6 Strategi Digital Marketing untuk Pebisnis Pemula

Strategi digital marketing untuk pebisnis pemula.
Strategi digital marketing untuk pebisnis pemula. Photo by Pixabay
Waktu baca: 4 menit

Dalam menjalankan bisnis di masa yang serba digital seperti saat ini, kamu perlu banyak menyiapkan strategi. Salah satunya ialah strategi digital marketing yang bisa diterapkan oleh pebisnis pemula. Sebab sekarang digital marketing sudah menjadi bagian dari bisnis baik bisnis dengan skala kecil maupun besar.

Digital marketing bisa membantu pebisnis dalam mengembangkan bisnis dengan mudah dan cepat, sebab metode ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Bukan hanya itu saja, pebisnis juga bisa memilih pasar yang tepat dan benar-benar bisa mengkonversi penawaran menjadi pembelian. Jika melihat keuntungan tersebut, menguasai digital marketing tentu menjadi hal yang wajib bagi setiap pengusaha.

Nah, bagi pebisnis pemula ada beberapa strategi digital marketing yang bisa diterapkan. Berikut ini strategi digital marketing untuk pebisnis pemula yang dirangkum dari berbagai sumber.

Search Engine Optimization atau SEO

SEO
Search Engine Optimization. Photo by Pixabay

SEO merupakan salah satu teknik yang bisa diterapkan dalam digital marketing. SEO ini memiliki tujuan untuk mengoptimasi situs bisnis di Google sehingga bisa berada pada halaman utama pencarian. Hal ini berjutuan untuk membuat situs bisnis lebih mudah ditemukan sehingga trafik akan jadi lebih besar.

Untuk menerapkan teknik ini, kamu bisa membuat konten artikel dengan menyelipkan beberapa keyword yang berkaitan dengan bisnismu. Keyword ini bisa diriset terlebih dahulu sehingga bisa sesuai dan mendatangkan trafik tinggi. Namun, dalam parktiknya SEO tidak dapat berjalan dengan instan dan membutuhkan waktu yang lama agar terlihat hasilnya.

Content Marketing

Jasa content writer.
Content Marketing. Photo by @kaitlynbaker

Content Marketing merupakan teknik digital marketing dengan membuat dan mendistribusikan konten untuk bisnis. Namun, dalam menerapkan teknik ini pebisnis harus menghasilkan konten yang berkualitas dan memenuhi persyaratan yaitu relevan, penting, dan juga konsisten. Ketiga hal tersebut akan membantumu menjangkau konsumen dan membuat mereka melakukan pembelian produk bisnismu.

Social Media Marketing

Strategi Digital Marketing Pebisnis Pemula
Social media marketing. Photo by @katerinapavlickova

Media sosial kini menjadi hal yang penting untuk dikuasai apalagi oleh pebisnis. Sebab, dengan memanfaatkan media sosial, produkmu bisa menjangkau banyak pelanggan baru. Salah satu cara yang bisa dimanfaatkan melalui media sosial ialah menggunakan teknik social media marketing. Teknik ini merupakan langkah pemasaran yang bisa dilakukan melalui media sosial.

Dalam menjalankan teknik ini, pemilihan media sosial menjadi poin penting. Selain itu, harus bisa menyasar target bisnis yang tepat sejak awal. Hal itu agar pemasaran dengan teknik ini dapat mendatangkan angka penjualan yang maksimal.

Pay Per Click (PPC)

belajar iklan di Facebook
Pay per click. Photo by Socialbakers

Selanjutnya ialah teknik pay per click atau lazim disebut dengan PPC. Teknik ini merupakan teknik pemasaran yang dilakukan dengan cara memasang iklan pada media tertentu. Di dalam teknik ini, kamu akan membayar setiap klik yang terjadi. Layanan ini biasanya disediakan oleh sejumlah perusahaan besar seperti Google hingga Facebook.

Untuk menjalankan teknik ini, kamu cukup memilih media yang tepat dan pasanglah iklan di media tersebut. Dengan begitu, calon konsumen akan lebih mudah untuk melihat iklan.

Google Bisnisku

Google My Business untuk solusi bisnis anda
Google My Business. Photo by corporateconversions

Google bisnisku merupakan layanan bisnis dari Google. Di dalam layanan ini kamu bisa memperkenalkan bisnis secara profesional kepada semua pengguna internet. Kamu bisa menyusun detail bisnis mulai dari alamat, kontak lengkap, review pelanggan, dan lainnya. Hal ini memang terlihat mudah tapi terbukti bisa membuatmu menjangkau pasar yang lebih luas.

Baca juga: Punya Bisnis? Manfaatkan Google My Business untuk Promosi

Email Marketing

Strategi Digital Marketing Pebisnis Pemula
Email marketing. Photo by @webhosting

Email marketing merupakan teknik pemasaran melalui layanan email yang kamu kirimkan kepada para calon pelanggan. Teknik ini bisa dikatakan teknik yang sudah sangat lama tapi masih tetap efektif dan layak untuk digunakan.

Dalam menjalankan teknik ini, kamu cukup membuat email yang tepat dan mengirimkan kepada target pasar yang tepat sehingga email ini akan dibuka oleh mereka. Jangan lupa untuk membuat email yang berkualitas dan bisa meyakinkan pembaca sehingga kunjungan ke situs bisnis bisa mendatangkan angka penjualan.

Demikian penjelasan strategi digital marketing yang bisa diterapkan oleh pebisnis pemula. Silakan dicoba untuk diterapkan dan pastikan untuk mencari tahu serta pelajari setiap strategi marketing yang ada. Dengan begitu, bisnis bisa berkembang dan omset bisa terus meningkat.

Mungkin Anda juga menyukai