Seberapa Tahu Kamu Tentang Prospek Bisnis Peternakan?

Prospek bisnis peternakan
Prospek bisnis peternakan. Photo by Penggemuksapi
Waktu baca: 3 menit

Bisnis merupakan ladang yang menarik untuk dijelajahi. Cakupannya luas dengan beragam tantangan yang berisiko. Dari mulai risiko kecil sampai dengan risiko besar. Salah satu bidang bisnis yang dari dulu cukup banyak diminati adalah bisnis peternakan. Peluang bisnis yang satu ini memang menjanjikan. Tidak ada habisnya permintaan pasar akan produk yang dihasilkan dari peternakan membuat bisnis jenis ini terus berkembang. Bukan sebuah hal yang berlebihan jika prospek ke depan bisnis peternakan begitu baik.

Ada beberapa jenis bisnis peternakan yang bisa kamu cermati, baik secara peluang dan prospek ke depannya. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:

Prospek Peternakan Kambing

Prospek bisnis peternakan
Peternakan kambing. Photo by @jarrensimmons47

Permintaan daging kambing hingga saat ini masih tergolong tinggi. Apa lagi jika mulai momen Idul Adha. Maka permintaan daging kambing akan melonjak naik sehingga bisnis usaha peternakan kambing memiliki prospek bagus.

Tidak perlu langsung memiliki kambing dalam jumlah banyak. Kamu bisa memulainya dengan beberapa kambing terlebih dahulu. Setelahnya kamu bisa menunggu anakan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kamu mampu merawat kambing dengan baik. Maka keuntugan pun berangsur-angsur memiliki progress yang bagus.

Prospek Bisnis Peternakan Ayam Pedaging

Prospek bisnis peternakan
Peternakan ayam pedaging. Photo by Republika

Siapa yang tidak tahu peternakan jenis ayam pedaging. Peternakan yang satu ini tentu menjadi salah satu peternakan yang sangat familiar di telinga semua orang. Bisnis peternakan ayam pedaging merupakan bisnis peternakan yang diminati oleh banyak orang sebab memiliki prospek bisnis yang sangat bagus. Hampir seluruh penjuru masyarakat menyukai daging ayam. Apa lagi di musim hari besar atau hajatan, maka permintaan daging ayam akan sangat besar. Bisa dibilang, untuk memasarkan hasil dari peternakan ayam pedaging ini tidak terlalu sulit.

Baca juga: Apakah Peluang Usaha Menengah ke Bawah Masih Cemerlang?

Prospek Bisnis Peternakan Bebek

Peternakan bebek
Peternakan bebek. Photo by Jawapos

Pecinta daging bebek dikenal sangat loyal, sehingga saat kamu memutuskan untuk terjun ke bisnis peternakan bebek, bisa dipastikan prospeknya bagus. Restoran-restoran yang menghidangkan menu bebek, pasti akan terus mencari bebek dengan kualitas terbaik. Sebelum terjun, kamu harus setidaknya menguasai pengetahuan dasar tentang bagaimana cara beternak bebek yang baik. Bebek dikenal hewan yang suka bergerombol dan bau kandangnya juga kurang sedap. Untuk itu, siap-siaplah mencari tempat yang setidaknya baik untuk beternak bebek, namun tidak terlalu dekat dengan perkampungan. Perhatikan juga ketersediaan airnya, karena bebek suka air.

Prospek Bisnis Peternakan Sapi

Peternakan sapi
Peternakan sapi. Photo by Jawapos

Berbicara tentang dunia perdagingan memang tidak pernah habis. Sapi pun memiliki peminatnya tersendiri, terutama saat Idul Fitri dan Idul Adha. Kamu pasti tahu, rendang merupakan menu wajib saat lebaran dan pada saat Idul Adha, sapi menjadi salah satu hewan kurban. Hal ini menunjukkan bahwa beternak sapi bisa menjadi pilihan yang bagus. Hanya saja, tempat yang dibutuhkan untuk beternak sapi tidak bisa sembarangan. Kamu harus memiliki tanah yang cukup luas untuk beberapa sapi. Untuk itu, pilihlah tempat yang tepat untuk dijadikan peternakan sapi. Pertimbangkan juga sumber rumput dan air di sekitar kawasan itu karena dua hal itu sangat penting untuk pertumbuhan sapi.

Itulah sejumlah peternakan dengan prospek baik yang bisa kamu pilih. Pasar hasil ternak di Indonesia memang terbilang baik karena kebutuhan akan daging dan telur, hamper tidak pernah turun tiap tahunnya. Harga daging pun terbilang stabil, bahkan terkadang naik di saat-saat tertentu. Ini menjadi sinyal yang baik bagi kamu yang ingin memulai usaha. Selamat mencoba.

Mungkin Anda juga menyukai