Solusi Pencemaran Udara yang Perlu Kamu Lakukan Agar Tetap Sehat

Cerobong asap pabrik
Solusi Pencemaran Udara yang Perlu Kamu Lakukan Agar Tetap Sehat. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Polusi udara bisa mengakibatkan sejumlah permasalahan pada kesehatan. Untuk itu, diperlukan solusi pencemaran udara agar dampaknya bisa diminimalisir.

Menumbuhkan kesadaran atas pentingnya proteksi diri dari polusi sangatlah penting. Ini pun harus diikuti dengan aksi nyata. Tentunya, dimulai dari diri sendiri hingga masyarakat lainnya pun tergerak untuk mengikuti hal yang sama.

Kali ini, kami akan mengulas tentang solusi pencemaran udara yang kian meresahkan di sekeliling kita. Harapannya supaya tindakan tersebut bisa diaplikasikan sehingga kesehatan masyarakat pun terjaga.

Baca juga: Pengertian, Manfaat dan 4 Teknologi Ramah Lingkungan Karya Anak Bangsa

Solusi Untuk Menghadapi Pencemaran Udara

Asap yang keluar dari cerobong asap pabrik
Solusi Untuk Menghadapi Pencemaran Udara. Photo by Pexels

Dampak pencemaran udara sangat besar. Ini bisa mengganggu saluran pernapasan dan kesehatan. Supaya bisa meminimalisir, kamu perlu mengendalikannya. Berikut ini cara mengurangi polusi udara di sekitar:

1. Batasi Penggunaan Kendaraan Pribadi

Emisi gas buang dari kendaraan menyumbang polusi udara. Semakin banyak kendaraan yang beroperasi, pencemaran udara di sekitar akan terus meningkat. Hal inilah yang melatarbelakangi kenapa kamu perlu membatasi penggunaannya.

Mengurangi penggunaannya akan sangat bermanfaat bagi kesehatan lingkungan. Ketika membutuhkan sarana transportasi untuk menopang aktivitas harian, baiknya gunakan transportasi umum.

Di samping itu, mulai menggunakan sepeda juga sangat bijaksana. Terutama jika area yang dijangkau terbilang dekat.

2. Hindari Membakar Sampah

Salah satu penyebab pencemaran udara berasal dari asap pembakaran sampah. Sampah yang dibakar akan menghasilkan asap yang mengepul. Asap ini akan naik dan menyebar ke lingkungan.

Dampaknya, masyarakat di sekitar dapat merasakan sesak napas ketika asapnya begitu tebal. Bahkan, bisa menimbulkan masalah lebih jauh terkait kesehatannya.

Menyadari betapa besar risikonya, kamu disarankan untuk membatasi kebiasaan membakar sampah sembarangan. Ada baiknya jika sampah dikelola dengan baik. Misalnya didaur ulang.

Bisa juga dikumpulkan di tempat sampah. Nantinya, petugas akan mengambil dan memanfaatkannya sebagaimana mestinya.

3. Buat Ruang Hijau

Tanaman yang kamu tanam bisa menetralkan atau pun menyaring udara yang buruk. Bahkan, sekecil apa pun tanamannya, itu akan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Sebagai penyaring udara alami, tanaman ini juga memberikan efek menenangkan dan menyegarkan. Terutama ketika ditanam di sekitar rumah.

Penanaman ini bisa dilakukan di halaman depan rumah. Bisa juga diletakkan di dalam rumah. Penanaman ini juga akan meningkatkan visual dari rumah itu sendiri.

Apabila kamu tidak memiliki lahan yang luas di depan rumah, kamu bisa memaksimalkan lahan yang ada. Metode penanamannya juga bisa dilakukan secara hidroponik. Semuanya dilakukan untuk menyaring kualitas udara di sekitar.

4. Gunakan Produk Daur Ulang

Solusi pencemaran udara selanjutnya adalah membiasakan diri untuk menggunakan produk daur ulang. Contohnya adalah Tupperware atau pun botol minuman isi ulang.

Diketahui jika proses pembuatan produk biasanya akan menggunakan energi yang besar. Aktivitas ini akan menyumbang polusi di udara.

Ketika aktivitas ini terus dilakukan tanpa terobosan baru yang ramah lingkungan, lingkungan akan semakin tercemar. Dengan kata lain, kualitas udara akan semakin memburuk dan membahayakan bagi kesehatan.

5. Tingkatkan Kesadaran Publik

Aksi nyata dari bentuk kepedulian seseorang dengan lingkungan adalah dengan partisipasi aktif seputar lingkungan. Ini dilakukan dengan meminimalkan penggunaan kendaraan bermotor, aksi tanam tanaman, hingga mengelola limbah dengan baik.

Aksi ini berangkat dari diri sendiri. Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan menumbuhkan kesadaran di tengah masyarakat. Misalnya melalui sosialisasi dan edukasi mengenai penyebab dan dampaknya.

Di samping itu, tunjukkan bagaimana cara menguranginya. Kemudian, pastikan agar setiap individu juga melakukan hal yang sama agar lingkungan hidup tetap terjaga.

Produk-Produk yang Perlu Dibeli

Solusi pencemaran udara di atas menunjukkan betapa pentingnya peran setiap orang dalam meminimalkan polusi di sekitar. Aksi nyata dibutuhkan untuk menghindari dampak negatifnya.

Di samping itu, setiap individu pun perlu melindungi dirinya agar terbebas dari masalah polusi. Dan menggunakan produk yang tepat sangat direkomendasikan. Lantas, apa saja produk yang sebaiknya dibeli?

1. Sunscreen

Sunscreen termasuk produk yang seharusnya dibeli oleh setiap orang. Produk ini bermanfaat untuk memproteksi kulit dari polusi dan sengatan matahari.

Kemampuannya adalah menjaga kulit tetap lembab. Yang paling penting, produknya aman serta mengandung kandungan skin loving agar kulit semakin tampil sehat.

2. Masker

Produk selanjutnya yang tidak boleh terlewat adalah masker. Kamu bisa membeli masker KN95.

Masker ini bisa digunakan ketika beraktivitas di luar ruangan. Atau, beraktivitas di dalam ruangan yang mana debu banyak beterbangan.

Keunggulan masker tersebut adalah dapat melindungi sistem pernapasan dari partikel kecil yang berbahaya. Di samping itu, penggunaannya lebih nyaman lantaran tidak menyebabkan pengap.

3. Air Purifier

Produk lain yang kamu butuhkan untuk mencegah pencemaran udara adalah air purifier. Perangkat elektronik ini memungkinkan udara di dalam ruangan semakin bersih. Pasalnya, produknya bisa menghilangkan debu berbagai ukuran dengan maksimal.

Kamu bisa meletakkannya di dalam rumah atau tempat kerja. Dengan menempatkannya, kualitas udara tetap terjaga sehingga kamu bisa merasakan kenyamanan selama berada di dalamnya.

Itulah beberapa solusi pencemaran udara yang sebaiknya dilakukan oleh setiap orang. Semakin banyak orang yang berpartisipasi, maka kualitas udara akan semakin membaik. Hasilnya, hidup akan terasa lebih nyaman dan sehat.

Mungkin Anda juga menyukai