Rekomendasi Balance Bike Merk Lokal, Pancal Bike Craft

ilustrasi owner dan produk balance bike dari Pancal Bike Craft
Rekomendasi Balance Bike Merk Lokal, Pancal Bike Craft Photo by KlikCair
Bagikan:

Waktu baca: 3 menit

Dulu saat anak-anak ingin belajar bersepeda, biasanya orang tua akan memberikan sepeda roda tiga untuk belajar. Namun kini, ada yang namanya sepeda balance bike. Rekomendasi balance bike untuk anak belajar bersepeda pun kini beragam.

Mulai dari merk pabrikan yang sudah terkenal seperti Element, Genio, dan sebagainya. Selain merk-merk tersebut, sebenarnya ada merk lokal yang cukup unik lho TemanKlik.

Merk tersebut ialah Pancal Bike Craft. Seperti apa balance bike yang diproduksi oleh Pancal Bike Craft ini? Yuk simak cerita lengkapnya di sini.

Pancal Bike Craft

Pancal Bike Craft merupakan rekomendasi balance bike merk lokal yang menawarkan produk balance bike yang terbuat dari kayu atau bisa disebut juga dengan wooden balance bike. Bisnis ini dikelola oleh Nugroho Sigit Riyadi sejak tahun lalu.

“Pancal Bike Craft ini sudah berdiri sejak tahun lalu, tepatnya sekarang kurang lebih sudah 1,5 tahun bisnis ini berjalan,” kata Nugroho Sigit Riyadi kepada KlikCair.

Berawal dari kondisi pandemi yang memberikan dampak terhadap perusahaan tempat Nugroho bekerja, ia memberanikan diri membangun bisnis ini.

“Karena terdampak pandemi, saya akhirnya melakukan riset pasar apa yang sedang tren di masyarakat. Ternyata, balance bike ini sedang diminati di Indonesia. Namun karena modal yang saya miliki terbatas, maka tercetuslah ide untuk membuat produk balance bike berbahan dasar kayu,” ujarnya.

Dengan bahan dasar kayu, Nugroho berpendapat bahwa modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar sehingga nantinya saat dipasarkan harga bisa lebih terjangkau.

Selain itu, sisa atau limbah kayu yang dihasilkan saat pembuatan sepeda tersebut dimanfaatkan oleh Nugroho untuk membuat berbagai kerajinan kayu.

Adapun untuk fungsi, pemakaian serta perawatan, sebenarnya tidak terlalu beda jauh dengan balance bike yang terbuat dari besi atau aluminium. Namun, ada kelebihan tersendiri dari produk ini yaitu pembeli bisa memesan sepeda dengan ukuran custom atau bebas semaunya. Bahkan, nantinya di sepeda tersebut bisa ditambahkan grafir nama anak sesuai request lho.

Tantangan yang dihadapi

Selain kondisi pandemi ini yang jadi tantangan, Nugroho mengakui ada beberapa hal lainnya. Salah satu tantangan yang paling besar ialah belajar skill baru untuk meningkatkan jangkauan pemasaran.

“Ya sampai saat ini untuk tantangan terbesar yang saya hadapi sih belajar dan upgrade skill digital marketing saya. Itu penting untuk dipelajari menurut saya agar pemasaran Pancal Bike Craft ini bisa mendunia,” kata Nugroho.

Baca juga: 6 Strategi Digital Marketing untuk Pebisnis Pemula

Walaupun begitu, Nugroho tetap berusaha keras untuk bisa menghadapi tantangan tersebut. Dan hal itu perlahan-lahan bisa dikatakan membuahkan hasil. Mulai dari penjualan produk yang berkisar dari 10-20 sepeda terjual hingga akan melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga seperti “Bali Kids Develompent Centre“. Makanya, wajar jika Pancal Bike Craft ini bisa menjadi salah satu rekomendasi balance bike merk lokal yang patut untuk dimiliki.

Berbisnislah dari sekarang, karena tidak selamanya hidup kita akan ikut di perusahaan orang lain.

Informasi lebih lanjut

Alamat: Karangturi rt 07, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.
Kontak: 089609156251
shopee : @pancalbike_craft
Social Media: IG : @pancalbike_craft
Tiktok : @pancal bike craft


Bagikan:

Mungkin Anda juga menyukai