Buat Rencana Pengelolaan THR Supaya Lebih Banyak Manfaatnya

Rencana Pengelolaan THR
Buat Rencana Pengelolaan THR Supaya Lebih Banyak Manfaatnya. Photo by Pexels
Waktu baca: 3 menit

Apa sih yang sering terjadi ketika sudah dapat THR (Tunjangan Hari Raya)? Kebanyakan uang THR tiba-tiba ludes tak tahu kemana. Apa kamu juga merasakan hal yang sama? Jika ya, yuk mulai buat rencana pengelolaan THR yang benar agar tahun ini THR yang kamu dapatkan jauh lebih bermanfaat.

Sangat alamiah ketika seseorang mendapatkan uang maka pengeluarannya pun semakin banyak. Contohnya saja ketika THR sudah keluar. Rasa-rasanya ada saja barang yang ingin dibeli. Awalnya, tidak ada keinginan untuk beli barang A. Namun, karena ada THR yang seolah-olah seperti rejeki nomplok, barang tersebut akhirnya dibeli.

Dan apa yang terjadi? Selang beberapa hari, uang THR nggak tahu ke mana. Sudah habis semua.

Kamu tidak akan mengalaminya lagi tahun ini kalau berhasil membuat rencana pengelolaan THR yang tepat. Seperti apa itu?

Baca juga: Tips Menjaga Keuangan Tetap Terkontrol di Bulan Ramadan

Begini Saran Urutan Penggunaan THR yang Benar 

Inti dari pengelolaan THR adalah menentukan skala prioritas. Namanya skala, pasti ada yang dinomor satukan dan seterusnya. Mungkin ada sekitar 5 atau lebih hal yang ingin kamu penuhi. Namun, tentukan skala atau urutan mulai dari yang paling penting sampai yang kurang penting.

Berikut ini saran yang bisa kamu pertimbangkan mengenai urutan penggunaan THR. Ini bagian terpenting dari rencana pengelolaan THR agar uang yang kamu dapatkan tersebut bisa lebih bermanfaat.

  1. Cicil Utang

Kamu masih punya tanggungan? Ada baiknya kamu gunakan sebagian THR untuk mencicil utang tersebut.

Mungkin kamu merasa angsuran sudah dilakukan rutin setiap bulan. Tidak ada tunggakan sama sekali. Kamu selalu membayar cicilan setiap bulannya. Akan tetapi, kamu pasti ingin utang segera lunas, bukan? Jika ya, sebaiknya kamu gunakan sebagian THR untuk menambah uang cicilan.

Berapa persen? Ada baiknya kamu ambilkan minimal 10% dari THR. Lebih tinggi tentu lebih baik. Akan tetapi, angka 10% dari THR sepertinya sudah bagus karena kamu tentu membutuhkan uang THR untuk kebutuhan lainnya. 

Jika tidak ada kebutuhan lain yang perlu dibeli dengan uang THR, kamu bisa sisihkan 20% atau 30% dari THR untuk mencicil utang. Lebih banyak tanggungan yang segera kamu selesaikan, hidupmu pasti jauh lebih tenang.

  1. Tabung Sebagian 

THR tidak harus digunakan untuk pengeluaran. Ada juga sebagian yang perlu disimpan. 10% dari THR sudah cukup kamu sisihkan untuk ditabung.

Akan lebih baik jika kamu tabung di hal yang lebih produktif. Contohnya saja kamu gunakan 10% dari THR untuk menabung emas. Jauh lebih produktif, bukan? Atau jika suka beli saham dalam skala kecil, kamu juga bisa taruh uang tersebut ke sektor saham.

Yang pasti, dalam membuat rencana pengelolaan THR, jangan semua uang THR kamu habiskan begitu saja. Itu yang harus jadi catatan.

  1. Berbagi dengan Orang Terdekat

THR itu memang hak kamu. Namun, apa kamu tidak ingin berbagi dengan orang lain? Coba lihat di sekeliling. Apakah ada saudara yang kurang mampu yang mungkin akan sangat senang sekali jika kamu beri sedikit uang? Apa ada saudara yang selama ini sering membantumu? Mereka sepertinya orang yang layak untuk mendapatkan kebahagiaan dari kamu.

Sebenarnya, bukan hanya saudara saja yang sebaiknya kamu beri sedikit dari THR. Mungkin bisa juga berbagi dengan teman atau tetangga dekat. Kamu tidak harus memberinya dalam bentuk uang. Bisa juga kamu memberi dalam bentuk bingkisan lebaran.

  1. Berbagi dengan yang Tidak Mampu

Nah, ini juga harus ada dalam list pengeluaran yang harus kamu ambilkan dari THR. Agar lebih bermanfaat, berikan sebagian uang THR untuk bersedekah. Ada zakat yang harus kamu keluarkan, bukan? Zakat fitrah yang sifatnya wajib dan zakat mal jika sudah sesuai dengan persyaratan. 

  1. Anggarkan Pengeluaran Prioritas dan Urgensi 

Apa sih yang menjadi pengeluaran prioritas dan urgensi di bulan Ramadan? Contohnya saja biaya untuk mudik. Jangan sepelekan biaya mudik ya. Ini yang biasanya membuat tabungan habis lho. Jika kamu dapat THR, ambilkan biaya mudik dari THR.

Selain itu, ada juga pengeluaran prioritas dan urgensi lainnya, seperti membeli hidangan Idul Fitri. Apalagi jika akan ada sanak saudara yang datang ke rumah. Sudah pasti kamu harus mempersiapkan hidangan yang cukup, bukan?

  1. Membelikan Hadiah untuk Diri Sendiri

THR juga harus kamu rasakan. Caranya dengan membelikan hadiah untuk diri sendiri. Anggap saja ini menjadi self-reward untuk dirimu yang sudah bekerja keras selama 1 tahun penuh.

Jika kamu punya pasangan dan anak, berikan juga hadiah untuk mereka. Ini juga bagian dari memberikan hadiah untuk diri sendiri karena mereka sudah menjadi bagian dari dirimu.

Hadiah apa yang sebaiknya kamu berikan untuk diri sendiri? Ada baiknya itu merupakan hadiah yang membuat kamu lebih baik dan lebih produktif lagi di tahun mendatang.

Itulah cara membuat rencana pengelolaan THR agar tidak habis sia-sia. Kamu harus ingat THR bukan bonus. Ini sebagian uang yang diambil dari gaji kamu selama 1 tahun. Jadi, jangan buang sia-sia. Manfaatkan THR seperti kamu memanfaatkan gaji yang setiap bulan didapatkan.

Lebih dari itu, diharapkan juga kamu bisa lebih mengerti bagaimana cara mengelola uang dengan lebih baik lagi. Jadi, membuat rencana pengelolaan THR ini bisa kamu gunakan untuk belajar mengelola keuanganmu di bulan-bulan mendatang. 

Mungkin Anda juga menyukai