran dalam beberapa kategori serta laporan grafis yang menarik.

9. Aplikasi Wallet

Rekomendasi aplikasi pengatur keuangan untuk melakukan pencatatan keuangan harian yang terakhir bernama Wallet. Sebagai sebuah aplikasi keuangan gratis yang bisa diunduh baik di Android maupun iOS, Wallet juga menyediakan fitur premium yang berbayar. 

Dengan aplikasi Wallet, kamu akan dengan mudah memasukkan semua detail pengeluaran harian berdasarkan kategori. Mulai dari urusan remeh seperti membayar parkir hingga untuk mencatat pengeluaran biaya berobat misalnya.

Nantinya pada setiap akhir bulan, Wallet akan menyediakan grafik keuangan selama periode tertentu untuk memudahkan analisa.Hadirnya beragam aplikasi pengatur keuangan yang gratis seperti uraian di atas tentunya akan sangat membantu kamu untuk mengelola keuangan. Dengan pengelolaan yang baik maka kamu akan dapat memilah pengeluaran demi keadaan keuangan yang sehat kedepannya nanti.

Mungkin Anda juga menyukai